BLANTERORBITv102

    Mengenal Kutu Kayu Beserta Cara Membasminya

    Rabu, 07 Juni 2023
    Tips membasmi kutu kayu

    Tips membasmi kutu kayu – Berbicara soal hama yang sering menyerang material kayu, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada rayap bukan?

    Serangga mungil yang satu ini memang selalu menyerang semua perabotan maupun furniture berbahan kayu. Tak hanya rayap, ternyata masih ada lagi jenis serangga perusak kayu lainnya yang juga tak kalah ganas dari rayap lho.

    Ya, serangga yang dimaksud adalah kutu kayu. Mungkin masih ada sebagian dari kita yang belum tahu dengan jenis hama kayu yang satu ini.

    Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seluk beluk seputar kutu kayu.  Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

    Apa Itu Kutu Kayu?

    Meski dinamai kutu kayu, nyatanya serangga ini tidak selalu hinggap pada semua material yang berbahan kayu.

    Biasanya, kutu kayu banyak dijumpai di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Bahkan, kutu kayu juga kerap ditemui pada tumpukan sampah, di bawah bebatuan, tumpukan sampah daun, hingga gorong-gorong.

    Apa Itu Kutu Kayu?

    Dalam bahasa ilmiahnya, kutu kayu disebut dengan istilah Krustasea atau Isopoda, dimana ia memiliki ciri fisik yang berbeda dengan rayap. Ia tampil dengan rangka luar berukuran panjang seperti kecoa, serta memiliki tekstur keras dengan 14 anggota badan bersendi yang tampak terlihat tersusun rapi.

    Pergerakan kutu kayu juga sangatlah lambat, serta lebih aktif dimalam hari ketimbang di siang hari. Ketika disentuh dengan tangan manusia, maka kutu kayu ini akan menggulungkan badan dengan bentuk bulat seperti bola.

    Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melindungi diri karena bagian punggungnya mempunyai tekstur keras. Keberadaan kutu kayu tentunya tidak boleh dianggap remeh.

    Bahaya yang Ditimbulkan Oleh Kutu Kayu

    * Merusak Semua Furniture yang Berbahan Kayu

    Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar perabotan yang ada dirumah itu terbuat dari bahan kayu.

    kutu kayu Merusak Semua Furniture yang Berbahan Kayu

    Seperti halnya rayap, dimana kutu kayu juga kerap menyerang furniture yang berbahan kayu. Terlebih untuk furniture yang berada di ruangan lembab seperti dapur, sehingga membuatnya menjadi sasaran empuk bagi kawanan kutu kayu.

    Baca juga: Woodplank: Si Material Sintetis Pengganti Kayu Asli

     * Merusak Struktur Rumah

    Tak hanya merusak perabotan yang berbahan kayu, kutu kayu juga berpotensi merusak struktur rumah yang bahannya terbuat dari kayu.

    kutu kayu Merusak Struktur Rumah

    Terdapat beberapa elemen rumah yang materialnya terbuat dari bahan kayu, seperti kusen jendela, pintu, meja, dan lain sebagainya.

    Apabila gerombolan kutu kayu ini sampai menyerap bagian kusen, tentu saja dapat merusak struktur bangunan hingga membuatnya roboh.

    Jika bagian kusen yang dimakan masih terbilang sedikit, maka segera basmi kawanan kutu kayu ini agar tidak menyerang lebih dalam lagi.

    * Menyebabkan Iritasi dan Gatal-gatal

    Dampak berikutnya yang bisa ditimbulkan dari serangan kutu kayu, yakni memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Ya, ketika kutu ini sampai bersarang di tempat tidur, maka kulitmu akan terasa gatal-gatal dan kemerahan akibat gigitannya.

    kutu kayu Menyebabkan Iritasi dan Gatal-gatal

    Bahkan yang lebih gawatnya lagi, ada kemungkinan kawanan kutu kayu tersebut akan masuk ke tubuhmu melalui lubang hidung dan telinga saat tertidur.

    Mengingat dampaknya yang cukup berbahaya, maka sudah menjadi keharusan bagi setiap pemilik rumah untuk mengetahui cara membasmi kutu kayu.

    Bagaimana Cara Membasmi Kutu Kayu?

    Setelah mengetahui profil kutu kayu, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai cara membasmi kutu kayu.

    Adapun mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu seperti di bawah ini:

    1. Menggunakan Obat Anti Serangga

    Menggunakan Obat Anti Serangga

    Penggunaan obat anti serangga merupakan salah satu cara yang paling simple dan efektif dalam membasmi kutu kayu. Ya, obat yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membasmi semua jenis hama kayu, seperti rayap, teter, kumbang kayu, hingga kutu kayu.

    Artikel Terkait: Ini Dia Beberapa Merk Obat Anti Rayap Terbaik yang Paling Recommended

    2. Pastikan Ruangan Rumah Tidak Terlalu Lembab

    Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kutu kayu itu lebih suka hidup di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

    Pastikan Ruangan Rumah Tidak Terlalu Lembab

    Sehingga tak heran jika kutu kayu akan memilih material kayu sebagai tempat berlindung. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga tingkat kelembaban udara pada setiap ruangan rumah.

    Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa lakukan untuk menjaga tingkat kelembaban pada rumah. Salah satunya dengan membuka jendela di pagi hari agar sinar matahari masuk, sehingga suhu ruangan didalam rumah tidak akan terlalu lembab.

    Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan alat yang berupa dehumidifier untuk menjaga tingkat kelembaban didalam ruangan rumah. Namun, harga alat yang satu ini memang cukup mahal.

    3. Selalu Membersihkan Rumah Secara Rutin

    Selain suhu ruangan, ternyata tingkat kebersihan juga menjadi salah satu faktor yang dapat mengundang kawanan kutu kayu. Rumah yang jarang dibersihkan tentu saja akan menjadi tempat favoritnya bagi para kawanan kutu kayu.

    Selalu Membersihkan Rumah Secara Rutin

    Terlebih jika kondisi ruangan yang lembab, sehingga akan membuat kutu kayu semakin betah dan berkembang biak dengan cepat lho. 

    Maka dari itu, kamu harus selalu memperhatikan tingkat kebersihan dalam rumah. Bersihkan semua sampah-sampah yang tampak berserakan.

    Jika banyak benda atau perabotan yang tidak terpakai, segera pindahkan ke area gudang agar tidak dijadikan tempat bersarang bagi koloni kutu kayu.

    Baca juga: Tips membersihkan lantai rumah agar terhindar dari wabah penyakit

    4. Perhatikan Celah yang Ada di Rumah

    Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu, yakni pastikan tidak ada celah di area rumah.

    Perhatikan Celah yang Ada di Rumah

    Apabila secara kebetulan di rumahmu itu ada ventilasi, maka lapisi dengan kawat saringan berukuran kecil agar tidak mengganggu sirkulasi udara sekaligus untuk mencegah masuknya kawanan kutu kayu.

    Bukan hanya itu, pastikan juga pada bagian bawah jendela maupun pintu tidak celah agar kutu kayu tidak masuk melalui area tersebut.

    Itu dia penjelasan singkat mengenai kutu kayu beserta cara membasminya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.