BLANTERORBITv102

    Perbedaan lantai kayu dan karpet berikut jenisnya

    Senin, 08 Maret 2021

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Bingung memilih lantai kayu atau karpet untuk rumah anda ?. Oke disini saya akan membantu anda dalam memilih jenis lantai yang peruntukannya untuk rumah anda.

    Sebelum ke topik pembahasannya akan tetapi perlu anda ketahui juga ya jenis dari masing-masing lantai tersebut, mengapa demikian ?. Karena jika anda telah mengetahui fungsi dalam penerapannya dapat mempermudah bagi anda untuk diaplikasikan pada bangunan rumah anda.

    Untuk tidak berlama-lama lagi kita mulai saja ke pembahasan mengenai jenis-jenis karpet dan lantai kayu, berikut ulasannya.

    Karpet

     Karpet merupakan jenis olahan bahan yang digunakan sebagai penutup lantai pada bangunan rumah selain itu juga karpet memiliki warna dan motif yang beragam sehingga untuk karpet memiliki keindahan saat mempergunakan pada bangunan rumah anda

    Untuk karpet juga memiliki beberapa jenisnya dilihat dari bahan dasar yang dipergunakan dalam pembuatan karpet, yuk kita simak jenis-jenis karpet sebagai berikut : 

    Karpet Polypropylene

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Polypropylene atau disingkat PP merupakan polimer edisi termoplastik yang dibuat oleh industri kimia dan digunakan dalam berbagai aplikasi seperti digunakan sebagai bahan pembuatan karpet yang berbentuk tile dengan memiliki varian warna dan motifnya.

    Karpet Nilon

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Karpet nilon termasuk karpet sintesis dengan daya tahan yang sangat kuat. Serat karpet ini tidak mudah lepas, warnanya pun cukup awet meski sudah digunakan beberapa tahun.

    Dengan daya tahan tersebut, karpet ini dapat digunakan untuk berbagai ruangan. Ia juga mudah dibersihkan sehingga Mama tidak perlu khawatir jika menggunakannya di dapur.

    Bahan karpet nilonbiasanya digunakan untuk kebutuhan kantor karena karpet nilon memiliki durabilitas yang baik, sehingga karpet nilon cocok untuk digunakan pada area-area yang sering dilalui orang. Selain itu, karpet nilon juga mudah untuk dibersihkan. 

     Karpet nilon tidak mudah memudarkan warna, ini karena zat pewarna pada karpet diaplikasikan pada serat sebelum ditenun.

    Selain itu juga karpet nilon cocok juga dipergunakan pada bangunan rumah seperti area kamar mandi karena karpet nilon memiliki ketahan dari air.

    Karpet Wol

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Wol merupakan bahan yang digunakan sebagai pembuatan karpet untuk jenis karpet wol dibilang mempunyai kualitas yang baik karena penggunaan bahannya sendiri terbilang alami dengan menggunakan bahan seperti rumput dan bulu domba salah satunya.

    Untuk jenis karpet wol bisa dikatakan nyaman saat dipergunakan karena pada permukannya memiliki bulu-bulu halus dan empuk sehingga akan terasa nyaman saat anda sedang memijakan kaki ataupun bersandaran pada karpet wolnya.

    Karpet loop pile

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Karpet loop pile terbuat dari gabungan antara wol, nilon, dan polypropylene, menjadikannya nyaman serta tahan lama. Jenis ini cocok digunakan di ruangan yang banyak dilalui orang karena tidak mudah rusak serta mampu menyamarkan bekas telapak kaki pada permukannya. 

    Adapun mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh karpet yaitu :

    Kelebihan dari karpet :

    • Memiliki daya tahan yang kuat.
    • Memiliki varian warna dan motif-motif yang beragam.
    • Memiliki harga yang bervariasi disesuaikan dengan kualitas dan bahan yang dipergunakann.

    Kekurangan dari karpet :

    • Mudah terkena noda dan jika terkena noda seperti tinta akan susah untuk dipersihkan.
    • Tempat bersarangnya partikel debu dan bakteri jika jarang dibersihkan.
    • Jika sering dibersingkan juga tidak baik karena dapat membuat warna menjadi kusam.

    Lantai kayu

    Lantai kayu merupakan jenis olahan yang berbahan dasarnya menggunakan kayu dan memilih jenis-jenis kayu keras yang mempunyai kualitas yang baik dari segi ketahan dan keawetannya disamping itu juga tidak semua jenis kayu dapat diolah menjadi olahan lantai kayu, hanya jenis kayu yang memiliki kualitas yang baik dan juga mudah dalam proses pengolahannya seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai, dan jenis kayu lainnya.

    Dari jenis-jenis kayu diatas memiliki tingkat kekuatan kelas I dan keawetannya kelas II juga memiliki nilai estetika dan keindahan yang terdapat dari warna dan motif pada jenis kayu tersebut. Terlebih lantai kayu sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah sehingga bagi anda tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitasnya.

    Disamping itu juga lantai kayu memiliki beberapa jenisnya diseusaikan dengan peruntukan yang akan digunakan seperti :

    Parket Solid

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Parket solid merupkan jenis parket yang menggunakan bahan dasarnya dari jenis kayu keras seperti contoh diatas dan dalam proses pengolahannya lansung dari potongan potongan kayu keras tanpa ada bahan campuran lain sehingga memiliki kualitas yang baik dari segi ketahanan dan keawetannya.

    Parket Laminate

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Parket laminate merupakan jenis olahan lantai kayu kayu dengan menggunakan bahan dasarnya jenis serbuk kayu. untuk jenis kayu yang dipergunkan yaitu jenis serbuk HDF ( hight density fiberboard ) yaiyu jenis serbuk yang memiliki tingkat kekerasan dan kepadatnnya yang paling baik dbandingkan jenis serbuk kayu lainnya seperti jenis MDF ( medium hight density fiberboard ) dan jenis serbuk LDF ( low density fiberboard ).

    Parket Engeered

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Parket engeered merupakan jenis olahan lantai kayu  yang menggunakan bahan dasarnya dari gabungan antara jenis parket solid dan parket laminate dalam proses pembuatannya sehingga bisa dikatakan memiliki kualitas yang baik namun parket engeered masih dibawah dari jenis solid jika dilihat dari segi ketahanannya dan keawetannya.

    Apakah ada jenis lainnya ?....

    Decking kayu

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Decking kayu merupakan jenis lantai kayu yang biasa dipergunakan atau ditempatkan pada area outdoor seperti halaman rumah,pagar,dan juga ditempatkan pada tepi kolam renang.

    Itu karena jenis decking dianggap mampu beratahan dari lingkungan luar yang memiliki perubahan cuaca juga paparan langsung sinar matahari sebab jenis decking memiliki ukuran yang labih tabal dan juga menggunakan jenis kayu yang cocok pada area outdoor.

    Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai kayu, seperti :

    Kelebihan lantai kayu :

    • Memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang berkualitas baik karena didapat dari jenis-jenis penghasil kayu keras.
    • Memiliki aroma khas yang didapat dari kayunya
    • Memiliki tampilam yang indah dan corak khas pada permukaan lantai kayu sehingga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih estetika.

    Kekurangan lantai kayu :

    • Tidak memiliki daya tahan terhadap air karena akan menyebabkan pelapukan.
    • Memiliki harga yang lumayan tinggi karena penggunaan bahan dasarnya menggunakan jenis kayu keras yang berkualitas baik.
    • Warana dapat kusam jika perawatanya tidak diperhatikan dan juga biasanya pemakaina yang sudah lama.

    Perbedaan lantai kayu dan karpet untuk bangunan rumah

    perbedaan lantai kayu dan karpet

    Untuk perbedaan yang terlihat jelas yaitu dari bahan dasar yang dipergunakan hanya saja mengenai mana yang bagus untuk dipergunakan pada bangunan rumah, masing-masing memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda walaupun sama-sama dipergunakan sebagai penutup lantai pada bangunan rumah.

    Dari hal tersebut mana yang lebih bagus keduanya memiliki keterikatan satu sama lain karena penutup lantai bangunan rumah, anda dapat menggunakan  jenis lantai kayu dan untuk penggunaan karpetnya sendiri dapat dipergunakan sebagai pelapis atau penutup lantai kayu yang diatas pemukannya ada barang-barang atau benda-benda tajam yang dapat merusak lantai kayu karena untuk karpet sendiri dianggap memiliki daya tahan yang baik pada hal tersebut.

    Dengan begitu dalam mempergunakan perpaduan lantai kayu dan karpet akan tetap menjaga nilai keindahan pada bangunan rumah anda sehingga dapat membuat nyaman juga bagi anda.