BLANTERORBITv102

    Woodplank: Si Material Sintetis Pengganti Kayu Asli

    Rabu, 17 Mei 2023

     

    Material woodplank

    Material woodplank – Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menciptakan inovasi terhadap berbagai aspek. Begitu pun dalam bidang konstruksi bangunan, yang mana saat ini telah hadir beragam jenis material sintetis.

    Menariknya lagi, ada beberapa jenis material sintetis yang diklaim dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti kayu asli lho. Ya, salah satunya adalah material woodplank.

    Lalu, woodplank itu apa sih? Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar material woodplank, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Mengenal Woodplank

    Mengenal Woodplank

    Perlu diketahui, woodplank adalah material sintetis yang memiliki tampilan finishing menyerupai kayu asli. Adapun bahan woodplank yang terbuat dari campuran semen dengan berbagai bahan kimia lainnya, kemudian diproses sedemikian rupa hingga bentuknya seperti lempengan-lempengan atau papan.

    Keunggulan Material Woodplank:

    * Daya Tahannya Cukup Bagus

    Tak seperti material kayu asli, yang mana Woodplank tidak mudah terbakar sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

    Bukan hanya itu, bahkan Woodplank juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap lho. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari campuran bahan semen. Dengan menggunakan Woodplank, tentu saja anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan ekstra.

    * Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

    Selain memiliki tingkat ketahanan yang bagus, proses pemasangan Woodplank ini terbilang cukup mudah. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat melakukan proses pemasangan Woodplank.

    Bagaimana tidak? kamu hanya tinggal langsung memasangnya ke material lain, seperti metal, baja, hingga rangka yang berbahan kayu asli.

    Walaupun terbilang mudah, ada baiknya proses pemasangan Woodplank tetap dikerjakan oleh orang yang memang ahli dalam bidangnya. Menariknya lagi, Woodplank tidak memiliki kandungan asbes yang membahayakan sehingga aman digunakan dan ramah lingkungan.

    Baca juga: Yuk, Kita Intip Fungsi Material Conwood & Jenis-jenisnya

    * Mampu Menghadirkan Kesan Natural dan Mewah

    Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Woodplank tampil dengan bentuk yang menyerupai kayu asli. 

    Tak hanya dari bentuk, bahkan warna dan pola serat Woodplank dibuat mirip dengan kayu asli. Agar tampilannya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan lapisan cat yang berbahan air pada woodplank.

    Selain memperindah tampilannya, pemberian lapisan cat juga menjadi perlindungan bagi woodplank agar tahan terhadap berubahan cuaca ekstrim.

    Kekurangan Material Woodplank:

    * Bobotnya yang Terbilang Berat

    Salah satu kekurangan dari Woodplank yang harus kamu ketahui, yaitu memiliki bobot yang lebih berat dari kayu. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari bahan campuran semen.

    Sebelum menggunakan Woodplank, maka kamu harus memastikan dulu bahwa bagian rangkanya memiliki tingkat kekuatan yang mumpuni.

    Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya proses pemasangan Woodplank dilakukan oleh jasa tukang yang memang ahli dibidangnya.

    * Tidak Terlalu Tahan Terhadap Benturan Keras

    Meski tingkat kekuatan dan keawetan woodplank sangat mumpuni, nyatanya ia tidak terlalu tahan terhadap benturan oleh benda-benda berat.

    Selain itu, woodplank juga rentan terhadap goresan sehingga kamu tidak boleh menyimpan benda-benda tajam yang berdekatan dengan material woodplank.

    Bukan hanya itu, kekurangan berikutnya dari woodplank adalah membutuhkan pengecatan ulang yang dilakukan secara berkala.

    Jika tidak dilakukan pengecatan ulang secara berkala, maka jangan heran jika tampilan woodplank tersebut akan terlihat kusam sehingga tidak enak dilihat.

    Woodplank Digunakan Untuk Apa Saja?

    Setelah mengetahui seluk-beluk woodplank, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai penggunaan material woodplank. Adapun penggunaan woodplank yang paling umum seperti di bawah ini:

    1. Woodplank Untuk Lantai Parket Indoor

    Woodplank Untuk Lantai Parket Indoor

    Jika harga lantai parket kayu solid dirasa terlalu mahal, maka penggunaan woodplank ini merupakan pilihan paling tepat.

    Pasalnya, woodplank menawarkan harga yang lebih murah dan mengusung motif seperti kayu asli. Dengan menggunakan lantai woodplank, tentunya tampilan ruangan rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

    Baca juga: Deretan Jenis Kaca yang Cocok Dijadikan Lantai

    2. Woodplank Untuk Parket Outdoor (Decking)

    Woodplank Untuk Parket Outdoor (Decking)

    Pada dasarnya, lantai parket dengan decking itu masih produk yang serupa. Namun, perbedaan lantai parket dengan decking hanya terdapat pada penempatannya saja.

    Jika lantai parket hanya diaplikasikan untuk pemasangan di area indoor, maka pemasangan decking bisa diaplikasikan di area outdoor.

    3. Woodplank Untuk Panel Dinding

    Woodplank Untuk Panel Dinding

    Bagi kamu yang sudah merasa bosan dengan tampilan dinding yang standar-standar saja, maka sudah saatnya untuk menggunakan woodplank. Pasalnya, woodplank dapat dijadikan panel dinding yang akan menciptakan kesan natural dan mewah di dalam hunian.

    4. Woodplank Untuk Pagar dan Pijakan Tangga

    Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan besi hollow sebagai bahan untuk dijadikan railing pagar karena dinilai lebih kuat. 

    Woodplank Untuk Pagar dan Pijakan Tangga

    Akan tetapi, secara tampilan pagar besi hollow ini memang terkesan kurang berestetika. Oleh karena itu, pagar dari bahan woodplank merupakan alternative terbaik untuk meningkatkan nilai estetika pada hunian.

    Selain dijadikan pagar, material woodplank juga bisa kamu aplikasikan sebagai anak tangga atau pijakan tangga. Selain dapat memperindah hunian, bahkan tangga woodplank mempunyai tekstur yang kesat sehingga mampu meminimalisir risiko terpeleset.

    5. Woodplank Untuk Plafon

    Langit-langit atau plafon kerap kali menjadi salah satu area rumah yang terabaikan. Sehingga area yang satu ini kurang mendapatkan sentuhan dekorasi dari si pemilik rumah.

    Woodplank Untuk Plafon

    Padahal, area plafon juga memiliki pengaruh besar terhadap tingkat keindahan dan kenyamanan dalam hunian lho. Maka dari itu, sudah saatnya bagi kamu menggunakan plafon woodplank untuk mempercantik tampilan interior rumah.

    Baca Juga: Mari Berkenalan Dengan Material Plafon GRC

    Berapakah Harga Woodplank?

    Harga woodplank di pasaran memang cukup bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukuran ketebalannya. Semakin tebal ukuran, maka semakin mahal pula harga dari woodplank tersebut. Adapun mengenai harga woodpank yang terbarunya seperti berikut:

    • Woodplank Elephant ukuran 4.050 mm x 10 cm x 8 mm: Rp 36.000 per batang (motif polos)
    • Woodplank Elephant ukuran 4.050 mm x 10 cm x 8 mm: Rp 36.000 per batang (motif urat kayu)
    • Woodplank Elephant ukuran 4.050 mm x 20 cm x 8 mm: Rp 64.000 per batang (motif polos)
    • Woodplank Elephant ukuran 4.050 mm x 20 cm x 8 mm: Rp 64.000 per batang (motif urat kayu)
    • Woodplank Elephant ukuran 4.050 mm x 30 cm x 8 mm: Rp 89.000 per batang (motif polos)
    • Woodplank Elephant ukuran 4.050 mm x 30 cm x 8 mm: Rp 89.000 per batang (motif polos)

    Itu dia penjelasan singkat mengenai material woodplank, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

    Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan material woodplank?