BLANTERORBITv102

    Berbagai Jenis Stiker Lantai Motif Kayu Paling Recommended!

    Rabu, 28 Desember 2022

     

    Stiker lantai motif kayu

    Stiker lantai motif kayu – Sebenarnya penggunaan lantai kayu parket solid memang dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah dan natural pada sebuah hunian. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material yang digunakannya terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli.

    Namun, mahalnya harga lantai parket solid dan ongkos jasa pemasangan kerap menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat. Itu sebabnya, mengapa penggunaan lantai parket kayu solid hanya berlaku bagi kalangan menengah ke atas saja.

    Kabar baiknya, kini telah hadir stiker lantai motif kayu yang menawarkan harga relative murah. Dinilai dari kualitasnya secara keseluruhan, tentu saja stiker lantai motif kayu ini tidaklah sebagus lantai parket solid.

    Pasalnya, stiker lantai motif kayu terbuat dari bahan vinyl yang mempunyai tekstur elastis. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar bahan vinyl, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Mengenal Bahan Vinyl

    Vinyl merupakan material penutup lantai yang mempunyai tekstur lentur dan elastis namun masih tetap kuat. Hal tersebut dikarenakan materialnya terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) sejenis thermo plastik yang dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya.

    Mengenal Bahan Vinyl

    Setidaknya ada tiga lapisan utama yang terdapat pada bahan vinyl, seperti compact layer, glass fiber, dan printed layer. Sedangkan bagian finishing terluarnya berupa UV Coated Wear layer, sehingga tampilannya tampak lebih mengkilap dan terasa licin.

    Pada setiap lembaran vinyl ini sudah dilengkapi dengan perekat di bagian bawah, dan tentu saja tidak membutuhkan media perekat seperti lem saat proses pemasangan dilakukan (tidak untuk jenis vinyl tile).

    Lantai vinyl dapat dipasang di hampir semua ruangan, serta mudah dibongkar pasang. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl selalu menjadi andalan bagi mereka yang tinggal di hunian sementara, seperti apartemen, kos-kosan, kontrakan, dan sebagainya.

    Baca Juga : Yuk, Kita Intip Fungsi Material Conwood dan Jenis-jenisnya

    Berbagai Jenis Stiker Lantai Vinyl

    1. Vinyl Plank

    Vinyl Plank biasa disebut dengan istilah parket vinyl karena tampilan bentuknya berupa persegi Panjang,  sehingga menyerupai parket kayu.

    jenis Vinyl Plank

    Tak hanya dari bentuknya saja, bahkan pemasangan Vinyl Plank juga tidak berbeda jauh dengan cara pemasangan parket kayu. Mengenai cara pemasangannya, Vinyl Plank ini biasa menggunakan system susun bata.

    Salah satu ciri khas dari Vinyl Plank yang berbeda dari jenis vinyl roll, yakni memiliki motif timbul (embossed). Hal itu bertujuan agar bagian permukaan Vinyl Plank dapat memberikan sensasi yang lebih berbeda saat dipijak.

    Disamping itu, Vinyl Plank juga sudah dilengkapi dengan permukaan bertekstur halus (non embossed) sehingga dapat memudahkan kita saat membersihkannya. Pada umumnya, sticker lantai Vinyl Plank ini tersedia ke dalam ukuran lebar sekitar 10 – 20 cm, panjang 90 – 100 cm, dan ketebalan yang berkisar antara 2 hingga 3 cm.

    Baca Juga : Perbedaan Lantai Kayu Solid, Laminated, dan Vinyl

    2. Vinyl Tile

    Apabila dilihat dari tampilan bentuknya, jenis Vinyl Tile ini sangat mirip dengan keramik. Vinyl Tile menyediakan berbagai ukuran sehingga dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

    jenis Vinyl Tile

    Kendati demikian, sticker lantai Vinyl Tile juga menyediakan motif kayu dengan tekstur halus dan motif timbul (embossed). Terdapat pula motif Vinyl Tile lainnya yang dapat anda pilih, mulai dari motif keramik, marmer, karpet, granit, batu-batuan, polos, dan sebagainya.

    Dari segi pemasangan, Vinyl Tile ini memang lebih mudah ketimbang jenis Vinyl plank. Bagaimana tidak? sebab proses pemasangannya hanya membutuhkan lem sebagai media perekatnya.

    Akan tetapi, Vinyl Tile harus dipasang di atas permukaan lantai yang rata. Apabila permukaan lantai dasarnya tidak rata, maka Vinyl Tile akan terlihat bergelombang.

    Adapun mengenai beberapa teknik pemasangan Vinyl Tile yang umum digunakan, seperti teknik susun model bata, model lurus, susunan vertical dan horizontal.

    3. Vinyl Roll

    Vinyl Roll atau karpet vinyl merupakan salah satu jenis stiker lantai yang tampil dengan mengusung motif kayu. Biasanya Vinyl Roll menghadirkan beragam ukuran.

    jenis Vinyl Roll

    Akan tetapi, ukuran Vinyl Roll yang paling umum dijumpai itu memiliki lebar 2 meter dan panjang berkisar 20 – 25 meter untuk setiap gulungannya. Adapun mengenai ukuran ketebalannya yang mencapai 0,5 mm hingga 2,2 mm.

    Tak hanya itu, terdapat pula lapisan anti gores dengan ketebalan sekitar 0,1 mm hingga 1,5 mm. Selain motif kayu, jenis Vinyl Roll juga menghadirkan varian motif lainnya seperti granit, marmer, polos, dan masih banyak lagi.

    Bahkan yang lebih menariknya lagi, Vinyl Roll ini sudah dilengkapi dengan lapisan anti kimia dan anti bakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri serta hal-hal yang bisa memicu kerusakan.

    Disamping harganya yang relative murah, Vinyl Roll tidak sulit untuk kita jumpai di toko bahan bangunan.

    Baca Juga : Review Jenis-jenis Plafon Terbaik

    Seperti itulah beberapa jenis stiker lantai motif kayu yang bisa kamu jadikan sebagai alternative pengganti parket kayu solid.