Latest News
Kamis, 10 Juni 2021

Tips membersihkan lantai rumah agar terhindar dari wabah penyakit

Tips Membersihkan Lantai Rumah — dalam membersihkan bangunan rumah itu, dapat dikatakan hal yang terpenting karena selain menjaga kebersihan, juga bertujuan untuk menjaga tampilannya serta menjaga kesehatan bagi si pemilik rumahnya.

Di era sekarang, yang mulai banyak berbagai macam wabah penyakit salah satu contohnya kita sebut saja yang sedang viral yaitu Covid-19. Bagi setiap orang pastinya sudah mengetahui akan virus tersebut karena setiap penjuru di seluruh dunia sedang mengalaminya termasuk Indonesia.

Disamping itu juga dari Pemerintah pusat dan kementrian kesahatan sudah memberikan intruksi agar tetap menjaga kebersihan baik berada di dalam rumah maupun di luar rumah.

Terlepas dari apa penjelasan tadi, dalam pembahasan kali ini akan menjelasakan cara dan tips untuk membersihkan rumah agar tetap menjaga tampilannya dan yang terpenting menjaga kesehatan bagi anda.

Dalam membersihkan bangunan rumah ada tempat yang terpenting atau menjadi fokus utama bagi kita saat akan membersihkannya yaitu pada lantai rumah.

Mengapa membersihkan lantai ?...

Jawabannya karena dalam penggunaan lantai sebagai pijakan kaki dan sering sekali di lalui dari luar rumah ke dalam rumah atau pun sebaliknya.

Selain itu juga penggunaan lantai pada bangunan rumah digunakan sebagai penambah interior hiasan rumah agar tampil terlihat indah.

Perlu anda perhatikan sebelum membersihkan lantai rumah, jenis lantai apa yang dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Memang bagi setiap orang dalam membersihkan lantai rumah pastinya cara membersihkannya sama seperti biasanya bukan, tetapi perlu anda ingat selain membersihkan untuk kesehatan anda perhatikan juga untuk menjaga tampilan rumah agar tetap menjaga nilai keindahannya.

Baca Juga : Rekomendasi Lantai Untuk Ruang Tamu

Pasti didalam benak pikiran anda terdaapt pertanyaan mengapa sebelum membersihkan perlu dilihat jenis lantai yang dipergunakan ?.. karena dalam penggunaan lantai pada bangunan rumah memiliki perbedaan jenis lantainya dan dari berdeaan jenis lantai memeiliki bahan dasar penggunaan juga yang berbeda.

Untuk lebih lanjutnya lagi kiya akan menjelaskan ke topik utama tips membersihkan rumah agar terhindar dari wabah penyakit, berikut penjelasannya.

Tips Membersihkan Lantai Rumah Berdasarkan Jenisnya

Karena lantai rumah memiliki beberapa jenisnya salah satu contoh yang sering sekali dipergunakan saya sebut saja seperti :

➤ Lantai Keramik                            ➤ Lantai Granit                           ➤ Lantai Marmer

➤ Lantai karpet                                ➤ Lantai Vinyl                            ➤ Lantai Kayu

Dari jenis-jenis lantai tersebut memiliki bahan dasar yang berbeda-beda oleh karena yang pertama saya akan menjelaskan cara membersihkan lantai keramik, granit, dan marmer. Berikut penjelasannya

 #Cara membersihkan lantai keramik, lantai granit, dan marmer

Karena bahan yang digunakannya hampir memiliki kesamaan dan pada permukaannya pun hampir atau bisa dikatakan ditak memiliki pori-pori sehingga tidak memiliki daya serap terhadapt air ditambah lagi dari ke tiga jenis tersebut tahan terhadap berbagai zat kimia pembersih lantai. Oke kita langsung saja cara yang pertama yatiu :

1. Menggunakan alat sapu dan vacuum cleaner

Dalam membersihkan lantai rumah anda, dapat menggunakan alat sapu dan vacuum cleaner dengan cara anda dapat membersihkan lantai dari debu-debu yang menempel pada permukaannya dan juga jika memiliki penggunaan barang seperti lemari dan kursi anda dapat membersihkan area bawahnya, biasanya area tersebut menjadi rumah bagi debu itu karena area tersebut jarang sekali untuk dibersihkan atau terlupakan .

Baca Juga : Perbedaan Lantai Keramik Dan Lantai Kayu

Setelah anda membersihkannya jangan lupa untuk langsung membuang kotoran debu yang sudah dipersihkan memang dalam penggunaan sapu biasanya selalu langsung dibuang akan tetapi dalam penggunaan vacuum cleaner biasanya sering sekali lupa, ya itu karena penggunaannya bisa dikatakan praktis dan simple sehingga menjadi hal sepele bagi sebagian orang.

2. Dengan cara mengepel lantai

Sebelum melakukan proses mengepel anda harus mengikut cara yang pertama sehingga akan mempermudah anda dalam membersihkan lantai.

Terlepas dari itu, untuk cara mengepel lantai anda dapat menggunakan kain pel atau alat pel yang sudah didesain dari pabrikan.

Cara ini sudah familiar setiap kalangan orang sebab dalam proses ini dapat membuat lantai terlihat tampil lebih indah dan terlihat lebih bersih sehingga dalam proses mengepel bisa dikatakan yang terpenting dalam membersihkan lantai rumah anda.

3. Menggunakan cairan pewangi yang dilengkapi pembunuh bakteri

Selain kedua cara tadi anda dapat mempergunakan cairan pewangi dengan dilengkapi pembunuh bakteri karena dalam proses membersihkan lantai rumah selain menghilangkan debu-debu biasanya masih ada yang tertinggal seperti bakteri kuman yang menempel pada permukaannya.

Karena bakteri dan kuman tidak bisa dilihat kecuali dengan bantuan alat khusus oleh karena itu bagi anda dapat mempergunakan cairan tersebut untuk membersihkannya, terlebih mudah juag dalam mencarinya cairannay yang bisa kita jumpai di toko-toko klontong atau minimarket

Cara mempergunakannya anda bisa mencampurkan cairan tersebut dengan air lalu anda dapat memepergunakan kain pel yang hampir sama seperti cara kedua tadi.

Dengan mengikuti cara tersebut dapat tetap menjaga nilai keindahan lantai rumah anda dan juga tetap terjaganya kesehatan bagi anda.

#Cara membersihkan lantai karpet

Karpet rumah bagi debu itulah julukan yang sering terucapbukan ?.. terlepas dari itu untuk cara membersihkan lantai karpet pada hunian rumah anda dapat menggunakan beberapa cara dan benda yang dibutuhkan, perlu dikaetahui juga untuk bahan karpet sendiri memiliki bahan dasarnya yang berbeda oleh sebab itu anda juga perlu memperhatikan tentang cara membersihkan lantai karpet pada bangunan rumah anda, berikut penjelasannya.

Baca Juga : Perbandingan Karpet Dengan Lantai Kayu

1. Menggunakan vacuum cleaner

Cara yang pertama anda bisa menggunakan bantuan alat vacuum cleaner karena dianggap paling praktis untuk membersihkan lantai karpet pada rumah anda, disamping itu juga jika anda menggunakan akan merepotkan bagi anda sebab partikel debu yang menempel pada permukaan karpet susah untuk dihilangkan, ya tidak dipungkiri lagi bahan daasar karpet sendiri terbuat dari bahan kain sehingga memiliki tingkat yang ekstra dalam membersihkannya.

2. Menggunakan sapu lidi

Cara yang kedua bisa dikatakan tradisional atau manual akan tetapi cara ini dibilang sangat ampuh untuk membersihkan jika keadaan darurat seperti saat ada pemadaman listrik di rumah anda, sehingga anda dapat mempergunakan sapu lidi untuk membersihkannya selain menggunakan bantuan alat yang menggunakan listrik.

Baca Juga : Alternatif Lantai Selain Keramik

Untuk caranya anda bisa mengeprukan atau menyeka sapu lidi menggunakan tangan pada permukaan karpetnya lalu mengumpulkan debu-debu tersebut kedalam pengki setelah itu lalu dibuang, cara ini dibilang menguras tenaga apa lagi jika lantai karpet anda memiliki ukuran yang luas. Akan tetapi sisi positifnya lantai karpet akan menjadi bersih dan tampilannya juga tetap indah.

3. Membilas menggunakan deterjen

Cara yang ketiga anda dapat menggunakan deterjen atau cairan lainnya untuk membersihkannya tetapi perlu di ingat untuk cara ini tidak dilakukan sering kali karena dapat merusak karpet anda karena bahan dasarnya memiliki ketahanan tertentu jika dibersihkan menggunakan deterjen bahkan jika dilakukan sering kali warnanya akan terlihat mudar pada permukaannya.

Disamping itu juga cara ini dapat dilakukan 2x dalam setahun karena dalam proses membersihkan ini anda harus melakukan di area luar dan juga sebelum mengambil karpetnya anda juga perlu memindahkan barang-barang yang ditempatkan di area karpet anda.

#Cara membersihkan lantai vinyl dan lantai kayu

Bagaimana cara membersihkan lantai vinyl dan lantai kayu ?....Nah bagi anda yang belum mengetahui cara membersihkan lantai vinyl dan lantai kayu, disini saya akan menjelaskan tips membersihkan lantai vinyl dan lantai kayu agar tetap terjaga nilai keindahan dan juga menjaga kesehatan bagi anda, berikut ulasannya.

Baca Juga : Lantai Kayu Tempel Cukup Efisien

1. Menggunakan sapu

Anda dapat menggunakan sapu gunanya untuk membersihkan patikel-partikel debu yang menempel pada permukaan cara ini bisa dikatakan hampir sama dengan jenis lantai lainnya, ya itu karena dama proses ini tergolong sangat mudah bahkan menjadi hal biasa bagi setiap kalangan orang.

Baca Juga : Perbedaan Lantai Kayu Solid, Laminate, Dan Vinyl

Disamping itu juga cara ini dapat menjaga nilai keindahan yang terdapat dari lantai vinyl dan lantai kayu selain dari segi kesehatan bagi anda terlebih termasuk aman karena tidak memiliki resiko yang dapat merusak lantainya.

2. Menggunakan vacuum cleaner dengan daya rendah

Untuk penggunaan vacuum cleaner hampir memiliki penerapan yang sama dengan jenis lantai lainnya hanya saja untuk penerapan dalam lantai vinyl dan lantai kayu harus memperhatikan daya hisap yang rendah sebab jika tidak, dapat merusak pada permukaannya.

Apakah dapat bersih dengan daya rendah ?...

Ya tentu saja karena lantai vinyl dan lantai kayu memiliki permukaan yang lembut sehingga debu-debu yang menempel dapat dengan mudah untuk dibersihkannya.

3. Menggunakan cairan khusus

Menggunakan carian khusus terutama bagi anda yang menggunakan lantai kayu, jika terdapat noda yang susah untuk dibersihkan anda dapat mempergunakan cairan khusus yang bisa anda dapatkan di toko-toko penjulan material bangunan.

Baca Juga : Solusi Dan Cara Memperbaiki Lantai Kayu

Disamping itu juga cairan ini bisa dikatakan aman dalam penerapannya sehingga dapat mempermudah bagi anda dan tidak hawatir bukan dalam menggunakannya.

4. Kain kering dan mengepel

Mengapa kain kering ?...ya itu sangat berguna terutama bagi pengguna lantai kayu karena lantai kayu tidak memiliki ketahanan terhadap air jika terkena air dapat menyepakan tumbuhnya jamur dan warna bisa menjadi kusam, oleh sebab itu bagi anda jika lantai kayu pada rumah anda terkena air segeralah untuk membersihkan dengan cara menggunakan kain kering untuk mengelapnya.

Selain itu juga tidak perlu hawatir bagi anda jika ingin mengepel permukaan lantai kayu, anda bisa juga asalkan jangan menggunakan air yang berlebih pada kain pel anda dengan begitu lantai kayu pada bangunan rumah anda akan selalu tetap terjaga nilai estetika dan terutama kesehatan bagi anda.

5. Cairan varnish

Untuk cara ini memang terbilang tidak terlalu berpengaruh karena digunakan terutama khusus lantai kayu mengapa demikian ?.. itu karena dalam mempergunakan cairan varnish jika permukaan lantai kayu anda terlihat mulai kusam barulah anda menggunakan cairan tersebut, perlu anda ingat warna lantai kayu menjadi kusam biasanya sudah digunakan dalam kurung waktu yang cukup lama dan jika anda tidak merawatnya dengan baik.

Apa ada keuntungan menggunakan cairan varnish ?.. ya tentunya ada salah satunya lantai kayu anda terlihat seperti baru kembali, terlihat bersih, nyaman saat anda mempergunakan dan juga dapat menjaga nilai keindahan bahkan tetap terjaganya nilai estetika pada lantai rumah anda.

Baca Juga : Perbedaan Dari Kayu Jati Dan Kayu Merbau

Mengapa lantai vinyl lebih sedikit dalam membersihkannya ?..

Itu karena lantai vinyl dapat dikatakan mudah dalam proses membersihkannya sebab dalam menggunakan bahan dasarnya mengadung zat kimia yang sulit sekali noda menempel pada permukaannya.

Dengan membersihkan lantai rumah anda secara rutin maka dapat membuat tampilan bangunan rumah anda tampil lebih mewah dan elegan, disamping itu juga di jaman yang mulai maraknya wabah penyakit dengan menjaga kebersihan rumah akan tetap terjaganya kesehatan bagi keluarga anda saat berada di dalam rumah.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tips membersihkan lantai rumah agar terhindar dari wabah penyakit Rating: 5 Reviewed By: parket bagus