BLANTERORBITv102

    Mengenal Lebih Jauh Lagi Seputar Kayu Cendana

    Rabu, 15 Februari 2023

     

    Manfaat kayu cendana

    Manfaat kayu cendana – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia.

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena kawasan hutan di Indonesia yang memang terbilang cukup luas. Sehingga tak heran jika ada banyak sekali jenis-jenis kayu yang tersedia di pasaran Indonesia.

    Kayu cendana pun merupakan salah satu jenis kayu yang memang selalu diandalkan dalam industri perkayuan. Pasalnya, kayu cendana memiliki sifat yang serbaguna sehingga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan.

    Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas kayu cendana sampai tuntas. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya berikut.

    Asal Usul Pohon Cendana

    Kabarnya, pohon cendana ini boleh dibilang sebagai salah satu jenis tumbuhan dengan pertumbuhan yang sangat lambat. Hal tersebut dikarenakan usia panen pohon cendana yang biasanya mencapai sekitar 40 tahunan.

    Alhasil, kayu cendana dipasaran cukup langka dan dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Adapun mengenai pohon cendana yang akan dibedakan lagi kedalam dua jenis, yakni cendana putih dan cendana merah.

    jenis kayu cendana

    Pohon cendana putih tumbuh subur di daerah Nusa Tenggara Timur seperti Flores, Sumba, Rote, dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, kini penyebaran pohon cendana mulai merambah ke berbagai daerah lainnya, seperti Bali, Sulawesi, Maluku, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Sedangkan jenis pohon cendana merah hanya ada di kawasan Asia Barat, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan sekitarnya. Jika dinilai dari segi kualitasnya, kedua jenis kayu cendana tersebut tentunya memiliki perbedaan.

    Kayu cendana putih memiliki aroma harum, sehingga harga jualnya pun jauh lebih tinggi ketimbang jenis kayu cendana merah. Sehingga tak heran, jika kayu cendana merah kurang diminati oleh konsumen.

    Baca Juga: Perbedaan Kayu Jati dan Merbau yang Jarang Diketahui

    Karakteristik Pohon Cendana

    Tak hanya faktor usia panen yang sangat lama, harga jual yang mahal juga menjadi faktor penyebab dari langkanya ketersediaan kayu cendana di pasaran. Untuk mendukung keberlangsungan hidupnya, pohon cendana ini membutuhkan inang sebagai sumber makanan.

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena pohon cendana termasuk tipe pohon parasit. Selain itu, bibit cendana juga sama sekali tidak memiliki sistem akar yang kuat. Dengan kata lain, ia harus menyerap sumber makanan dari inangnya untuk bertahan hidup.

    Dalam bahasa internasional, kayu cendana ini lebih dikenal dengan nama Sandalwood, atau yang bahasa ilmiahnya adalah Santalum Album. Adapun mengenai karakteristik dari pohon kayu cendana seperti berikut :

    • Memiliki daun berbentuk oval dengan kedua ujungnya yang lancip
    • Bentuk batang pohonnya tampak terlihat bundar
    • Warna kulit batang cendana putih cenderung cokelat keabu-abuan, sedangkan pohon cendana merah tampil dengan warna cokelat kemerahan
    • Pohon kayu cendana bisa tumbuh dengan ketinggian 11 – 15 meter, serta ukuran diameter batangnya yang mencapai 25 – 30 cm
    • Pohon cendana pada umumnya tumbuh subur di kawasan lahan subur, namun bisa juga tumbuh di daerah bebatuan (dengan pertumbuhan yang kurang maksimal)
    • Pohon cendana tumuh di dataran rendah pada ketingginan 1500 meter diatas permukaan laut (mdpl)
    • Pohon cendana membutuhkan paparan sinar matahari sepanjang hari agar bisa tumbuh maksimal.

    Kayu Cendana Digunakan Untuk Apa Saja?

    1. Produk Furniture

    Tak hanya jati, kayu cendana juga merupakan salah satu jenis kayu yang selalu menjadi primadona dalam industry furniture. Bahkan yang lebih menariknya lagi, produk furniture yang berbahan kayu cendana ini dapat menghadirkan kesan elegan dan mewah lho. 

    Produk Furniture kayu cendana

    Adapun mengenai berbagai produk furniture berbahan kayu yang diantaranya seperti meja kayukursi kayulemari kayutempat tidurkusen jendelapintu kayu, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Mengenal Karakteristik Kayu Rengas dan Hasil Olahannya

    2. Produk Souvenir / Aksesoris

    Produk Souvenir / Aksesoris kayu cendana

    Dikarenakan termasuk jenis kayu langka, maka wajar saja jika souvernir yang berbahan kayu cendana kerap dibanderol dengan harga mahal.

    Biasanya souvenir berbahan kayu cendana yang tersedia dipasaran seperti kipas tangangelang kayutasbih dan lain sebagainya.

    3. Produk Wewangian

    Produk Wewangian dari kayu cendana

    Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa jenis kayu cendana putih memiliki aroma harum. Sehingga tak heran, jika kayu asli Indonesia ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai produk wewangian seperti parfumdupabalsam, dan aromaterapi.

    4. Produk Perawatan Kulit Wajah

    Tak banyak orang yang tahu bahwa kayu cendana kerap digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah.

    Produk Perawatan Kulit Wajah dari kayu cendana

    Namun manfaat tersebut bukan terletak pada kayu, melainkan pada bagian minyak astiri yang terkandung didalam batang pohon cendana.

    Minyak astiri cendana diklaim memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit seperti menghilangkan noda hitam, mencegah munculnya jerawat, membersihkan sebum atau minyak di wajah, hingga mengatasi masalah komedo.

    5. Produk Obat Herbal

    Inilah yang menjadi alasan mengapa cendana dijuluki sebagai jenis kayu dengan sejuta manfaat. Menurut informasi yang didapat, bagian kulit kayu dan minyak pohon cendana sering digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat herbal.

    Produk Obat Herbal

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena kulit dan minyak kayu cendana mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan seperti mencegah penyakit disentri, melancarkan sistem pencernaan, dan memiliki sifat anti peradangan.

    Artikel Menarik Lainnya: Pilihan Decking Kayu Terbaik Untuk Kamar Mandi

    6. Produk Kosmetik

    Selain dijadikan bahan baku untuk produk kesehatan kulit, ternyata minyak yang terkandung pada kayu cendana ini juga selalu diandalkan dalam pembuatan produk kosmetik.

    Produk Kosmetik dari kayu cendana

    Menurut para pakar kesehatan kulit, menyebutkan bahwa, minyak pada kayu cendana mempunyai sifat anti taning yang dapat memberikan berbagai dampak positif terhadap kulit.

    Dengan demikian, maka tak heran juga jika kayu cendana selalu diandalkan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk kosmetik.

    Seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk kayu cendana, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.