BLANTERORBITv102

    Berbagai Jenis Material Lantai Untuk Area Balkon Rumah

    Rabu, 08 Februari 2023

     

    Tentukan Pilihan Material Lantai Untuk Area Balkon

    Lantai untuk balkon – Sebenarnya sebagian besar masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah teras rumah ketimbang balkon. Padahal, antara balkon dengan teras merupakan dua hal yang berbeda lho.

    Perlu diketahui, teras rumah difungsikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi seperti merawat tanaman hias, mengelola ikan hias, dan lain sebagainya.

    Sedangkan balkon kerap difungsikan sebagai spot santai, seperti menikmati pemandangan disekitar, menikmati udara segar, dan kegiatan santai lainnya.

    Guna meningkatkan kenyamanan dan keindahan di area balkon, tentu saja pemilihan material lantai merupakan salah satu poin yang patut dipertimbangkan.

    Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan berbagai jenis material lantai untuk balkon rumah.

    Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    6 Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon

    1. Decking Kayu

    Decking kayu alias deck wood merupakan material penutup lantai berbahan kayu solid. Dengan kata lain, decking kayu solid terbuat dari bahan kayu asli yang tidak dicampur dengan bahan material lainnya. 

    Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - decking kayu

    Mengingat materialnya yang terbuat dari kayu asli, sudah pasti tingkat kekuatan dan keawetan produk decking tersebut sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

    Selain unggul dari segi kekuatan dan keawetan, penggunaan decking kayu juga tentunya dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural.

    Biasanya produk decking kayu akan diaplikasikan untuk area outdoor, seperti balkon, halaman, taman, rooftop, hingga pinggiran kolam. 

    Baca juga: Pilihan Decking Kayu Terbaik Untuk Kamar Mandi

    2. Lantai Semen

    Seperti yang diketahui bahwa lantai semen merupakan jenis lantai paling sederhana dan juga paling murah dari segi biaya.

    Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat proses pengerjaan lantai plester ini tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di-aci sampai halus.

    Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai semen

    Akan tetapi, terdapat juga perbedaan pada diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Untuk proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan hingga halus dan mengkilap. Dengan demikian, maka warna yang dihasilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

    Pada beberapa peneriapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Itu sebabnya mengapa keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yaitu pasir dan semen.

    3. Decking WPC

    Selintas tampilan decking WPC memang terlihat mirip dengan decking kayu solid. Padahal, sebenarnya decking WPC ini bukanlah bagian dari produk decking kayu solid.

    Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - decking wpc

    Material WPC itu sendiri terbuat dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli.

    Baca selengkapnya: Mengenal Lebih Jauh Lagi Decking WPC

    4. Lantai Marmer

    Bagi kamu yang ingin menonjolkan sisi kemewahan pada area balkon, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, lantai marmer memiliki kilauan bening sehingga dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

    Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai marmer

    Biasanya material marmer tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Hal ini dikarenakan ketersediaan bahan baku marmer yang sangat terbatas.

    Selain menciptakan nuansa yang mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.

    Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar. Itu artinya, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian?

    Pasalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

    5. Lantai Granit

    Seperti halnya lantai marmer, yang mana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas mewah.

    Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai granit

    Akan tetapi, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

    Penggunaan lantai granit pun dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif dengan harga lebih murah.

    6. Lantai keramik

    Lantai keramik mempunyai fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah. Selain kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat.

    Rekomendasi Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai keramik

    Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep balkon.

    Adapun mengenai berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif bebatuan, kayu-ayuan, dan masih banyak lagi.

    Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling populer di pasaran.

    Artikel serupa: Perbandingan Antara Lantai Keramik Dengan Lantai Kayu

    Nah, itulah beberapa pilihan jenis material lantai yang direkomendasikan untuk pemasangan di area balkon rumah.