BLANTERORBITv102

    Laminate Flooring, Alternatif Terbaik Pengganti Parket Solid

    Rabu, 08 Maret 2023

     

    mengenal laminate flooring

    Laminate flooring – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa lantai merupakan salah satu elemen yang dapat menentukan suasana didalam ruangan rumah. Berbeda jenis lantai yang digunakan, maka akan berbeda pula suasana yang dihadirkannya.

    Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada masing-masing jenis material lantai memiliki karakteristiknya tersendiri. Seperti halnya laminate flooring yang mengusung ciri khas berbeda dengan jenis material lantai lainnya.

    Lantas, apa yang dimaksud dengan laminate flooring? Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar laminate flooring, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Pengertian Laminate Flooring

    Pada dasarnya, laminate flooring merupakan material sintetis yang terbuat dari bahan serbuk kayu dan dicampur dengan resin. Adapun ukuran panjangnya yang mencapai sekitar 1,28 meter hingga 1,3 meter, sedangkan ketebalannya berkisar 8 mm sampai 12 mm.

    Menariknya lagi, laminate flooring juga sudah dibekali dengan system klik (interlock) pada bagian kanan dan kirinya sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Setidaknya ada 4 lapisan yang terdapat pada laminate flooring seperti berikut:

    Pengertian Laminate Flooring

    • Bagian bawahnya berupa lapisan pelindung berbahan melamin yang berfungi untuk melindungi kayu dari kelembapan.
    • Pada bagian atas terdapat bahan utama yang disebut High Density Fiber (HDF)
    • Untuk bagian atasnya lagi terdapat material dekoratif bermotif kayu sehingga tampilannya menyerupai kayu asli
    • Sedangkan bagian teratas ada lapisan film transparan yang berperan sebagai pelindung anti gores dan anti air.

    Jenis Laminate Flooring dan Harga

    Jenis Laminate Flooring dan Harga

    Pada dasarnya, laminate flooring akan dibedakan yang berdasarkan corak atau motifnya. Dengan kata lain, hampir semua merk laminate flooring yang tersedia dipasaran memiliki kualitas yang sama.

    Menurut informasi yang didapat, Kendo menjadi salah satu merk laminate flooring terbaik yang paling laris dipasaran. Lantas, berapakah harga laminate flooring?

    Baca Selengkapnya: Kendo Laminate Flooring

    Perbandingan Lantai Laminate & Lantai Vinyl

    Sebenarnya masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa laminate flooring dengan lantai vinyl itu sama saja. Pasalnya, kedua jenis material lantai tersebut memang sama-sama terbuat dari bahan sintetis.

    Perbandingan Lantai Laminate & Lantai Vinyl

    Tak hanya sama dari segi materialnya saja, bahkan laminate flooring dan lantai vinyl juga memiliki kesamaan dari segi tekstur dan coraknya. Sehingga tak heran jika banyak konsumen yang sulit membedakan antara laminate flooring dengan lantai vinyl.

    Meski sama-sama terbuat dari bahan sintetis, nyatanya terdapat beberapa perbedaan yang cukup menonjol diantara laminate flooring dengan lantai vinyl. Ironisnya lagi, bahkan ada sebagian dari konsumen yang menyamakan laminate flooring dengan lantai kayu solid.

    Artikel Terkait: Perbedaan Lantai Kayu Soild, Laminated, dan Vinyl

    Kelebihan Menggunakan Laminate Flooring

    Setiap jenis material lantai pastinya memiliki kelebihan tersendiri, begitu pun dengan laminate flooring. Adapun mengenai beberapa kelebihan dari penggunaan laminate flooring yang harus diketahui seperti berikut:

    1. Mengusung Tampilan yang Unik

    Mengusung Tampilan yang Unik

    Selain motif kayu, laminate flooring juga tersedia kedalam berbagai varian motif menarik lainnya seperti keramik, marmer, granit, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal tersebut akan membuatmu lebih leluasa lagi dalam memilih laminate flooring yang sesuai dengan konsep rumah.

    Dengan menggunakan laminate flooring, secara otomatis tampilan rumahmu akan tampak lebih elegan, mewah, dan berestetika tinggi.

    2. Dapat Meningkatkan Kenyamanan Pada Pijakan Kaki

    Dapat menigkatkan kenyamanan pada pijakan kaki

    Kabarnya, laminate flooring telah dilengkapi dengan lembaran busa yang berperan sebagai peredam ketika kamu berpijak diatasnya. Hebatnya lagi, lembaran busa tersebut juga berguna untuk menahan beban secara optimal.

    Belum lagi tekstur permukaannya yang cukup halus, sehingga dapat meningkatkan rasa nyaman terhadap pijakan kaki.

    3. Perawatan yang Mudah

    perawatan yang mudah

    Bagi kamu yang tidak ingin direpotkan dalam urusan merawat lantai, maka penggunaan laminate flooring ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena laminate flooring mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap noda membandel.

    Itu artinya, kamu hanya perlu mengepel laminate flooring seperti biasa karena tekstur permukaan lantainya yang halus sehingga mampu mengangkat noda dengan cepat. Agar hasilnya lebih maksimal, sesekali kamu harus membersihkan bagian celah-celahnya dengan menggunakan vacuum cleaner.    

    4. Tidak Memicu Alergi

    Tidak Memicu Alergi

    Kelebihan berikutnya dari laminate flooring yang harus diketahui, yakni tidak menimbulkan alergi. Ya, hal ini dikarenakan komposisi laminate flooring yang tidak mengandung serbuk-serbuk sehingga membuatnya aman digunakan, bahkan untuk penderita alergi sekalipun.

    5. Harga yang Lebih Murah Dibanding Lantai Kayu Solid

    Harga yang Lebih Murah Dibanding Lantai Kayu Solid

    Sesuai dengan namanya, lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan kimia. Lain halnya dengan laminate flooring yang terbuat dari bahan sintetis.

    Mengingat akan hal itu, maka wajar saja jika harga laminate flooring jauh lebih murah ketimbang lantai kayu solid. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun tingkat kekuatan dan ketahanan pada laminate flooring ini tidaklah murahan lho.

    6. Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

    Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

    Ini dia salah satu faktor yang menjadikan laminate flooring sering digunakan oleh masyarakat. Ya, proses pemasangan laminate flooring memang lebih simple dan praktis ketimbang material lantai lainnya, sehingga membuat waktu menjadi semakin efisien.

    Tentu saja laminate flooring sangat cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan proses pengerjaan cepat. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu kesulitan saat memasang laminate flooring sendirian. Lantas, bagaimana cara memasangnya?

    Baca selengkapnya: Cara Memasang Parket Laminate

    Tingkat ketahanan Laminate Flooring

    Menurut informasi yang didapat, tingkat ketahanan laminate flooring bisa diketahui pada kemasannya yang ditandai dengan tulisan Abrasion Class (AC). Jadi, kamu bisa mengetahui tingkat ketahanan setiap produk laminate flooring pada label bertulisan AC tersebut.

    Adapun mengenai tingkat rating AC yang umumnya tertera pada produk laminate flooring seperti dibawah ini:

    • AC1 (Moderate Residential)

    Produk laminate flooring dengan label AC1 menandakan bahwa ia hanya cocok diaplikasikan pada ruangan dengan mobilitas yang tidak terlalu tinggi, seperti kamar tidur.

    • AC2 (General Residential)

    Sedangkan laminate flooring dengan AC2 cocok digunakan untuk area rumah yang aktivitasnya tidak terlalu ramai, seperti ruang makan dan ruang tamu.

    • AC3 (Heavy Residential / Moderat Commercial)

    Laminate flooring dengan label AC3 cocok diaplikasikan pada semua jenis hunian maupun area komersil, seperti perkantoran yang ukurannya tidak terlalu besar.

    • AC4 (General Commercial)

    Laminate flooring dengan label rating AC4 mampu menahan setiap jenis penggunaan perumahan, serta ruang komersil yang mempunyai trafic cukup ramai seperti café, restoran, dan lain sebagainya.

    • AC5 (Heavy Commercial)

    Produk Laminate flooring dengan rating AC5 bisa diaplikasikan untuk hunian yang bersifat sibuk, seperti mall, pusat perbelanjaan, gedung pemerintahan, dan sebagainya.

    Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar laminate flooring, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

    Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan laminate flooring?