Latest News
Kamis, 18 Februari 2021

perbandingan antara lantai keramik dan lantai kayu

perbandingan lantai keramik dan lantai kayu

Perbandingan lantai kayu dan lantai keramik – Kali ini kami akan menjelaskan mengenai perbandingan antara lantai kayu dan lantai keramik untuk penggunaan lantai terutama pada bangunan rumah adalah yang terpenting, sebab lantai digunakan sebagai pijakan kaki untuk menghindari langsung dari material-material yang dapat melukai kaki anda selain itu juga lantai berguna juga untuk bangunan rumah anda karena digunakan untuk penambah interior-interior di setiap sudut bangunan rumah anda juga dapat menciptakan nilai estetika, keindahan, dan tampil lebih mewah.

Oke, bagi setiap orang pastinya hanya memikirkan tentang bahan baku untuk membangun sebuah rumah dan dilihat dari segi kekokohannya akan tetapi disisi lain bagi kalangan orang apalagi dengan tren sekarang yang perkembangan jamannya mulai pesat pasti memikirkan juga tentang tampilan dan kenyamanan saat mempergunakan jenis lantai yang dipergunakan pada bangunan rumah.

Bagaimana menurut anda mulai terpikirkan bukan tentang penggunaan lantai selain dilihat dari kekuatannya saja ternyata perlu memperhatikan juga tentang tampilannya, nah disini kami akan menjelaskan perbandingan antara lantai kayu dan lantai keramik agar anda dapat mengetahui dari jenis dan fungsi yang dimiliki dari masing-masing jenis lantai tersebut, yuk kita simak ulasan yang kami berikan sebagai berikut.


Lantai keramik

Lantai keramik bagi anda pastinya sudah tidak heran tentang lantai keramik, mengapa bisa ?... jika anda berkunjung ke rumah salah satu kerabat ataupun saudara anda pasti pada bangunan rumahnya ada yang menggunakan jenis lantai keramik disetiap sudut bangunan rumahnya karena untuk jenis lantai keramik sudah banyak dipergunakan pada bangunan rumah.

Apakah anda sudah mengetahui bahan yang digunakan untuk pembuatan lantai keramik ?..

bagi yang belum mengetahuinya kami akan menjelaskan sedikit tentang lantai keramik berikut penjelasannnya.

Lantai keramik merupakan jenis olahan yang menggunakan bahan dasarnya diambil dari tanah liat dan dicetak sesuai akan kebutuhan untuk dipergunakan setelah proses pencetakan lalu menuju proses pembakaran gunanya untuk pengeringan dan menjadi padat sehingga dapat dipergunakan untuk dijadikan lantai pada bangunan rumah. Selain itu juga proses dalam pembuatan lantai keramik ada yang menggunakan bahan berjenis glazur, apa itu galzur ? glazur merupakan jenis bahan kimia lapisan tipis yang ada pada keramik berguna untuk menutupi pori-pori sehingga tahan terhadap air selain itu juga untuk jenis keramik yang menggunakan glazur sendiri terbilang harganya tinggi dibandingkan jenis lantai keramik yang tidak menggunakan bahan glazur.

Dengan seiring perkembangan jaman dan dilengkapi teknologi canggih lantai keramik dapat di cetak dengan beragam motifnya salah satu contohnyua yaitu :

Lantai keramik motik batu alam

motif batu alam

Lantai keramik dengan motif batu alam merupakan jenis lantai keramik yang banyak diminati karena pada permukaannya sendiri dapat menyerupai seperti jenis lantai marmer dan granit, terlebih untuk jenis lantai keramik yang bermotifkan batu alam tergolong memiliki harga yang terjangkau sehingga jika dilihat mengenai harganya lantai keramik menjadi pilihan lain untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

Lantai keramik motif mozaik

motif mozaik

Lantai keramik mozaik kerap juga dipergunakan pada bangunan rumah itu karena memiliki motif yang indah pada permukaannya dan untuk penggunaanya sendiri sering sekali dipergunakan untuk lantai kamar mandi karena permukaannya sendiri memiliki tektur yang bergelombang sehingga tidak membuat licin pada saat memijakan kaki didalam ruangan kamar mandi.

Lantai keramik motif kayu

motif kayu

Lantai keramik yang bermotifkan kayu ini kerap sekali digunakan pada bangunan rumah pasalnya permukaan lantainya hampir menyerupai jenis lantai kayu pada ummnya akan tetapi untuk jenis lantai keramik yang bermotifkan kayu tidak memiliki kesan yang natrual pada saat mempergunakannya.

Karena jenis lantai keramik motif kayu sama sekali tidak menggunakan bahan dasarnya dari kayu memang sekilas sama seperti lantai kayu tetapi mengenai sudut pandang dilihat dari tampilannya tidak menciptakan nilai natural.

Selain jenis-jenis motif lantai keramik seperti contoh diatas, ada juga loh kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai keramik, berikut penjelasannya :

Kelabihan yang dimiliki lantai keramik :

  • Mudah dalam proses pemasangannya.
  • Mudah dalam perawatanya.
  • Memiliki daya tahan akan air.
  • Memiliki ragam motif yang dimilikinya.

Kekurangan yang dimiliki lantai keramik :

  • Mudah pecah jika terjatuh ataupun tertimpa benda berat.
  • Walaupun dapat menyerupai jenis lain akan tetapi tidak memiliki kesan yang natural.

 

Lantai kayu

Lantai kayu sedikit dari kalangan orang belum mengetahui apa itu yang dinamakan lantai kayu akan tetapi dengan seiring perkembangan jaman yang mulai berkembang pesat hampir setiap kalang orang juga sudah mengetahui apa itu yang dinamakan lantai kayu serta kegunaannya, nah jangan hawatir bagi anda yang belum mengetahui lebih dalam tentang lantai kayu, kami akan menejelasakan yang dinamakan lantai kayu.

Biasanya kayu dipergunakan bagi para pengrajin untuk dijadikan kerajinan tangan, mebel, dan lain sebagainya nah di era yang modern dan dilengkapi dengan alat yang berteknologi canggih tidak diheran kan lagi kayu dapat diolah menjadi lantai kayu.

Lantai kayu merupakan jenis olahan yang menggunakan bahan dasarnya dari jenis kayu keras, mengapa menggunakan kayu keras ?,, karena tidak semua jenis kayu dapat diolah untuk dijadikan lantai kayu hanya memilih jenis kayu yang memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II seperti jenis kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai dan jenis kayu lainnya. Dengan memiliki beberapa jenisnya lantai kayu juga memiliki varian motif dan warna yang didapat dari jenis-jenis kayu tersebut.

Selain penggunaanya digunakan sebagai lantai pada bangunan rumah ada juga penggunaan lain dengan dilengkapi alat yang berteknologi canggih lantai kayu dapat diolah dan dipergunakan seperti dijadikan Trap tangga dan lambersering atau plafon pada bangunan rumah.

Oke, karena pembahasannya mengenai lantai,kami akan menjelaskan beberapa jenis lantai kayu yang peruntukannya digunakan pada banugnan rumah.

Dengan menggunakan bahan dasarnya jenis-jenis kayu keras yang tadi kami sudah sebutkan, disini kami akan menjelaskan beberapa jenis lantai kayu berikut penjelasannya.

Lantai kayu jati

lantai kayu jati

Lantai kayu jati merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan dasarnya dari jenis kayu jati, untuk kayu jati sendiri memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II juga memiliki warna yang cerah disamping itu juga memiliki corak tampilan yang terkesan natural.

Untuk jenis lantai kayu jati sendiri sering dipergunakan pada bangunan rumah seperti area ruang tamu, kamar tidur dan dapur karena memiliki tampilan yang estetika.

Lantai kayu sendiri memiliki jenis berdasarkan kualitasnya seperti jenis lantai kayu jati Grade A, grade B, dan Grade C untuk jenis Grade A bisa dibilang yang paling baik itu karena warna pada permukaan lantai kayu lebih merata sehingga terkesan natural.

Lantai kayu merbau

lantai kayu merbau

Lantai kayu merbau dengan memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetanya kelsa II sering juga dipergunakan pada bangunan rumah seperti area ruang tamu, kamar tidur, dan bahkan ditempatkan pada area luar ruangan seperti halaman rumah dan diarea tepi kolam renang.

Untuk jenis lantai kayu merbau memiliki warna coklat kemerahan dan juga sama seperti jenis kayu lainnya yang memiliki aroma khas sehingga bila mempergunakan pada bangunan rumah anda akan terlihat mewah juga nyaman pada saat mempergunkannya.

Lantai kayu ulin

lantai kayu ulin

Jenis lantai yang satu ini dibilang yang paling baik pasalnya untuk jenis lantai kayu ulin memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas I, jadi tidak perlu ditanyakan lagi mengenai kualitasnya dengan memiliki tingkat kekerasan dan keawetannya yang berkualitas baik untuk jenis lantai kayu ulin dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

Peberapan jenis lantai kayu ulin biasa ditempat di area outdoor seperti halaman rumah, tepi kolam renang dan juga dapat dipergunakan sebagai pagar pada bangunan rumah, ya itu karena tingkat kekerasan dan keawetannya yang dimiliki jenis lantai kayu ulin.

Kelebihan yang dimiliki lantai kayu :

  • Memiliki beberapa jenis dan motif yang dimiliki lantai kayu karena penggunaan bahan dasarnya diambil dari jenis-jenis kayu keras.
  • Memilik tampilan yang natural dan estetika.
  • Tahan dari serangga seperti rayap.
  • Tahan akan perubahan cuaca yang buruk.
  • Memiliki permukaan yang empuk sehingga nyaman saat memijakan kaki pada lantai kayu.

Kekurangan yang dimiliki lantai kayu :

  • Tidak tahan dari air.
  • Mudah tergores pada permukaannya yang disebabkan dari benda-benda tajam.
  • Warna dapat kusam jika pemakainnya sudah lama digunakan.
  • Perlu perawatan khusus karena untuk menjaga nilai estetika dan keindahannya.

 

Dari penjelasan diatas mengenai lantai keramik dan lantai kayu memiliki kesamaan dalam proses penggunaannya dan memiliki beberapa jenisnya disesauikan dengan peruntukannya hanya saja dari kedua jenis trersebut memiliki perbedaan yang lebih mencolok. yuk kita simak mengenai perbedaan yang mencolok anatar keramik dan lantai kayu, berikut ulasanya.

 

Perbandingan yang mencolok antara lantai kayu dan lantai keramik yang digunakan pada bangunan rumah

perbandingan lantai kayu & lantai keramik

Perlu anda pahami dalam memilih jenis lantai untuk digunakan pada bangunan rumah anda dengan cara melihatnya dari segi ketahanan,tampilan dan yang terpenting nyaman pada saat digunakan pada bangunan rumah anda.

Terlepas dari itu berikut penjelasan perbedaan yang mencolok dari lantai kayu dan lantai keramik dilihat dari segi ketahanan,tampilan,dan kenyamanan yang digunakan pada bangunan rumah anda, berikut penjelasannya.

 

✓ Ketahanan

Lantai kayu memiliki tahan yang baik yang baik mungkin bisa dikatakan setara dengan lantai keramik jika di perhatikan dari perawatannya benar dan berkala yang terpenting hindarkan lantai kayu dari kelembabpan agar dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

Lantai kermaik sudah dipastikan memiliki daya tahan yang baik itu karena lantai keramik memiliki kerasan dan kepadatan yang berkualitas baik. Selain itu agar dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang hindari dari benturan yang dapat merusak pada lantai keramik.

 

✓ Tampilan

Lantai kayu memiliki tampilan yang bernuansa alam sehingga jika mempergunakan lantai kayu pada bangunan rumah anda dapat menciptakan nilai estetika dan artistik terlebih tampil lebih elegan jika penggunaannya sesuai dengan peruntukannya.

Lantai kermaik karena mempunyai ragam motif  dan warnanya sehingga lantai keramik dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih indah.

 

✓ Kenyamanan

Lantai kayu memiliki aroma khas yang didapat dari jenis-jenis kayunya dan dapat memberikan aura positif bagi yang mempergunakannya sehingga pada saat sedang bersantai dan beristirahat akan membuat nyaman bagi penghuninya.

Lantai kermaik Dengan perawatan yang mudah sehingga akan membuat nyaman bagi penggunannya itu karena diperlu memikirkan tentang perawatannya.

 

Dari penjelasan diatas memiliki perbedaan dari masing-masing jenis lantai tersebut, memang tidak dipungkiri lagi bagi setiap orang memiliki selera masing-masing untuk yang menentukan lantai mana yang baik untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda akan tetapi jika dilihat dari segi harga anda dapat memilih jenis lantai keramik karena memiliki harga yang terjangkau dengan disesuaikan jenisnya dan untuk dilihat dari segi tampilannya anda dapat memilih jenis lantai kayu karena memiliki nilai keindahnya terlebih dapat menciptakan nilai estetika dan nyaman saat mempergunakan pada bangunan rumah anda.

 

 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: perbandingan antara lantai keramik dan lantai kayu Rating: 5 Reviewed By: parket bagus