BLANTERORBITv102

    Deretan Jenis Kaca yang Cocok Dijadikan Lantai

    Rabu, 03 Mei 2023

     

    Jenis lantai kaca

    Jenis lantai kaca – Seperti yang sudah diketahui bahwa material kaca itu umumnya kerap diaplikasikan pada jendela rumah. Ya, hal ini dikarenakan kaca memiliki sifat transparan, sehingga dapat menyalurkan sinar matahari ke dalam rumah.

    Meski demikian, ternyata kaca juga bisa diaplikasikan sebagai lantai lho. Biasanya lantai yang berbahan kaca sering kita temui di pusat perbelanjaan, mall, dan bangunan-bangunan komersil lainnya.

    Akan tetapi, jenis kaca yang digunakan untuk lantai tentunya tidaklah sembarangan. Dengan kata lain, hanya jenis-jenis kaca tertentu saja yang dinilai cocok dijadikan sebagai pelapis lantai.

    Lantas, jenis kaca seperti apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    6 Jenis Kaca Paling Kuat Untuk Lantai

    1. Kaca Laminated (Laminasi)

    Jenis kaca pertama yang memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan mumpuni, yakni berupa kaca laminated atau laminasi.

    6 Jenis Kaca Paling Kuat Untuk Lantai - kaca laminated

    Pada umumnya, kaca laminated sudah dibekali dengan 2 lapisan kaca dan 1 lapis PVB (polyvinyl butyral). Bukan hanya itu saja, jenis kaca yang satu ini juga memiliki lapisan interlayer film pada bagian tengahnya. 

    Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan dan ketahanan kaca laminated berada diatas rata-rata jenis kaca lainnya.

    Tak hanya diaplikasikan sebagai lantai, kaca laminated juga biasanya sering diaplikasikan untuk material kaca depan pada mobil-mobil jenis terbaru. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kaca laminated tidak mudah mengalami pecah.

    Seandainya terjadi benturan yang sangat keras, kaca laminated hanya akan mengalami retak saja dan tidak pecah.

    Jika kamu ingin menggunakan kaca laminated sebagai lantai, maka rangka tumpuannya harus terbuat dari tulang beton atau baja agar strukturnya lebih kuat.

    Baca juga: Laminate Flooring, Alternatif Terbaik Pengganti Parket Solid

    2. Kaca Tempered

    Selain kaca laminated, kaca tempered juga merupakan salah satu jenis kaca paling kuat yang cocok diaplikasikan sebagai lantai hunian.

    Kaca Tempered

    Apabila kaca laminated akan mengalami retak, maka kaca tempered bisa pecah berkeping-keping saat terjadi benturan keras. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pecahan kaca tersebut tidaklah tajam sehingga tidak akan membahayakan.

    Menurut para ahli bangunan, menyebutkan bahwa penggunaan kaca tempered untuk lantai harus didukung dengan balok baja yang menggunakan dudukan khusus.

    3. Kaca Crystal

    Berbicara soal jenis lantai kaca yang bersih dan bening, maka jenis Kaca Crystal adalah jawabannya. Ya, sesuai dengan julukannya, yang mana jenis kaca ini memang memiliki tampilan visual sebening kristal.

    Kaca crystal
    foto@ARS blogging

    Biasanya, jenis kaca crystal kerap diaplikasikan sebagai lantai kolam ikan yang berada di tengah rumah. Dengan menggunakan Kaca Crystal, secara otomatis tampilan rumahmu akan terkesan lebih mewah dan elegan.

    4. Kaca Glasstone

    Kaca glasstone

    Pada dasarnya, jenis Kaca glasstone memiliki warna yang cenderung netral sehingga membuatnya cocok dipadukan dengan interior desain rumah apa saja.

    Tak hanya itu, jenis kaca yang satu ini juga cukup tebal dan kokoh. Tentu saja kaca glasstone sangat ideal dijadikan sebagai material pelapis lantai rumah.

    5. Kaca Tekstur

    Kaca Tekstur

    Ini dia salah satu jenis kaca yang memang paling umum digunakan sebagai material pelapis lantai. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kaca tekstur memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat baik.

    Akan tetapi, permukaan pada jenis kaca yang satu ini memiliki sifat licin. Kabar baiknya, kaca tekstur sudah dilengkapi dengan teknologi anti slip sehingga membuatnya tidak akan licin saat kamu berpijak diatasnya.

    6. Kaca Acid

    Kaca Acid

    Jenis kaca terbaik berikutnya yang cocok diaplikasikan sebagai lantai hunian, yakni berupa Kaca Acid. Namun sayang, tingkat kejernihan pada kaca Kaca Acid ini memang tidak terlalu maksimal karena dibuat tidak menerawang.

    Nah, karena hal tersebutlah yang membuat Kaca Acid lebih cocok diaplikasikan sebagai lantai untuk pijakan tangga.

    Artikel menarik lainnya: Contoh Pemasangan Lantai Parket Kayu Pada Pijakan Tangga

    Beragam Tips Memasang Lantai Kaca

    Beragam Tips Memasang Lantai Kaca

    Setelah mengetahui jenis-jenis kaca yang cocok dijadikan lantai, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai berbagai tips memasang lantai kaca seperti dibawah ini:

    * Tentukan Jenis Kaca yang Tepat

    Sepeti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa setiap jenis kaca itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Itu artinya, tidak semua jenis kaca bisa kamu aplikasikan sebagai lantai rumah.

    Jika ingin menggunakan lantai kaca, sebaiknya pilih jenis kaca tempered yang ukuran tebalnya mencapai 20 mm. Selain itu, pastikan penggunaan kaca temperednya sebanyak 2 sampai 3 lembar agar lebih kokoh saat dipijak.

    * Gunakan Rangka yang Kuat

    Penggunaan kaca sebagai lantai tentunya harus ditopang oleh rangka yang kuat. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menggunakan rangka yang berbahan baja karena sudah terbukti kokoh.

    Bahkan yang lebih menariknya lagi, kaca tempered dengan rangka baja dapat membentuk persegi yang sangat mirip dengan bentuk lantai. Tak hanya indah, bahkan perpaduan kedua material tersebut juga dapat memberikan tingkat ketahanan yang maksimal.

    Baca Juga: Fungsi Plint Lantai dan Jenis-jenisnya yang Harus Diketahui

    * Lapisi Dengan Fitur Anti Slip dan Karet

    Sebenarnya ada beberapa jenis kaca yang tekstur permukaannya bersifat licin. Oleh karena itu, kaca tersebut harus dilapisi dengan fitur anti slip agar tidak licin saat kakimu berpijak diatasnya.

    Selain fitur anti slip, lantai kaca juga harus disisipkan karet di antara kaca dengan bagian rangka bajanya. Mengapa harus demikian?

    Hal tersebut bertujuan agar dapat mencegah terjadinya keretakan pada lantai kaca yang digunakan. Pasalnya, keretakan lantai kaca disebabkan sering terjadi getaran.

    Berapakah Harga Kaca Tempered?

    harga kaca tempered

    Mengingat kaca tempered memiliki kualitas yang paling bagus diantara jenis kaca lainnya, secara otomatis harga yang ditawarkannya pun akan lebih mahal.

    Perlu diketahui, harga kaca tempered akan dibedakan yang berdasarkan ukuran ketebalan. Semakin tebal ukurannya, maka akan semakin mahal pula harga kaca tempered tersebut.

    Adapun mengenai daftar harga kaca tempered yang terbarunya seperti di bawah ini:

    • Tempered glass clear – ukuran 5 mm: Rp 230 ribu / meter persegi
    • Tempered glass clear – ukuran 6 mm: Rp 271 ribu / meter persegi
    • Tempered glass clear – ukuran 8 mm: Rp 335 ribu / meter persegi
    • Tempered glass clear – ukuran 10 mm: Rp 408 ribu / meter persegi
    • Tempered glass clear – ukuran 12 mm: Rp 455 ribu / meter persegi
    • Tempered glass laminated – ukuran 5 mm: Rp 331 ribu / meter persegi
    • Tempered glass laminated – ukuran 6 mm: Rp 342 ribu / meter persegi
    • Tempered glass laminated – ukuran 8 mm: Rp 558 ribu / meter persegi
    • Tempered glass laminated – ukuran 10 mm: Rp 739 ribu / meter persegi
    • Tempered glass laminated – ukuran 12 mm: Rp 795 ribu / meter persegi

    Baca juga: Harga Lantai Kayu Parket

    Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kaca untuk lantai beserta daftar harga terbarunya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membelinya.

    Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menggunakan lantai kaca?