BLANTERORBITv102

    Ragam Jenis Bahan Material Pintu Rumah Paling Umum

    Rabu, 29 Maret 2023

     

    Jenis bahan pintu rumah

    Jenis bahan pintu rumah – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa pintu merupakan salah satu elemen yang memiliki peranan penting dalam sebuah hunian. Ya, selain berfungsi sebagai akses keluar masuk, keberadaan pintu juga dapat menjadi pelindung bagi penghuninya dari hal-hal yang sifatnya mengancam.

    Tak hanya sampai disitu, bahkan pintu akan meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis material atau bahan pintu yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis material bahan pintu mempunyai karakteristiknya tersendiri.

    Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan me-review berbagai jenis material pintu rumah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya berikut.

    7 Jenis Material Pintu Rumah

    1. Pintu Kayu

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa hampir semua bangunan rumah yang ada di dunia ini menggunakan pintu berbahan kayu. Sehingga tak heran jika material pintu kayu sangat mudah dijumpai di pasaran.

    Pintu Kayu

    Tak hanya bisa diaplikasikan pada berbagai ruangan, bahkan pintu kayu juga mampu meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Adapun mengenai pintu kayu yang akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni pintu kayu solid dan pintu kayu engineering.

    Biasanya pintu solid cocok diaplikasikan untuk pintu utama maupun eksterior, sedangkan pintu kayu engineering sering digunakan sebagai pintu dalam atau interior.

    Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Lagi Seputar Kayu Cendana

    2. Pintu Aluminium

    Untuk kamu yang ingin mendapatkan pintu anti rayap, maka bahan Aluminium ini merupakan pilihan paling tepat. Selain tahan serangan rayap, jenis material pintu yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan iklim di Indonesia.

    Pintu Aluminium

    Mengenai fungsinya, pintu Aluminium kerap digunakan untuk pintu gudang dan kamar mandi. Mengapa demikian? Pasalnya, tampilan pada pintu Aluminium ini cenderung sederhana sehingga dinilai kurang cocok dijadikan sebagai pintu utama.

    3. Pintu Baja

    Dinilai dari tingkat kekuatan dan ketahanannya, sudah pasti pintu yang berbahan baja ini lebih kuat dibanding pintu kayu maupun aluminium.

    Pintu Baja

    Disamping kokoh dan kuat, proses pemasangan pintu baja pun tergolong cukup mudah karena sifatnya yang efisien untuk konstruksi.

    Dan yang pasti jenis pintu baja tidak akan mampu ditembus oleh rayap. Dengan begitu, kamu tidak perlu memberinya perawatan khusus. Untuk pengaplikasiannya, pintu baja ini lebih cocok dijadikan sebagai pintu utama.

    4. Pintu Kaca

    Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan pintu kaca dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Itu sebabnya, mengapa pintu kaca sering kita jumpai pada perumahan-perumahan modern.

    Pintu Kaca

    Agar orang dari luar tidak bisa melihat kedalam rumah, maka kamu bisa menambahkan sandblast sehingga tidak tembus pandang. Biasanya pintu kaca sering diaplikasikan untuk pintu utama maupun pintu menuju taman

    Baca Juga: Review Jenis-jenis Plafon Terbaik

    5. Pintu Fiberglass

    Dari namanya saja sudah sangat jelas, material Fiberglass adalah anyaman dari bahan kaca yang mempunyai bobot ringan, aman, serta kokoh.

    Pintu Fiberglass

    Bukan hanya itu, jenis pintu yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tingkat insulasi tinggi sehingga membuatnya kuat terhadap perubahan cuaca ekstrim sekalipun.

    Untuk mempertegas nuansa keindahannya, kamu dapat menggabungkan pintu Fiberglass dengan pintu panel. Selain cocok dijadikan sebagai eksterior, bahkan pintu Fiberglass juga sangat ideal dijadikan untuk interior.

    6. Pintu PVC

    PVC atau poly vinyl chloride merupakan material yang berupa olahan plastik, sehingga ia memiliki tekstur elastis dan bersifat fleksibel. Itu sebabnya, mengapa material PVC bisa diolah menjadi berbagai jenis bahan bangunan, termasuk untuk pintu rumah.

    Pintu PVC

    Disamping menawarkan harga yang relative murah, pintu PVC memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. Seperti halnya jenis pintu Aluminium, yang mana pintu PVC juga sering diaplikasikan untuk pintu kamar mandi.

    Mengenai spesifikasinya, pintu PVC ini memang tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca. Tak hanya itu, tampilan pintu PVC pun terkesan monoton sehingga kurang cocok digunakan sebagai pintu utama. Kendati demikian, kini telah hadir pintu PVC yang mengusung motif serta bentuk yang lebih bervariasi.

    Baca juga: Kenali Jenis-jenis Bahan Karpet Sebelum Membelinya

    7. Pintu uPVC

    Sebenarnya material uPVC adalah bentuk pengembangan dari bahan PVC. Hal itu pun terbukti, yang mana tingkat kekuatan pintu uPVC jauh lebih bagus ketimbang pintu PVC. Dinilai dari segi teksturnya, pintu uPVC ini tampak terasa lebih kaku dan keras.

    Pintu uPVC

    Biasanya pintu uPVC sering diaplikasikan untuk pintu depan rumah, karena karakteristiknya yang tahan terhadap air dan perubahan cuaca. Tak hanya dijadikan sebagai pintu rumah, bahkan material uPVC juga sering digunakan untuk bodi pesawat terbang.

    Itu dia beberapa jenis bahan material pintu yang paling umum digunakan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.