Latest News
Jumat, 13 Agustus 2021

Apa Itu Kayu Rengas ?. Kenali Karakteristik Dan Hasil Olahannya

kayu rengas

Kayu Rengas — Kayu merupakan salah satu material bahan bangunan yang sering digunakan dalam konstruksi. Setiap kayu memiliki sipat dan ciri tersendiri. Baik dalam segi keindahan, keawetan, dan kekuatan.

Maka dalam memilih kayu yang akan digunakan, ada baiknya kita perlu mengenali jenis dan ciri kayu yang sering digunakan sebagai bahan baku konstruksi. Contohnya yang kita akan bahas yaitu kayu rengas.

Mungkin nama dari kayu rengas tidak sepopuler kayu jati dan kayu merbau, namun jika kita melihat lebih dalam dari kayu rengas, memiliki kualitas yang baik untuk dipergunakan berbagai macam kebutuhan.

Ingin tahu apa itu kayu rengas ?. Untuk tidak berlama-lama lagi yuk kita simak penjelasan yang pertama akan di bahas yaitu mengenai pohon rengas, berikut ulasannya.   

Pertumbuhan Pohon Rengas

Pohon rengas

Pesebaran pohon rengas secara alami tersebar di daerah, Madagaskar, India, Burma, dan Indoneisa. Secara fisik, pohon rengas mempunyai tinggi pohon mencapai 45-50 m dan memiliki diameter batang pohon sekitar 90-120 cm.

Pohon rengas termasuk famili anacardiaceae merupakan seumber kayu yang penting di Indonesia. Terdapat hal yang menarik dari pohon rengas, yang dimana untuk  pohon rengas dikenal karena getahnya sangat beracun yang dapat menyebabkan iritasi berat pada kulit dan bahkan dapat melumpuhkan orang.

Meski bersipat iritan, getah rengas mempunyai khasiat untuk membasmi jamur. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa pohon rengas mengandung senyawa ursiol, laccol, glutarengol, dan thitsiol.

Cukup menarik bukan ?. Ternyata dibalik kualitas yang baik, terdapat getah yang dapat membahayakan.


Akan tetapi karena kayu rengas kerap dimanfaatkan karena sipat yang mampu menyesuaikan kebutuhan sehingga hal tersebut bukan menjadi suatu halangan. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh kayu rengas.

Mengenal Karakteristik Kayu Rengas 

karakteristik kayu rengas

Sipat kayu yang berkualitas tinggi, dapat kita lihat dari segi karakteristik yang dimilikinya, dengan adanya beberapa unsur, seperti tekstur warna, serat, dan tingkat kekuatannya. Nah, untuk kayu rengas terbilang cukup unik, karena memiliki warna yang indah dan daya tahan cukup stabil, berikut ulasannya.

Tekstur, Warna, Dan Serat Kayu Rengas 

Kayu rengas memiliki tekstur yang cenderung halus sedang hingga kasar, dan pada bagian terasnya memiliki warna merah, yang dapat berubah menjadi merah gelap atau cokelat kemerahan setelah terkena sinar matahari.

Untuk serat yang dimiliki kayu rengas terbilang cukup baik, yang dimana terdapat serat lurus atau berpadu. Sehingga hal inilah mengapa kayu rengas sangat cocok dipergunakan sebagai bahan konstruksi. Terlebih terdapat tingkat kekuatan yang memumpuni, seperti ulasan dibawah ini.

Tingkat Kekuatan Kayu rengas

Kayu berkualitas, tentu kita perlu melihat dari segi kekuatan dan keawetan. Hal ini karena kekuatan kayu merupakan daya tahan kayu terhadap beban yang mengenainya, sedangkan untuk keawetan kayu merupakan daya tahan kayu terhadap seberapa lama kayu dapat dipergunakan.

Berbiacara tingkat kekuatan kayu rengas, yang dimana untuk tingkat kekerasan memiliki kelas II dan tingkat awet memiliki kelas II, serta mempunyai berat jenis sekitar 0,59 - 0,8 g/cm.

Karena kayu rengas termasuk kategori yang direkomendasikan untuk keperluan seperti bahan konstruksi, bahan furiture 

Kayu Rengas Sebagai Bahan Baku Konstruksi 

bahan konstruksi kayu rengas

Kayu rengas sebagai bahan baku konstruksi yang mulai banyak digunakan di Indonesia, antara lain untuk keperluan rumah tinggal, jembatan dan lain sebagainya. Keuntungan dari kayu rengas yaitu sebagai bahan struktur bangunan yang tahan terhadap gempa dan juga dapat dipergunakan jangka panjang.


Apalagi bangunan yang menggunakan bahan baku dari kayu rengas memiliki nilai estetika yang tinggi, maka dari itu kayu rengas dalam belakangan ini telah digunakan sebagai bahan baku konstruksi dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Kayu Rengas Sebagai Pembuatan Furniture

furniture kayu rengas

Memilih jenis kayu berkualitas tinggi untuk olahan furniture, tentu menjadi langkah pertama yang harus diperhatikan. Dengan memilih kayu yang tepat, maka akan bisa membuat furniture yang tidak hanya memiliki kualitas yang bagus, namun juga bisa bertahan dengan lama.

Adanya hal tersebut, kayu rengas dapat dipergunakan juga sebagai bahan dasar pembuatan furniture seperti meja, lemari, kursi, dan lain sebagainya. Terlebih harga yang dimiliki kayu rengas terbilang terjangkau, sehingga para pengrajin kayu tidak melewatkan kayu rengas sebagai bahan dasar pembuatan furniture.

Kayu Rengas Dijadikan Lantai Kayu Outdoor

decking kayu rengas

Seperti yang kita ketahui untuk produk lantai kayu outdoor atau biasa orang menyebutnya decking kayu dapat memberikan efek yang berbeda terhadap tampilan bangunan.

Decking kayu rengas, yang hampir sama halnya seperti decking kayu ulin dan kayu merbau. Juga memiliki tampilan yang estetik dengan adanya motif dan warna pada permukaan decking kayu rengas.


Disamping itu, untuk decking kayu rengas, ketika anda sedang berjalan pada permukaanya dapat memberikan rasa nyaman dan aroma khas yang dimilikinya. Maka tak heran kebutuhan decking kayu rengas mulai banyak diminati. Itulah penjelasan mengenai kayu rengas, mulai dari karakteristik hingga pemanfaatan yang dihasilkannya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Apa Itu Kayu Rengas ?. Kenali Karakteristik Dan Hasil Olahannya Rating: 5 Reviewed By: parket bagus