BLANTERORBITv102

    Solusi Dan Cara Memperbaiki Lantai Kayu Yang Rusak

    Jumat, 14 Mei 2021
    solusi dan cara mengatasi lantai kayu yang rusak

    Lantai kayu merupakan salah satu jenis penutup lantai yang dapat menciptakan suasan bangunan menjadi lebih indah. Selain itu juga lantai kayu dalam penerapannya dapat membuat nyaman bagi si penggunanya, sifatnya yang empuk dan memiliki aroma khas kayu. 

    Namun dibalik itu semua terdapat hal yang mungkin kita tidak inginkan dalam mempergunakan lantai kayu yaitu dari segi kerusakannya.

    Hal yang membuat lantai kayu mengalami kerusakan bisa disebabkan kurangnya perawatan, karena dalam mempergunakan lantai kayu jika ingin menjaga kualitas tampilan dan juga agar dapat dipergunakan jangka panjang, perlu diperhatikan perwatannya.

    Selain kurangnya perawatan pada lantai kayu, nam,un perlu anda ketahui juga teradapat hal lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada lantai kayu.

    Kerusakan yang terjadi pada lantai kayu biasanya lebih banyak disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung yang mengakibatkan warna permukaan menjadi kusam, goresan yang disebabkan dari benda-benda tajam, dan juga terkena air yang dapat menyebabkan pelapukan atau bisa juga terjadinya tumbuh jamur. 

    Akan tetapi meskipun sumber kerusakannya disebabkab banyak faktor. Bagi anda yang ingin memperbaiki kerusakan pada lantai kayu pada hunian, Aada tidak perlu mengganti secara keseluruhan lantai melainkan cukup pada bagian yang mengalami rusakanya saja. 

    Cara Memperbaiki Lantai Kayu Yang Rusak

     Karena lantai kayu terdapat beberapa jenisnnya seperti salah satu contohnya yaitu lantai kayu solid dan juga laminated. Dari kedua jenis tersebut dalam pembuatannya terdapat perbedaannya sehingga jika terjadi kerusakan pun dalam memperbaikinya sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan dibawah ini. 

    1. Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Lantai kayu Solid 

    cara memperbaiki lantai kayu solid

    Jika terjadi kerusakan pada lantai kayu solid maka terlebih dahulu perlu dilihat seperti apa tingkat keruskan yang dialaminya. Jika hanya tergores maka cara memperbaikinya cukup dengan diamplas di bagian yang tergores tersebut lalu di finishing ulang dengan menggunakan bahan finishing lantai yang bisa anda beli di toko-toko bangunan. 

    Dalam penghamplasan perlu anda perhatikan cara melakukannya jangan menggosok dengan hampelas yang terlalu kasar, dan juga jangan menggosok terlalu lama serta terlalu keras karena bisa menyebabkan lantai kayu menjadi cekung terlalu dalam yang membuat permukaannya tidak rata dengan parket lama.

    Setelah itu barulah ke tahap finishing dengan cara mengoleskan dengan cairan varnish. nah pada tahap ini anda perlu memperhatikan jenis warnanya agar dapat menyesuaikan waran sebelumnya sehingga akan terlihat lebih sempurna. 

    2. Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Lantai Kayu Laminate 

    cara memperbaiki lantai kayu laminated

    Lantai laminate merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari HDF yang mana permukaannya hanya di lapisi plastik printing motif kayu dan di laminating. Biasanya banyak kasus kerusakan terjadi diakibatkan lapuknya pada lapisan HDF karena lantai terlalu lembab atau karena terlalu sering terkena air. 

    Selain itu kerusakan mungkin terjadi karena mengelupasnya lapisan laminating yang disebabkan gesekan-gesekan benda. Kalau terdapat kerusakan pada jenis laminasi seperti tersebut diatas, maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain di ganti dengan yang baru sesuai banyaknya kerusakan.

    Dalam membeli lantai kayu laminated perhatikan jenis yang anda pergunakan pada hunian anda, sebab dalam membelinya anda perlu menyesuaikan kesamaan motif dan warna pada lantai kayu laminated di hunia anda. 

    Karena dalam memperbaiki lantai laminated bisa dikatakan mudah-mudah susah, maka dalam melakukan pembongkaran dan memasang lantai laminated perlu berhati-hati agar permukaan lantai laminated tidak mengalami kerusakan yang lebih fatal. 

    Dari penjelasan diatas merupakan cara memperbaikan lantai kayu berdasarkan jenis yang digunakan. Bagaimana jika ingin menhindari terjadinya kerusakan pada lantai kayu ?. Ya pertanyaan ini mungkin bisa dianggap sangat penting, karena dalam hal ingin menggunakan lantai kayu pastinya tidak menginginkan terjadinya kerusakan

    Tips Menghindari Kerusakan Pada Lantai Kayu

    tips menghindari terjadinya kerusakan pada lantai kayu

    Selalu menjaga kebersihan pada lantai kayu

    Dalam segi menjaga lantai kayu agar terhindar dari terjadinya kerusakan, hal yang pertama bisa anda lakukan dengan cara menjaga kebersihannya. Tujuannya untuk membersihkan debu-debu atau pun noda yang menempel pada permukaan lantai kayu agar tetap menjaga keindahannya.

    Perhatikan dalam penggunaan barang-barang yang ditempatkan pada permukaan lantai kayu

    Biasanya dalam mempergunakan lantai kayu, kita akan terlupakan oleh penempatan barang-barang, mengapa demikian ?. karena terdapat barang-barang yang dapat menyebakan kerusakan pada lantai kayu. Contoh halnya seperti permukaan meja yang tajam atau pun yang memiliki beban yang berlebih.

    Hal itu lah yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada lantai kayu seperti permukaannya tergores dan juga mengalami retak. Nah jika terjadi seperti itu, dapat merepotkan bagi anda. Oleh sebab itu bagi anda yang menggunakan lantai kayu perhatikan juga hal ini, agar terhindar dari kerusakan.

    Dengan mengetahui tips dan cara memperbaiki kerusakan yang dialami pada lantai kayu sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan soal itu. Bahkan anda dapat mengetahui penyebab kerusakan yang dialami lantai kayu, dengan demikian pula sehingga anda dapat mengantisipasinya secara mudah.