BLANTERORBITv102

    Jenis Lantai Terbaik Untuk Kantor Ini, Nyaman, Indah, Dan Aman Digunakan

    Senin, 14 Juni 2021

    Lantai Terbaik Untuk Kantor — kantor adalah tempat bagi sebagian orang untuk melakukan kegiatan tata usaha yang dimana dalam kegiatannya seperti mencari informasi,merekam informasi,mengatur informasi, dan memberi informasi juga tempat aset atau harta yang dimiliki kantor.

    Oleh karena itu dalam membangun sebuah kantor yang nyaman dan aman saat mempergunakannya perlu memperhatikan bagian-bagian interior bangunan kantor, salah satu contohnya dalam penggunaan lantai. 

    Lantai dianggap bagian terpenting di sebuah bangunan, sifatnya yang selalu dipergunakan sebagai tempat berjalan atau lalu lalang di sebuah ruangan, sehingga dalam hal mendekorasi dan juga memilih material lantai dibutuhkan bahan lantai terbaik. Disamping itu jika ruangan kantor memiliki keindahan pastinya akan nyaman saat dipergunakan dan juga dapat membuat konsetrasi yang lebih produktif saat sedang melakukan kegiatan.

    Untuk memilih jenis lantai yang dipergunakan pada bangunan kantor perlu memperhatikan beberapa point penting seperti :

    1. Lantai Memiliki Daya Tahan Berkualitas Tinggi

    Lantai yang nantinya akan dipergunakan pada bangunan kantor pastinya, dibutuhkan daya tahan berkualitas tinggi. Hal ini karena bangunan kantor pastinya memiliki fisik yang kokoh sehingga dapat menyesuaikan terhadap bangunan tersebut, dan juga dengan memiliki lantai yang berkualtias tinggi, dapat kita pastikan, untuk pemakaiannya pun dapat dipergunakan jangka panjang. 

    2. Lantai Dapat Dipergunakan Dengan Nyaman

    Disisi lain, saat mempergunakan lantai haruslah memiliki tingkat kenyamanan yang baik sebab pada saat mempergunakannya dapat membuat aktifitas jauh lebih produktif, hal ini pun dapat kita simpulkan yaitu menunjang kinerja yang lebih baik. 

    3. Memiliki Tampilan Yang Indah 

    Lantai memiliki tampilan yang indah, maka dapat membuat tampilan kantor menjadi terlihat lebih mewah dan tampil elegan sehingga memiliki nilai tersendiri pada bangunan kantornya.

    Itulah beberapa point penting yang dapat menjadi acuan dalam memilih lantai kantor, agar dapat memudahkan anda dalam memilih material lantai yang akan dipergunakan nantinya.

    Baca Juga : Tips Dan Cara Membersihkan Lantai Rumah

    Disini kami akan memberikan beberapa jenis lantai terbaik untuk kantor, yang dapat menjadi rekomendasi untuk anda. Berikut ulasannya.

    Jenis - Jenis Lantai Terbaik Untuk Kantor, Rekomendasi Untuk Anda

    Pada dasarnya di dunia ini, material lantai memiliki ragam jenis yang berbeda-beda, mulai dari tampilan, bentuk, hingga proses pembuatannya. Sehingga tidak semua jenis lantai dapat kita terapkan pada bangunan kantor, yang dimaksud ialah kecocokan dan juga penyesuaian tampilannay. Hanya beberapa jenis lantai terbaik lah yang dapat diaplikasikan pada bangunan kantor, seperti

    Lantai Keramik

    Lantai keramik salah satu material yang cukup populer, disamping itu keramik merupakan hasil dari seni dengan dukungan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat dengan proses pembakaran. Dengan seiringnya waktu dan perkembangan jaman keramik dapat diolah menjadi lantai dan digunakan sebagai penutup lantai pada bangunan, salah satunya bangunan kantor.

    Baca Juga : Perbandingan Lantai Keramik Dengan Lantai Kayu

    Lantai keramik kerap sekali kita jumpai pada bangunan kantor itu karena lantai keramik memiliki daya dahan yang kuat, memiliki ragam motif warna dan pada proses pemasangannya dapat kitakan cukup mudah.

    Bagi anda yang ingin menggunakan lantai keramik cobalah untuk memberpahatikan segi keamanannya sebab permukaan lantai keramik licin, terlebih terasa dingin. Namun nilai unggulnya yaitu lantai keramik jika terkena noda, mudah untuk dibersihkan.

    Kelebihan yang dimiliki lantai keramik :

    • Memiliki tampilan yang dapat disesuaikan dengan tema ruangan kantor.
    • Dapat dipergunakan jangka panjang.
    • Tahan terhadap air.

    Kekurangan yang dimiliki lantai keramik 

    • Dalam proses pemasangan lantai keramik di butuhkan ketelitian sebab lantai kermik mudah pecah.
    • Walaupun tahan terhadap air. Jika terkena harus langsung di keringkan, agar tidak membahayakan saat melewatinya.
    • Lantai keramik memiliki kesan yang dingin.

    Karpet

    Karpet pastinya sering kita jumpai hampir di setiap bangunan perkantoran itu karena karpet sendiri memiliki kemudahan dalam pemasangan.

    Untuk tampilannya pun memiliki varian warna dan motif yang didapat berdasarkan tipe karpet seperti seperti karpet wol, nilon, polypropylene, dan lain sebagainya.

    Dalam bangunan perkantoran biasanya menggunakan jenis karpet yang berbahan dasarnya polypropylene karena dianggap memiliki tingkat kualtias yang baik dan mampu menyesuaikan bangunan kantor.

    Baca Juga : Desain Rooftop Garden Kekinian Dan Rahasia Dibalik Keindahan-nya

    Karpet polypropylene memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah tahan terhadap noda, mudah dibersihkan, memiliki tekstur yang cukup halus, memiliki motif dan warna beragam. Hanya saja bila anda ingin menggunakan karpet untuk bangunan kantor, agar selalu memperhatikan kebersihannya sebab karpet sering sekali di juluki rumah bagi para debu.

    Kelebihan yang dimiliki karpet :

    • Mudah saat proses pemasangannya.
    • Bisa sebagai peredam suara.
    • Memberikan kehangatan.
    • Terasa nyaman saat memijakan kaki

    Kekurangan lantai karpet 

    • Perlu perhatian khusus untuk menjaga kebersihannya.
    • Jika terkena air dan dibiarkan dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap.
    • Jika terkena noda tinta akan sulit untuk dihilangkan.
    • Mudah terbakar.

    Lantai Vinyl

    Vinyl termasuk jenis lantai yang dipergunakan sebagai penutup lantai pada bangunan dengan menggunakan bahan dasarnya diambil dari jenis PVC ( polyvinyl chloride ) dimana bahan tersebut memiliki permukaan yang halus dan juga memiliki elatisitas yang baik sehingga dalam penggunaannya sendiri mudah dalam proses pemasangannya.

    Selain itu juga lantai vinyl memiliki beragam motif dan warna serta lantai vinyl terbagi menjadi dua yaitu vinyl tile dan vinyl roll untuk jenis tersebut memiliki kualitas yang hampir sama hanya saja yang membedakan dari segi harga.

    Lantai vinyl biasanya dipergunakan pada bangunan kantor untuk menambah interior kantor dengan penempatan seperti area pantry karena lantai vinyl memiliki daya tahan yang baik terhadap air serta mudah untuk dibersihkan.

    Baca Juga : Lantai Kayu Tempel Cukup Efisien

    Kelebihan yang dimiliki lantai vinyl :

    • Dalam proses pemasangannya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.
    • Memiliki motif dan warna seperti kayu asli.
    • Tahan terhadap rayap sebab terdapat kandungan zat kimia yangtidak disukai oleh rayap.

    Kekurangan yang dimiliki lantai Vinyl :

    • Tekstur yang halus dan empuk sehingga lantai vinyl tidak memiliki ketahanan terhadap benda-benda tajam.
    • Pada tahap pemakaian awal, lantai vinyl menimbulkan aroma yang tidak sedap.
    • Tampilan motif dan warnanya kurang natural.

    Lantai Kayu Laminate

    Lantai kayu laminate merupakan tipe yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari serbuk kayu berjenis HDF ( high density fiberboard ), dimana bahan tersebut memiliki daya tahan cukup stabil.

    Selain itu juga lantai kayu laminate bisa dikatakan cocok juga seperti jenis lantai lainnya karena pada permukannya memiliki warna dan motif yang beragam sehingga dapat menciptakan nilai estetika pada ruangan bangunan kantor.

    Baca Juga : Cara Memasang Lantai Kayu Laminate

    Lantai laminate sebenarnya solusi alternatif lain selain lantai kayu solid, yang dimana untuk tipe solid memiliki harga yang cukup tinggi sehingga tipe ini bisa menjadi rekomendasi lain untuk anda.

    Kelebihan yang dimiliki lantai kayu laminate :

    • Daya tahan yang baik sehingga dapat dipergunakan jangka panjang.
    • Motif dan warna dapat disesuaikan dengan selera yang anda miliki.
    • Memiliki harga yang terjangkau.

    Kekurangan yang dimiliki lantai kayu laminate :

    • Jika dibandingkan dengan tipe solid, lantai kayu laminate kualitasnya masih dibawah tipe solid.
    • Mudah tergores pada permukannya.
    • Tidak memiliki daya tahan terhadap air

    Lantai Kayu Solid

    Jenis lantai yang satu ini mungkin dalam penerapan pada perkantoran menjadi tren saat ini, sebab terdapat tampilan estetik yang didapat dari corak dan warna pada permukannya.

    Lantai kayu solid merupakan jenis lantai yang penggunaan bahan dasarnya diambil dari jenis kayu keras yang berkualitas baik dari segi ketahanan dan keawetanya seperti jenis kayu jati, kayu merbau, dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Perbedaan Kayu Jati Dan Kayu Merbau

    Lantai kayu solid memiliki daya tahan yang baik dan terlihat kokoh sehingga cocok juga dipergunakan pada bangunan kantor.

    Disamping itu lantai kayu solid memiliki nilai tersendiri dalam menambah hiasan interior kantor yang dapat menciptakan nilai estetika dan terkesan elegan.

    Baca Juga : Tips Memilih Lantai Kayu Berkualitas Tinggi

    Nyaman dan aman merupakan hal yang ingin selalu ada di setiap bangunan. Pada permukaan lantai kayu solid di saat memijakan kaki akan terasa empuk, terlebih bila suhu ruangan dingin lantai kayu akan terasa hangat dan juga sebaliknya.

    Lantai kayu solid sudah dibekali syarat SNI, dimana hal ini dapat kita jamin dari tingkat keamanannya saat anda mempergunakan pada bangunan kantor.

    Kelabihan yang dimiliki lantai kayu solid :

    • Memiliki tampilan yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan.
    • Corak dan motif pada permukaan lantai dapat menyesuaikan ruangan kantor.
    • Disaat memijakan kaki akan terasa empuk dan hangat.
    • Memiliki daya tahan cukup stabil, sehingga penggunaanny dapat digunakan jangka panjang.

    Kekurangan yang dimiliki lantai kayu solid :

    • Jika terkena air dapat menyebakan tumbuhnya jamur.
    • Warna dapat kusam, biasanya pemakaian telah lama digunakan.
    • Jika terjadi kerusakan yang cukup fatal, akan sulit untuk diperbaikinya.
    • Dalam proses pemasangan lantai kayu, dibutuhkan tenaga profesional yang ahli dibidangnya.

    Dari kesimpulan di atas masing-masing jenis lantai memiliki nilai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh sebab itu dalam hal jenis lantai mana yang akan dipergunakan. Pastikan lantai tersebut sudah memiliki point-point pada penjelasan di awal, sehingga dengan begitu dapat mempermudah anda dalam memilih lantai untuk kantor anda.