BLANTERORBITv102

    Tampak Serupa, Ini 5 Perbedaan Gypsum dengan GRC Board

    Rabu, 05 April 2023

     

    Perbedaan gypsum dan grc

    Perbedaan gypsum dan grc – Sebagian besar masyarakat memang sudah tidak asing lagi dengan sebuah material yang bernama gypsum. Ya, biasanya material yang satu ini kerap digunakan sebagai penutup langit-langit (plafon) dan dijadikan pelapis dinding.

    Lalu, bagaimana dengan GRC board? Meski belum sepopuler gypsum, lambat laun GRC board mulai banyak diminati untuk menunjang kebutuhan instalasi plafon dan juga dinding.

    Akan tetapi, sekilas tampilan GRC board hampir mirip dengan gypsum. Nah, karena hal ini yang kerap membuat masyarakat bingung dalam membedakan gypsum dengan GRC board.

    Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan gypsum dan GRC board agar tidak salah pilih. Biar lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Gypsum Vs GRC Board

    1. Perbedaan Bahan Baku

    Gypsum:

    Bahan Baku gypsum

    Kabarnya, bahan utama yang digunakan pada proses pembuatan gypsum itu berupa kalsium sulfat. Bahan tersebut biasanya diperoleh dengan cara ditambang dari dalam tanah, serta mempunyai kandungan kristal air sekitar 20 persen.

    Sebelum diolah, maka material gypsum akan melalui tahap penghancuran dan pengeringan terlebih dulu. Setelah itu, barulah diberi tambahan air dan beragam jenis bahan lainnya hingga tercipta sebuah material yang bernama Plaster Paris.

    Pada tahap selanjutnya, plaster paris tersebut akan dijepit menggunakan alat khusus sampai bentuknya menjadi seperti papan gypsum.

    GRC Board:

    bahan baku GRC Board

    Istilah GRC atau Glass Reinforced Concrete  yang komposisi materialnya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi, lalu dikombinasikan dengan campuran semen, beton dan sebagainya.

    Tak seperti beton pada umumnya, yang mana material GRC mempunyai fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip. Kendati demikian, daya tahan dari meterial GRC ini tidak kalah kuatnya dengan beton. Bahkan, material GRC lebih mudah diaplikasikan yang sesuai jenis kaca dekoratif.

    Baca juga: Kenali Jenis-jenis Bahan Karpet Rumah Sebelum Menggunakannya

    2. Perbedaan Tingkat Ketahanan

    Perbedaan Tingkat Ketahanan

    Sebenarnya tingkat ketahanan GRC Board ini bisa dibilang lebih bagus ketimbang gypsum. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, GRC Board terbuat dari bahan papan semen fiber glass yang memang terbukti tahan terhadap air maupun kelembapan.

    Lain halnya dengan gypsum yang mana daya tahannya lebih rendah dari GRC Board. Itu sebabnya, mengapa gypsum hanya cocok diaplikasikan untuk plafon saja. Sedangkan GRC Board bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, seperti plafon, lisplang, kubah, dinding, dan masih banyak lagi.

    3. Perbedaan Tingkat Perawatan

    Perbedaan Tingkat Perawatan

    Tentunya setiap jenis material bangunan itu memerlukan proses perawatan yang tepat untuk menjaga daya tahannya. Begitu pun dengan GRC Board dan gypsum yang tentunya membutuhkan perawatan tersendiri.

    Dari segi perawatan, GRC Board ini dinilai lebih praktis ketimbang plafon gypsum. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material GRC Board yang lebih kuat dari plafon gypsum. Itu sebabnya, mengapa penggunan plafon gypsum membutuhkan perhatian ekstra karena ia tidak terlalu tahan terhadap air.

    Baca juga: Perbandingan Antara Lantai Keramik dan Lantai Kayu

    4. Perbedaan Proses Pemasangan

    Sejatinya material gypsum mempunyai sifat yang tidak terpengaruh oleh temperatur ruangan. Meski demikian, gypsum memiliki kelemahan yang tidak tahan terhadap air dan serangan rayap.

    Tak seperti GRC Board yang tahan terhadap air maupun rayap, sehingga ia cocok diaplikasikan dimana saja. Mengingat bahan material yang digunakannya berbeda, tentu saja proses pemasangan GRC Board dengan gypsum ini juga akan berbeda pula.

    Perbedaan Proses Pemasangan

    Untuk proses pemasangannya, plafon GRC Board memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Sedangkan proses pemasangan plafon gypsum lebih singkat dan cepat.

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena bobot plafon gypsum yang lebih ringan dibanding GRC Board. Berbeda dengan proses pemasangan GRC Board yang harus dilakukan secara teliti dan hati-hati, sehingga dapat memakan waktu yang cukup lama.

    5. Perbedaan Harga

    Perbedaan beirkutnya yang harus kamu ketahu diantara GRC Board dengan gypsum, yakni dari segi harga. Mengingat kualitas GRC yang lebih baik, maka tak heran jika harganya sedikit lebih mahal dari harga gypsum.

    Perbedaan Harga

    Meski menawarkan harga yang lumayan mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan kualitas GRC Board yang begitu mumpuni. Tentu saja GRC Board merupakan pilihan paling tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan plafon dengan kualitas super.

    Jika budgetmu memang terbatas, maka penggunaan plafon gypsum merupakan pilihan bijak. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat harga plafon gypsum yang lebih murah dibanding GRC Board.

    Artikel Menarik Lainnya: Ternyata Harga Lantai Kayu Jati Cukup Terjangkau

    Itu dia penjelasan singkat mengenai beberapa perbedaan antara gypsum dengan GRC board. Jadi, kamu lebih tertarik untuk menggunakan gypsum atau GRC board?