BLANTERORBITv102

    Berikut Cara Membasmi & Mencegah Rayap Pada Parket Lantai

    Rabu, 31 Mei 2023
    Cara membasmi rayap parket

    Cara membasmi rayap parket – Penggunaan lantai parket kian hari semakin banyak peminatnya. Ya, hal ini dikarenakan lantai parket kayu dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural.

    Pada dasarnya, lantai parket kayu terdiri kedalam dua tipe yang berbeda, yaitu parket kayu solid dan parket sintetis. Dari segi kualitas, parket kayu solid memang jauh lebih bagus ketimbang parket kayu sintetis.

    Akan tetapi, parket kayu solid membutuhkan perawatan khusus karena kerap dihadapkan pada berbagai permasalahan. Seperti halnya serangan rayap yang bisa menggerogoti struktur parket hingga keropos.

    Tapi kamu tak perlu khawatir, karena di ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara membasmi dan mencegah rayap pada parket lantai.

    Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    7 Tips Membasmi & Mencegah Rayap

    1. Segera Perbaiki Parket Ketika Terjadi Kerusakan

    Sekecil apapun kerusakan yang terjadi pada lantai parket, disarankan untuk segera langsung memperbaikinya. Mengapa demikian?

    Segera Perbaiki Parket Ketika Terjadi Kerusakan

    Pasalnya, kerusakan kecil tersebut dapat menimbulkan uap air yang membuat  kondisi parket menjadi lembab di bagian celahnya. Nah, celah lembab tersebutlah yang nantinya akan menjadi sarang rayap.

    Apabila rayap sudah bersarang disana, maka jangan harap jika lantai parket milikmu itu akan berumur panjang. Oleh karena itu, jangan menganggap sepele kerusakan kecil pada lantai parket.

    Baca juga: Tips Memilih Lantai Kayu Yang Berkualitas

    2. Pastikan Ada Sirkulasi Udara yang Memadai

    Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa rayap sangat senang berada di tempat yang lembap dan minim terkena sinar matahari.

    Pastikan Ada Sirkulasi Udara yang Memadai

    Jika dirumahmu ada banyak perabotan yang berbahan kayu, maka salah satu cara alami paling tepat untuk membasminya, yakni dengan membangun ventilasi yang memadai. Dengan begitu, maka sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah.

    Alhasil, semua furniture dan perabotan kayu yang ada di dalam rumahmu akan aman dari serangan hama rayap. Apabila ada beberapa perabotan kayu yang sudah termakan rayap, segera jemur perabotan tersebut pada ruang terbuka.

    Soalnya, hal ini bertujuan agar perabotannya langsung terkena sinar matahari untuk mengusir semua rayap yang ada di dalamnya.

    3. Bersihkan Rumah Secara Rutin

    Tak hanya faktor suhu ruangan, ternyata tingkat kebersihan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengundang kawanan rayap lho. Ya, rumah yang jarang dibersihkan tentunya akan menjadi tempat favoritnya bagi para rayap.

    Bersihkan Rumah Secara Rutin

    Terlebih jika kondisi ruangan rumahnya yang lembab, sehingga akan membuat rayap akan berkembang biak dengan cepat. Oleh karena itu, kamu harus selalu memperhatikan tingkat kebersihan dalam rumah. Pel lantai parket setiap harinya agar tidak terjadi penumpukan kotoran maupun debu. 

    Selain itu, bersihkan juga semua sampah-sampah yang tampak berserakan. Jika banyak benda atau perabotan yang tidak terpakai, segera pindahkan ke area gudang agar tidak dijadikan tempat bersarang bagi koloni kutu kayu.

    4. Perbaiki Keretakan Pada Dinding

    Selain memeriksa kondisi lantai parket, penting juga bagi kamu untuk memeriksa kondisi dinding rumah secara berkala. Hal ini dikarenakan tidak sedikit dari pemilik rumah yang tak menyadari adanya keretakan pada dinding rumah.

    Perbaiki Keretakan Pada Dinding

    Nah, dinding retak inilah yang akan menjadi jalan masuk bagi gerombolan rayap untuk masuk kedalam rumah, sehingga kamu bisa kewalahan saat membasmi rayap ketika koloninya sudah terbentuk.

    Maka dari itu, kamu wajib memeriksa setiap sisi dinding rumah dengan teliti. Seandainya terdapat celah atau keretakan, segera tutupi dengan semen putih.

    Jika ingin lebih simple lagi, kamu bisa menutupi dinding yang retak tersebut dengan menggunakan wall panel berbahan WPC.

    Baca Selengkapnya: Mau Gunakan Wall Panel WPC? Simak Artikel Ini

    5. Gunakan Kapur Anti Serangga

    Kamu bisa dengan mudah menjumpai produk yang satu ini dipasaran, entah itu di warung, minimarket, bahkan di toko online.

    Gunakan Kapur Anti Serangga

    Harga yang ditawarkannya pun relatif terjangkau, yang tentu saja dapat dijangkau oleh isi dompetmu. Setelah kamu membeli kapur anti serangga tersebut, silahkan coretkan pada lantai parket atau di area yang memang sering dilalui oleh rayap.

    Dengan begitu, maka kawanan rayap tidak akan langsung mati saat melintasi area-area yang telah diberi garis-garis kapur tersebut. Setelah selesai menggunakan kapurnya, kamu juga jangan sampai lupa untuk mencuci tangan ya!

    6. Menggunakan Kapur Barus

    Tak hanya kapur anti serangga, kamu juga bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir kawanan rayap dari dalam rumah. Bahkan yang lebih menariknya lagi, penggunaan kapur barus ini dinilai lebih aman ketimbang menggunakan kapur serangga tadi.

    Menggunakan Kapur Barus
    foto@Suara.com

    Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Mengenai caranya, siapkan beberapa butir kapur barus, tumbuk sampai hancur, lalu masukkan kedalam botol spray.

    Setelah itu beri air secukupnya, kemudian semprotkan langsung pada lantai parket dan area yang menjadi sarang rayap.

    Guna mencegah serangan dari kawanan rayap lainnya, sebaiknya semprotkan cairan kapur barus tersebut pada setiap sudut ruangan terlebih di area yang lembab.

    7. Menggunakan Obat Anti Rayap

    Cara mudah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membasmi dan mencegah rayap, yakni dengan menggunakan obat anti rayap.

    Menggunakan Obat Anti Rayap

    Ada banyak sekali merk obat anti rayap yang tersedia dipasaran. Secara otomatis, harga yang ditawarkannya pun akan berbeda-beda pula.

    Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih obat anti rayap dengan merk terkenal. Ya, sebab obat anti rayap dengan merk terkenal sudah terjamin akan kualitasnya.

    Informasi Terkait: Ini Dia Beberapa Merk Obat Anti Rayap Terbaik yang Paling Recommended

    Itu dia beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengusir dan mencegah rayap pada parket lantai.

    Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mempraktekkannya di rumah?