BLANTERORBITv102

    Ingin Tahu Cara Menggunakan Plitur Untuk Mengkilapkan Kayu?

    Rabu, 14 Juni 2023
    Tips menggunakan plitur kayu

    Tips menggunakan plitur kayu – Dalam bidang mebel dan furniture, finishing plitur merupakan salah satu kegiatan yang sudah wajib untuk dilakukan.

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena plitur finishing akan membuat tampilan kayu menjadi mengkilap. Bahkan, pemberian plitur juga akan membuat struktur semakin kokoh dan tahan terhadap serangan rayap.

    Lantas, apa yang dimaksud dengan plitur? Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar plitur kayu, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Sekilas Tentang Plitur

    Pada dasarnya, Politur atau yang biasa disebut dengan plitur merupaan bahan finishing yang memang sudah digunakan sejak abad ke-19. 

    Sekilas Tentang Plitur

    kabarnya, produk plitur kayu ini terbuat dari bahan resin alami yang berasal dari serangga. Hal inilah yang membuat hasil dari plitur kayu tampak menguning.

    Adapun mengenai cat plitur dari bahan shellac yang tersedia dalam bentuk kepingan tipis, yang kemudian akan dilarutkan menggunakan cairan ethanol (spirtus).

    Seiring dengan perkembangan zaman, kini plitur pun dapat diencerkan dengan menggunakan thinner bahkan air.

    Namun perlu diingat, bahwa penggunaan plitur bisa merubah warna asli bidang kayu dengan warna coklat, kuning, dan kuning keemasan. Itu artinya, pemberian plitur pada bidang kayu akan mengurangi sisi naturalnya.

    Baca juga: Kenali Jenis-jenis Bahan Karpet Rumah Sebelum Membelinya!

    Cara Menggunakan Plitur Dengan Benar

    1. Sediakan Semua Peralatan yang Diperlukan

    Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memplitur kayu, yakni menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan.

    sediakan Semua Peralatan yang Diperlukan

    Dengan menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, pastinya kamu tidak kelimpungan lagi saat akan memplitur furniture yang berbahan kayu.

    Setidaknya ada beberapa macam peralatan yang harus kamu persiapkan sebelum memulai plitur kayu seperti berikut:

    • amplas
    • kain lap yang bersih
    • cairan plitur
    • thinner atau air (untuk mengencerkan plitur)
    • kuas cat
    • wadah

    2. Pilih Objek Kayu yang Akan Diberi Plitur

    Apabila semua peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia, tentu saja kamu harus menyiapkan objek atau furniture kayu yang akan diberi lapisan plitur.

    Pilih Objek Kayu yang Akan Diberi Plitur

    Pada umumnya jenis furniture kayu yang membutuhkan lapisan plitur itu seperti lantai parket, meja kayu, kursi kayu, kusen kayu, dan lain sebagainya.

    Sebelum mulai memplitur, pastikan bahwa kondisi furniture kayu tersebut sudah bersih dari berbagai jenis kotoran. Pasalnya, hasil plitur tidak akan sempurna apabila permukaan furniturenya masih ada kotoran.

    Bukan hanya itu, pastikan juga bahwa kondisi furniture kayu dalam keadaan kering. Setelah kondisinya sudah benar-benar bersih, silahkan amplas permukaan furniture kayu secara merata sampai halu

    Baca Juga: Mengenal Kutu Kayu Beserta Cara Membasminya

    3. Cairkan Plitur Dengan Bahan Pelarut

    Sebenarnya tekstur cairan plitur terbilang cukup kental, sehingga memerlukan thinner atau air sebagai bahan pelarutnya.

    Cairkan Plitur Dengan Bahan Pelarut

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena plitur tidak akan bisa digunakan bila teksturnya masih kental. Selain itu, kamu juga harus mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada bagian belakang kemasannya.

    Guna mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja, sebaiknya kamu menggunakan masker saat hendak memplitur kayu. Mengapa demikian?

    Ya, produk plitur memiliki aroma kimia yang sangat menyengat sehingga dapat mengganggu sistem pernafasan.

    4. Lakukan Pengolesan Pada Objek Kayu

    Setelah tekstur pliturnya terlihat agak encer, barulah kamu bisa mengoleskan cairan tersebut ke permukaan kayu dengan menggunakan kuas cat secara perlahan dan merata.

    Lakukan Pengolesan Pada Objek Kayu

    Jika kamu merasa kesulitan menggunakan kuas, kamu pun bisa mensiasatinya dengan menggunakan kain lap yang dibentuk bola, kemudian dicelupkan kedalam cairan plitur.

    Setelah itu, oleskan kain lap tersebut pada permukaan kayu secara perlahan dan merata. Bahkan, cara ini dapat memberikan hasil yang lebih rata ketimbang menggunakan kuas cat.

    5. Biarkan Catnya Kering Kemudian Amplas

    Apabila semua permukaan furniture kayu sudah diberi lapisan plitur, kamu pun hanya tinggal mendiamkannya sampai benar-benar kering.

    Biarkan Catnya Kering Kemudian Amplas

    Setelah kering, maka permukaan furniture kayu harus di amplas lagi agar tampak lebih rata dan halus. Selain membuatnya halus, tujuan dari peng-amplasan ulang ini juga untuk menonjolkan serat kayu agar tampilannya semakin indah dan terkesan natural.

    Setelah permukaan furniture kayu menjadi halus dan rata, segera timpa lagi dengan cairan plitur. Diamkan lagi hingga kering, lalu amplas kembali permukaan furniture kayu sampai benar-benar halus dan rata.

    Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu lakukan cara tersebut sebanyak dua kali. Selain itu, pastikan juga bahwa semua permukaan furniture kayunya sudah dilapisi dengan cairan plitur secara merata.

    Dengan begitu, maka tampilan furniture kayu tersebut akan semakin mengkilap sehingga dapat menonjolkan kesan mewah dan elegan.

    Baca juga: Tips Merawat Lantai Kayu

    Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan plitur untuk mengkilapkan furniture kayu.