Latest News
Rabu, 03 Februari 2021

Perbedaan lantai kayu solid, laminated dan vinyl

 

Jual lantai kayu

Memang sudah sepatutnya jenis lantai kayu menjadi pilihan primadona bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah maupun menengah ke atas.

Mereka rela menghabiskan sebagian uangnya untuk memasang lantai kayu di rumah yang mereka huni. Tapi tahukah Anda, bahwasanya produk lantai kayu ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu antara lain lantai kayu alami dan lantai kayu buatan.

Perbedaan lantai kayu solid, laminated dan vinyl

Lantai kayu alami terbuat dari jenis kayu yang tergolong ke dalam jenis kayu keras yang di kemas atau di bentuk sedemikian rupa agar berbentuk seperti balok/papan, yang pasti jenis kayu alami ini terbuat dari kayu 100% utuh tidak ada bahan campuran lain.  

Sedangkan lantai kayu tempel buatan terbuat dari berbagai macam bahan kimia dan plastik yang di bentuk sedemikian rupa yang layak di gunakan untuk lantai dengan di balut berbagai variasi motif keramik, granit batu, dan juga kayu.

Yang termasuk ke dalam jenis lantai kayu alami yaitu dinamai dengan istilah lantai kayu solid, sedangkan lantai kayu buatan lebih dikenal dengan sebutan vinyl lantai dan lantai kayu laminated.

Mengenal lantai kayu alami 

 Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai suatu perbedaan antara lantai kayu alami dengan lantai kayu buatan. Yang kita akan bahas pertama-tama yaitu lantai kayu alami atau solid, ini dia simak ulasan berikut:

Kayu solid

Jual produk kayu solid
 

Jenis kayu solid ini merupakan jenis kayu yang terbuat dari kayu yang tergolong ke dalam jenis kayu yang keras seperti kayu jati, kayu merbau, sonokeling, ulin, mahoni, bengkirai dan lain sebagainya.

Penggunaan jenis kayu ini sudah kian populer seiring berjalannya waktu dan produk yang di hasilkan dari kayu solid ini mulai berkembang serta memiliki beragam manfaat bagi dunia infrastruktur, kontruksi dan furniture.

Jual kayu solid

Berkat kualitas yang dihasilkan dari kayu solid ini cukup tinggi, maka permintaan para konsumen untuk jenis kayu ini semakin meningkat. Bahkan orang-orang kini mulai mencari info seputar kayu solid seperti:

"Harga jual kayu solid"

"Toko penjual kayu solid"

"Perbedaan kayu solid dan kayu olahan"

dan "Contoh papan kayu solid"

Produk olahan lantai kayu solid ini memiliki  berbagai macam tipe seperti:
1. Flooring atau parket

Produk kayu solid ini berfungsi untuk menutupi lantai rumah yang di khusus kan untuk pengaplikasiannya di dalam ruangan.

2. Decking 

Decking ini merupakan olahan kayu solid yang berfungsi untuk menutupi lantai di luar ruangan, kebanyakan jenis produk ini di pasang di bagian tepi kolam renang, balkon, teras, dan taman.

3. Papan tangga

Tidak hanya untuk menutupi lantai saja, akan tetapi olahan produk kayu solid ada juga yang untuk mempercantik anak tangga di rumah Anda.

4. Plafon (Lambersering)

Jenis produk olahan kayu solid ini berfungsi untuk memperindah tampilan bagian luar rumah, lebih tepatnya pada atap.

5. Plint

Plint ini berfungsi untuk menutupi bagian pembatas antara dinding dengan lantai.

Dari sini kita bisa lihat bahwa produk olahan kayu solid tidak terfokuskan untuk lantai kayu saja, akan tetapi memiliki berbagai macam jenis atau tipe.

Baca juga: Tips memilih lantai kayu yang berkualitas

Kelebihan kayu solid

  • Memiliki kualitas yang tinggi.
  • Tingkat keras, ketahanan dan keawetan yang cukup tinggi.
  • Baik untuk kesehatan karena lantai kayu solid dapat mengeluarkan ION negatif.
  • Berkesan hangat sehingga dapat terhindar dari resiko terkena penyakit rematik.
  • Tampilan rumah setelah terpasang kayu solid akan lebih indah dan mewah.
  • Dapat meningkatkan nilai jual rumah, cocok untuk investasi.

Mengenal lantai kayu buatan

Lantai kayu laminated

Jual kayu laminated
 

Lantai kayu laminated ini merupakan jenis kayu yang terbuat dari serbuk kayu yang di bentuk sedemikian rupa agar berbentuk papan dengan cara di press menggunakan teknologi modern yaitu HDF (High Density Fiberboard).

Yang kemudian pada permukaannya di laminasi dengan bahan berjenis plastik bermotif kayu.

Adapun proses produksi pembuatan jenis kayu ini menggunakan metode HPL (High Pressure Laminate).

HPL adalah jenis kertas tebal dengan tekstur dan motif kayu yang direkatkan dengan olahan kayu seperti particle board, MDF dan blockboard.

Jual kayu laminated
 

Dengan merekatkannya dengan melalui tekanan suhu panas yang tinggi sehingga tersedia dalam bentuk lembaran dengan ukuran yang cukup besar.

Kelebihan kayu laminated

  • Memiliki beragam macam motif kayu.
  • Daya tahan air yang cukup baik, sehingga bisa di aplikasikan di area dapur tetapi tidak bisa di pasang di area kamar mandi.
  • Mudah perawatannya.
  • Harga yang cukup terjangkau.

Jenis lantai kayu ini jika terkena paparan sinar matahari secara terus menerus akan cepat melinting, karena kualitas yang dimiliki kayu laminated kurang bagus.

Lantai kayu laminated ini tidak bisa dilakukan pembaharuan ulang atau coating ulang layaknya jenis lantai kayu solid.

Vinyl lantai motif kayu

Jual lantai vinyl
 

Lantai vinyl ini merupakan jenis lantai yang terbuat dari olahan bahan kimia atau semacam plastik yang dikenal dengan sebutan PVC (Polivinyl Chloride).

Cara pembuatan jenis lantai ini sebenarnya hampir mirip dengan cara pembuatan lantai kayu laminated, hanya saja yang membedakannya dari segi bahan pembuatan. 

Lantai vinyl ini mempunyai keunggulan dari segi motif yang terbilang cukup beragam, bahkan tidak hanya motif kayu melainkan bisa meniru motif lantai keramik, granit, batu, dan lain-lain.

Lantai jenis ini selain memiliki motif permukaan yang beragam, akan tetapi mempunyai tipe atau jenis yang pembuatan bentuknya cukup bervariasi seperti ini:

Jual lantai vinyl
 

1. Vinyl Plank

Sepertinya namanya yaitu plank yang menyerupai papan atau seperti persegi panjang dengan dilapisi berbagai macam motif di area permukaannya.

2. Vinyl Tile

Lantai vinyl tile ini adalah jenis lantai vinyl yang menyerupai bentuk seperti keramik yaitu persegi dengan ukuran yang bervariasi, Pemasangan vinyl tile ini tidak memerlukan nat seperti lantai keramik.

3. Vinyl roll

Dari namanya saja kita sudah bisa menduga bahwa bentuk dari lantai jenis ini seperti karpet, tikar atau semacamnya. Yap, itu memang benar.

Jenis vinyl roll ini berbentuk seperti lembaran yang cukup elastis dengan berbagai macam motif yang dilapisi di atas permukaannya.

Kelebihan lantai vinyl

  • Memiliki berbagai macam motif yang menarik
  • Memiliki sifat elastisitas yang cukup baik
  • Memiliki kesan hangat, walaupun tidak sesempurna kayu solid.
  • Daya tahan air yang cukup baik
  • Mudah perawatannya
  • Harga yang murah

Anda harus berhati-hati dengan lantai vinyl ini karena kurang bagus untuk kesehatan, sebab kandungan yang terdapat pada vinyl lantai ini terdapat kandungan bahan kimia atau yang lebih tepatnya plastik.

Walaupun lantai jenis ini menjadi suatu pilihan alternatif untuk Anda yang ingin memasang lantai kayu dengan budget yang minim, akan tetapi kualitas yang dimiliki jenis lantai ini kurang bagus sehingga ketika mengalami kerusakan sulit untuk diperbaiki.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menggunakan lantai kayu dengan kualitas yang tinggi dan dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih berestetika, maka pilihlah lantai kayu solid.

Akan tetapi, jika Anda ingin memasang lantai kayu dengan budget yang minim maka pilihannya yaitu lantai kayu laminated dan vinyl lantai motif kayu.

Semua jenis lantai kayu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tinggal Anda yang menentukannya.

 

Baik itulah dia pembahasan kali ini, bagi Anda yang ingin memasang lantai kayu di rumah segera hubungi kami dan kunjungi website kami untuk melihat-lihat produk terlebih dahulu. Terimakasih

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Perbedaan lantai kayu solid, laminated dan vinyl Rating: 5 Reviewed By: parket bagus