BLANTERORBITv102

    Tips Merawat Lantai Kayu

    Senin, 23 Agustus 2021

    tips merawat lantai kayu

    Tips Merawat Lantai Kayu — Apakah, anda sedang bingung bagaimana cara merawat lantai kayu ?. atau kesulitan dalam menanganinya ?. Tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan memberi tips-tips beserta tatacara merawat lantai kayu.

    Tips merawat lantai kayu
    Lantai kayu atau istilah kerennya yaitu parket merupakan salah satu jenis bahan penutup lantai yang sudah sampai saat ini penggunaannya cukup banyak. Selain fungsinya sebagai penutup lantai, akan tetapi lantai kayu lebih bertujuan kepada estetika agar rumah tampak lebih alami dan mewah.

    Sama halnya dengan lantai keramik, lantai kayu pun memerlukan perawatan yang harus dilakukan dengan rutin. Sebab lantai kayu lambat laun akan memudar dari segi warnanya jika tidak di rawat secara teratur.

    Lantai kayu

    Lantai kayu memang sudah seharusnya di rawat dengan baik dan benar, banyak yang bisa kita lakukan atau cara agar lantai kayu tetap terjaga dari keawetan dan ketahanannya. 

    Dan cara tersebut cukup mudah melakukannya, sebab tidak memerlukan alat atau bahan yang merepotkan. Tidak perlu panjang lebar, ini dia simak ulasan berikut ini.

    Tips Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Merawat Lantai Kayu

    Membuat Jadwal Perawatan Pada Lantai Kayu

    Jadwal perawatan lantai kayu

    Dalam melakukan perawatan terhadap lantai kayu yang ada pada hunian anda, cara yang bisa anda lakukan yaitu melakukan penjadwalan, maksud dari penjadwalan ini,  anda harus menentukan berapa hari akan merawat atau membersihkan lantai kayu, bisa di lakukan dalam kurun waktu harian, mingguan hingga bulanan.

    Untuk merawarat lantai kayu harian, Anda bisa merawat lantai kayu dengan cara membersihkannya dari kotoran, debu dan zat tertentu yang tumpah ke lantai kayu dengan menggunakan alat seperti :

    • Vaccum cleaner
    • Alat pel lantai
    • Sapu
    • Kain
    Namun, perlu anda ingat ya, saat melakukan pengepelan sebisa mungkin untuk penggunaan air-nya tidak terlalu banyak, sebab jika ia lambat laun dapat merusak lantai kayu pada hunian anda 

    Lalu, bagaimana cara merawat lantai kayu dengan jangka waktu yang tahunan ? 

    Pada umumnya lantai kayu akan terlihat kusam setelah pemakaian yang sudah lama dipergunakan atau lebih tepatnya tahunan, akan tetapi jika lantai kayu terawat dengan baik dan benar maka tampilan lantai kayu akan tetap terjaga dan warnanya pun tidak akan cepat terlihat pudar meskipun telah melewati jangka waktu yang cukup lama.

    Baca Juga : Solusi Dan Cara Memperbaiki Lantai Kayu Yang Rusak

    Tetapi, jika lantai kayu memang sudah benar-benar terlihat sangat kusam Anda tidak perlu khawatir. Ada cara mengatasi hal tersebut dengan cara:

    • Coating

    Cara ini menjadi solusi mengatasi warna permukaan lantai kayu yang sudah benar-benar terlihat kusam. Untuk proses coating atau pembaharuan ulang ini bisa memanggil tenaga kerja ahli yang bisa mengerjakannya.

    Itulah tips merawat lantai kayu pada hunian anda. Namun disamping itu, ada juga cara alami yang bisa anda terapkan pada hunian anda. Untuk caranya sendiri terbilang cukup mudah yaitu pada pembahasan dibawah ini.    

    Menggunakan Bahan-bahan alami agar lantai kayu tetap mengkilap

    Bahan-bahan alami
     
     " Selain cara yang tadi sudah dijelaskan, Anda juga bisa membersihkan lantai kayu menggunakan bahan alami ketimbang bahan zat kimia pembersih lantai, untuk bahan alami tersebut yaitu : "

    • Baking Soda

    Baking soda terbukti mampu membersihkan noda berminyak pada lantai kayu.

    • Teh

    Sama halnya dengan baking soda, teh sangat bagus untuk perawatan lantai kayu, karena mampu mengangkat kotoran dan debu dari lantai.

    Baca Juga : Tips membersihkan lantai rumah agar terhindar dari wabah penyakit

    • Cuka

    Cuka juga menjadi suatu alternatif untuk membersihkan baik kotoran, debu dan minyak serta zat tertentu yang tertumpah ke lantai kayu.

    • Air Lemon

    Air lemon selain baik untuk kesehatan, tetapi air lemon juga bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai bahan untuk membersihkan segala kotoran yang menempel baik di lantai keramik maupun lantai kayu.

    Anda juga bisa menggunakan bahan alami lain yang dapat membuat lantai kayu mengkilap, bahan alami tersebut ialah:

    • Olive Oil

    Memang bisa menggunakan olive oil ini ? bukanya olive oil ini bisa menambah minyak ke lantai ?.

    Jelas tentu bisa, caranya dengan mencampurkan olive oil dengan cuka lalu di larutkan. Bersihkan lantai kayu dengan bahan campuran tersebut, lalu lihat hasilnya. 

    Sehingga lantai kayu tampak lebih mengkilap dari sebelumnya. Untuk melakukan cara merawat lantai kayu menggunakan bahan alami yaiut seperti penjelasan berikut ini. 

     Cara Merawat Lantai Kayu Menggunakan Bahan Alami 

    Cara merawat lantai kayu
     
    Banyak sekali tatacara merawat lantai kayu di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan alat-alat pembersih yang sudah kami jelaskan di atas dengan di tambah bahan alami sebagai pelengkap agar lantai kayu mudah di bersihkan serta akan terlihat mengkilap.

    Untuk itu, penting sekali rasanya dalam merawat lantai kayu sebab selain lantai kayu terlihat mengkilap, agar tampilan pada hunian anda pun terlihat lebih indah atau tetap menjaga keindahan setaip sudut ruangan pada hunian anda.

    Bahan yang akan kita ambil dan cukup mudah cara pengolahannya yaitu dengan menggunakan lemon dan beberapa bahaan lainnya.

    Bahan - Bahan Yang Harus Dipersiapkan

    • 60ml air lemon
    • 90ml minyak zaitun
    • 2ltr air panas

    Unutuk takaran di atas bisa Anda lakukan sendiri dengan menyesuaikan area lantai kayu di rumah.

    Langkah - Langkah Merawat Lantai Kayu Menggunakan Bahan Alami  

    • Siapkan tempat atau wadah seperti baskom, ember.
    • Campurkan air panas dengan air lemon, Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut langsung di dalam wadah.
    • Lalu, tuangkan minyak zaitun ke dalam campuran tadi.
    • setelah itu, Anda bisa langsung melakukan pembersihan area lantai kayu yang terlihat kotor.
    • Biarkan lantai kayu mengering dengan sendirinya.

    Apakah kita bisa melakukan perawatan pada lantai kayu menggunakan bahan lain? tentu bisa, ini dia tatacaranya:

    Cara merawat lantai kayu menggunakan bahan lain

    Maksud dari bahan lain yaitu menggunakan bahan yang mengandung zat kimia seperti detergen. Bahan ini bisa menjadi suatu alternatif membersihkan lantai kayu, tatacaranya hampir sama dengan cara membersihkan lantai keramik.

    Ini dia alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan:

    • Ember
    • Kain pel, di usahakan menggunakan kain pel yang khusus untuk lantai kayu.
    • Kain
    • Teak oil
    • Detergen

    Cara pakai

    •  Larutkan detergen ke dalam ember yang berisi air hangat.
    • Celupkan kain pel ke dalam ember yang sudah berisi campuran air hangat dan detergen, lalu peras kain pel tersebut.
    •  setelah itu, usapkan kain pel ke lantai kayu secara merata.
    • Tunggu beberapa saat sampai lantai kayu benar-benar kering.
    • Dan yang terakhir, agar lantai kayu terlihat lebih bersih dan mengkilap Anda bisa menggunakan teak oil, caranya, gunakan kain yang telah di beri teak oil lalu usapkan ke lantai kayu.
     *Kesimpulan

    Rawatlah lantai kayu dengan bijak selayaknya Anda merawat lantai keramik sebelumnya, dikarenakan lantai kayu harganya cukup mahal, alangkah lebih baiknya kita merawat serta menjaga lantai kayu tersebut agar terlihat selalu bersih dan tahan lama.

    *Penutup

    Baik, itulah dia tips beserta tatacara merawat lantai kayu, kami harap artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan Terimakasih.