BLANTERORBITv102

    Mau Gunakan Wall Panel WPC? Simak Artikel Ini

    Rabu, 24 Mei 2023

     

    Wall panel dinding wpc

    Wall panel dinding wpc – Tentunya kita semua sudah tahu, bahwa dinding merupakan salah satu elemen dalam rumah yang memiliki peranan penting terhadap tingkat keamanan dan keindahan hunian.

    Akan tetapi, bagian dinding selalu dihadapkan pada berbagai permasalahan, seperti cat yang mengelupas, retak, berjamur, dan lain sebagainya. Selain itu, terkadang kita juga sudah merasa bosan dengan tampilan dinding yang begitu-begitu saja.

    Oleh karenanya, area dinding harus diberi sentuhan dekorasi yang inovatif untuk membuat tampilannya lebih hidup. Penggunaan wall panel pun menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik area dinding.

    Lantas, apa yang dimaksud dengan wall panel? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Mengenal Wall Panel

    Wall Panel merupakan material berbentuk lembaran papan yang mengusung motif dan struktur tertentu. Biasanya Wall Panel yang berbentuk 3D sering diaplikasikan karena dapat membuat area dinding tampak lebih bervolume.

    Mengenal Wall Panel

    Wall panel yang tersedia dipasaran terdiri dari berbagai jenis bahan yang berbeda. Secara otomatis, pada masing-masing jenis bahan wall panel tersebut tentunya memiliki karakteristik tersendiri.

    Seperti halnya wall panel WPC yang mempunyai ciri khas berbeda dengan jenis bahan wall panel lainnya. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, dimana ia merupakan gabungan antara bahan plastik dengan serbuk kayu.

    Ya, kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material yang bentuknya menyerupai lembaran atau papan WPC.

    Dalam komposisinya, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Sehingga tak heran jika wall panel WPC memiliki tingkat kekuatan yang begitu mumpuni.

    Kelebihan Wall Panel WPC:

    Kelebihan Wall Panel WPC

    * Tingkat Pemuaian dan Penyusutan yang Rendah

    Kelebihan pertama dari wall panel WPC yang harus diketahui, yakni tidak akan mudah mengalami pemuaian dan penyusutan.

    Tidak seperti material kayu yang kerap mengalami pemuaian dan penyusutan akibat faktor cuaca. Nah, karena hal inilah yang membuat wall panel WPC bisa diaplikasikan di area indoor maupun outdoor.

    Baca juga: Mau Menggunakan Lantai SPC? Perhatikan Kualitasnya

    * Tidak Menghantarkan Panas Api

    Sebagaimana yang sudah diektahui, bahwa nyala api biasanya akan menyebar dengan sangat cepat sehingga dapat membakar benda apa saja sampai habis. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi wall panel WPC. Mengapa bisa demikian?

    Pasalnya, material WPC memiliki sifat yang tidak menghantarkan panas api. Jadi ketika terjadi kebakaran, maka api tersebut hanya menyala di satu titik saja sehingga tidak akan menyebar ke titik lainnya.

    * Tersedia Kedalam Varian Warna dan Motif

    Wall panel WPC tersedia kedalam berbagai jenis motif yang cukup bervariasi, mulai dari motif kayu, motif batu, motif marmer, dan masih banyak lagi.

    Namun, kebanyakan konsumen lebih suka menggunakan wall panel WPC yang bermotif kayu karena dapat menghadirkan kesan mewah dan natural.

    Baca juga: Mengenal Decking WPC

    * Tak Mempan Terhadap Serangan Rayap dan Jamur

    Jamur dan serangga hama seperti rayap menjadi musuh yang sangat menakutkan bagi material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena serangan rayap dan jamur bisa membuat kayu mengalami pelapukan hingga keropos.

    Akan tetapi, serangan jamur dan rayap tidak akan berlaku bagi material WPC. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, wall panel WPC sudah terbukti tahan terhadap tumpahan bahan kimia.

    Kekurangan Wall Panel WPC:

    Kekurangan Wall Panel WPC

    * Memiliki Kandungan Bahan Kimia

    Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, WPC terbuat dari campuran bahan serbuk kayu dan plastik yang diolah dengan bahan-bahan kimia lainnya.

    Menurut informasi yang didapat, justru kandungan kimia pada WPC lebih tinggi dibanding bahan sintetis lainnya lho. Tentu saja penggunaan material WPC berpotensi membahayakan bagi kesehatan penghuninya.

    * Berpotensi Meleleh

    Dikarenakan materialnya mengandung bahan plastik, pastinya material WPC berpotensi meleleh saat dihadapkan pada cuaca panas yang ekstrim.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat memberinya lapisan cat finishing untuk melindunginya dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

    * Menawarkan Harga yang Relatif Mahal

    Meski diklaim sebagai alternatif pengganti material kayu, ternyata harga material WPC ini lebih mahal dari kayu asli lho. Meski dibanderol dengan harga yang mahal, namun hal tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang dimiliki material WPC.

    Baca juga: Woodplank: Si Material Sintetis Pengganti Kayu Asli

    Produk Wall Panel WPC yang Kami Sediakan

    Harga wall panel WPC dipasaran memang cukup bervariasi, karena akan dibedakan yang berdasarkan ukuran dan merknya. Adapun mengenai wall panel WPC yang tersedia di toko kami dengan spesifikasi seperti dibawah ini:

    Harga Wall Panel WPC

    • Ukuran Tebal: 2,5 cm
    • Ukuran Lebar: 16 cm
    • Ukuran Panjang: 295 cm
    • Harga: Rp 170 ribu per batang.

    Perlu diketahui, harga tersebut belum termasuk dengan bracket clip dan biaya pasangnya. Lantas, apa itu bracket clip?

    Fungsi Bracket Clip

    Fungsi Bracket Clip

    Pada proses pemasangan wall panel WPC setidaknya dibutuhkan 3 buah bracket clip untuk setiap batangnya. Ya, bracket clip tersebut berfungsi untuk menyambungkan wall panel WPC ke area dinding.

    Bracket clip dijual dengan harga Rp 2.500 saja per buahnya. Namun, harga tersebut belum termasuk dengan sekrup dan fischer ya!

    Selain itu, toko kami juga menyediakan ongkos jasa pemasangan wall panel WPC dengan tarif sebesar Rp 40.000 saja per batangnya.

    Untuk anda yang berminat menggunakan wall panel WPC, segera hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini.

    Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk wall panel WPC, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.