BLANTERORBITv102

    Mari Berkenalan Dengan Material Plafon GRC

    Rabu, 10 Mei 2023

     

    material plafon GRC

    Plafon grc – Dalam proses pembangunan sebuah rumah, tentunya area langit-langit menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan.

    Pasalnya, area tersebut juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan dan keindahan hunian. Ada berbagai jenis material plafon yang diaplikasikan sebagai pelapis area langit-langit.

    Tentunya pada setiap jenis material plafon tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seperti halnya plafon GRC yang mempunyai ciri khasnya tersendiri.

    Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar material GRC, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Mengenal Material GRC

    GRC atau Glass Reinforced Concrete merupakan lembaran-lembaran menyerupai triplek yang komposisinya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi, semen, beton dan berbagai bahan kimia lainnya.

    Mengenal Material GRC

    Tak seperti beton biasa, yang mana material GRC mempunyai fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip. Kendati demikian, daya tahan dari meterial GRC ini tidak kalah kuatnya dengan beton. Bahkan, material GRC lebih mudah diaplikasikan yang sesuai jenis kaca dekoratif.

    Keunggulan Material GRC:

    * Tahan Air dan Lembab

    Kelebihan pertama dari GRC board yang harus kalian ketahui, yakni tahan terhadap air. Tak hanya itu, bahkan plafon yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap kelembapan.

    Dengan demikian, maka tak heran jika material GRC selalu diandalkan untuk area-area yang basah dan lembap seperti kamar mandi serta dapur. Menariknya lagi, plafon kayu pun sangat ideal diaplikasikan pada area semi outdoor rumah.

    * Daya Tahan yang Cukup Baik

    Menurut informasi yang didapat, penggunaan plafon GRC board mampu bertahan hingga 25 tahun. Hal itu bukan tanpa alasan, karena GRC tahan terhadap air dan kelembapan. Disamping kokoh dan tahan lama, harga GRC juga tergolong cukup murah.

    Adapun mengenai harga GRC yang dibanderol dengan kisaran Rp 55 ribu – Rp 60 ribu untuk ukuran paling kecil, yakni 1,2 m x 2,4 m dengan ketebalan mencapai 4 mm.

    Baca Juga: Deretan Jenis Kaca yang Cocok Dijadikan Lantai

    * Proses Pemasangan yang Simpel

    Selain tahan terhadap air dan kelembapan, GRC juga sangat mudah dibentuk. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan saat proses pemasangan plafon GRC. Pasalnya, material GRC memiliki sifat yang lentur karena terbuat dari bahan serat-serat fiberglass.

    Kekurangan GRC Board:

    Dari berbagai kelebihan yang dimilikinya, material GRC juga memiliki beragam kekurangan yang harus diketahui. Meski proses pemasangannya dinilai mudah, namun saat pemasangan fiberglass harus dilakukan secara akurat.

    Bukan hanya itu, material GRC juga rentan terhadap keretakan saat proses instalasi. Oleh karenanya, pemasangan GRC harus dilakukan dengan benar dan hati-hati.

    Atau, keretakkan tersebut juga bisa terjadi karena baut yang terlalu keras. Adapun mengenai beberapa kelemahan yang umumnya terjadi pada material GRC seperti berikut:

    • Selalu mengalami retak pada setiap koneksi
    • Bisa menghabiskan banyak confound, sehingga kepala bautnya tidak bisa ditutup dengan baik
    • Proses instalasi yang tergolong cukup sulit, dan bisa memakan waktu yang lama
    • Slaughter yang cukup rumit karena harus dipotong dengan bantuan alat berupa gerinda
    • Pola produk yang telah terbatas.

    Dari segi tampilan, GRC board memang tampak mirip dengan gypsum. Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi pembeda diantara GRC dengan gypsum.

    Baca Selengkapnya: Tampak Serupa, Ini 5 Perbedaan Gypsum dengan GRC Board

    Fungsi GRC Dalam Konstruksi Bangunan

    Tak hanya diaplikasikan sebagai plafon, ternyata material GRC juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan interior maupun eksterior bangunan lho.

    1. Partisi GRC

    Partisi GRC
    Pada umumnya, material GRC sering diapikasikan sebagai partisi atau sekat antar ruangan di perkantoran. 

    Meski demikian, GRC juga bisa diaplikasikan untuk pembuatan partisi atau sekat dengan beragam bentuk ornament sesuai kebutuhan interior rumah. Dalam hal ini, kamu dapat menggabungkan material GRC dengan balok kayu sebagai penopangnya.

    2. Lisplang GRC

    Apakah diantara kamu ada yang tahu tentang lisplang? Lisplang atau list plank merupakan sebuah tepian atap bangunan yang berfungsi untuk menyembunyikan struktur atap agar tampilannya tampak lebih rapih dan indah.

    Lisplang GRC

    Lisplang yang berbahan GRC mempunyai sifat tahan terhadap perubahan cuaca, ringan, dan kokoh. Pada umumnya, lisplang yang berbahan GRC tersebut dirancang dengan desain sederhana untuk rumah bergaya modern.

    3. Pelapis Lantai GRC

    Pelapis Lantai GRC

    Dikarenakan material GRC memiliki tekstur permukaan yang halus, tahan rayap, bebas asbestos, dan nyaman, tentu saja membuatnya sangat ideal dijadikan sebagai penutup lantai. Untuk finishingnya, kamu pun bisa menggunakan lantai parket kayu, vinyl, keramik, granit, marmer, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Mau Gunakan Lantai SPC? Perhatikan Kualitasnya

    4. Cubicle Toilet GRC

    Cubicle Toilet GRC
    Foto@Cubicle Toilet

    Masih jarang yang tahu bahwa material GRC bisa diaplikasian sebagai cubicle toilet. Ya hal itu dikarenakan material GRC yang sifatnya tahan terhadap kelembapan, sehingga sangat ideal dijadikan sebagai partisi untuk cubicle toilet.

    5. Plafon GRC

    Plafon GRC

    Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa penggunaan plafon GRC mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Pasalnya, plafon GRC memiliki sifat yang fleksibel sehingga membuatnya mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

    Nah, buat kamu yang ingin tahu informasi seputar jenis-jenis plafon yang lainnya, silahkan klik tautan berikut -> Review Jenis-Jenis Plafon Terbaik

    Sebenarnya masih banyak lagi fungsi GRC untuk konstruksi bangunan yang belum sempat dibahas. Namun, pada umumnya material GRC selalu diaplikasikan untuk kebutuhan-kebutuhan seperti diatas tadi. 

    Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan plafon GRC?