BLANTERORBITv102

    Kenali Jenis-jenis Bahan Karpet Rumah Sebelum Membelinya!

    Rabu, 01 Maret 2023

     

    Jenis bahan karpet rumah

    Jenis bahan karpet rumah – Karpet merupakan material alas lantai yang kerap diaplikasikan pada ruangan tertentu, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan lain sebagainya.

    Tak hanya meningkatkan rasa nyaman untuk pijakan kaki, keberadaan karpet juga dapat mempertegas kesan hangat dan elegan dalam hunian. Ada berbagai jenis bahan karpet yang tersedia dipasaran, dimana masing-masing jenisnya memiliki karakteristik tersendiri.

    Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui setiap jenis bahan karpet agar sesuai dengan kebutuhan.

    Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis bahan karpet untuk rumah, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

    8 Jenis Bahan Karpet Paling Umum

    1. Karpet Vinyl

    Jenis karpet bahan vinyl memang memiliki keunggulan dari segi kelenturan. Sehingga tak heran jika penggunaan karpet vinyl ini dapat menghadirkan kenyamanan maksimal pada pijakan kaki.

    Karpet Vinyl

    Adapun karpet vinyl yang umumnya digunakan untuk melapisi seluruh permukaan lantai sehingga bisa memberikan nuansa yang lebih berbeda. Tersedia beragam ukuran karpet vinyl yang tersedia dipasaran, mulai dari 0,5 mm hingga 2,2 mm.

    Disaming itu, karpet vinyl juga menghadirkan berbagai varian motif seperti motif kayu, motif bebatuan, motif keramik, dan masih banyak lagi.

    Artikel Serupa: Berbagai Jenis Stiker Lantai Motif Kayu Paling Recommended!

    2. Karpet Sisal

    Material karpet sisal terbuat dari bahan tanaman yang memiliki daya tahan cukup tinggi, serta teksturnya yang cenderung agak kasar. Itu sebabnya, mengapa penggunaan karpet sisal dapat mengurangi tingkat kenyamanan saat kamu berbaring diatasnya.

    Karpet Sisal

    Hal inilah yang membuat jenis karpet sisal lebih cocok diaplikasikan pada lantai dengan permukaan licin, seperti teras kamar mandi dan dapur. Pasalnya, penggunaan karpet Sisal pada lantai licin mampu menurunkan risiko bahaya terpeleset.

    3. Karpet Kulit Hewan

    Dari namanya saja, pastinya kita sudah bisa menebak bahwa material karpet ini terbuat dari bahan kulit hewan asli. Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kulit hewan asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

    Karpet Kulit Hewan

    Alhasil, harga karpet kulit hewan jauh lebih mahal dibandingkan jenis karpet sisal maupun jenis karpet lainnya. Namun, penjualan karpet kulit hewan sudah mulai dibatasi karena dikecam oleh aktivis pecinta hewan. 

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena jenis kulit  yang digunakan sebagai bahan baku untuk karpetnya berasal dari hewan-hewan eksotis, seperti buaya, harimau, dan lain sebagainya. 

    4. Karpet Sutra

    Seperti halnya karpet yang berbahan kulit hewan, dimana karpet Sutra juga merupakan jenis karpet kelas atas yang dibanderol dengan harga mahal. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet Sutra hanya berlaku untuk kalangan menengah ke atas saja.

    Karpet Sutra

    Bahkan, ada beberapa merk karpet sutra yang harganya setara dengan harga lantai kayu lho. Tak hanya memiliki daya tahan yang bagus, penggunaan jenis karpet yang satu ini juga dapat mempertegas nuansa mewah, elegan, dan glamour.

    Seiring dengan perkembangan zaman, kini karpet Sutra tersedia kedalam berbagai varian motif, warna, dan ukuran sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan konsep rumah.

    5. Karpet Wol

    Untuk kamu yang ingin mendapatkan karpet dengan tekstur super lembut, maka karpet berbahan wol ini merupakan pilihan paling tepat. Meski memiliki tekstur yang halus, namun karpet wol ini memiliki daya tahan tinggi serta tahan terhadap air maupun noda.

    Karpet Wol

    Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika karpet wol dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bukan hanya itu, karpet wol juga membutuhkan perawatan khusus dan tepat agar awet sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun.

    Baca juga: Perbedaan Lantai Kayu dan Karpet Berikut Jenisnya

    6. Karpet Polypropylene

    Pada dasarnya, karpet Polypropylene ini terbuat dari bahan serat sintetis yang memiliki teksur elastis. Tak hanya bertekstur elastis, bahkan karpet Polypropylene juga sangat mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

    Karpet Polypropylene

    Meski demikian, terdapat satu kekurangan dari karpet Polypropylene yang harus kamu ketahui. Ya kekurangan dari karpet Polypropylene, yakni warna permukaannya yang mudah memudar seiring berjalannya waktu.

    7. Karpet Katun

    Ini diasalah satu jenis karpet lantai rumah yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, harga karpet katun memang lebih murah dibanding jenis-jenis bahan karpet lainnya.

    Karpet Katun

    Menariknya lagi, karpet katun juga menyediakan beragam motif, warna, dan ukuran yang tentunya dapat kamu pilih sesuai selera.

    Akan tetapi, tingkat kekuatan pada karpet yang satu ini tidak mampu bertahan lama. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet katun sering ditempatkan pada area-area ruangan yang tidak terlalu sering dilalui oleh orang-orang.

    Artikel menarik lainnya: Jenis-jenis Rumput Sintetis Beserta Plus Minusnya

    8. Karpet Nilon

    Tak hanya karpet katun, karpet nilon juga menjadi salah satu jenis karpet yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat kita. Mengenai spesifikasinya, jenis karpet nilon ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup bagus.

    Karpet Nilon

    Selain itu, bobot karpet nilon jauh lebih ringan sehingga membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Ditambah lagi harga karpet nilon yang ramah dikantong, sehingga cocok bagi kamu yang ingin mempercantik tampilan rumah dengan minim budget.

    Meski menawarkan harga yang terjangkau, namun penggunaan karpet nilon juga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

    Itulah beberapa jenis bahan karpet rumah yang paling umum dijumpai dipasaran. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk membeli salah satu jenis karpet tersebut?