BLANTERORBITv102

    Ide Membuat Desain Rumah Khas Bali

    Rabu, 01 Februari 2023

     

    Desain rumah khas Bali

    Desain rumah khas Bali – Siapa sih tak kenal dengan Pulau Bali? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan pulau yang berjuluk Pulau Dewata ini.

    Seperti yang sudah diketahui bahwa Pulau Bali terkenal dengan keindahan destinasi wisata alamnya. Bukan hanya itu, gaya bangunan rumah di Bali juga memiliki ciri khas berbeda dengan bangunan rumah yang ada di daerah Indonesia lainnya lho.

    Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa ide desain rumah khas Bali yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

    Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    7 Konsep Desain Rumah Ala Bali

    1. Desain Rumah Bali yang Simple dan Sederhana

    Pada dasarnya, dalam membuat rumah bergaya Bali itu tidak harus selalu membeli dekorasi berupa ukiran Bali yang harganya mahal. Ya, disini kamu dapat memulainya dengan menggunakan material alami yang terlihat serasi, berkat kombinasi antara funiture dengan keberadaan beberapa jenis tanaman tropis.

    Desain Rumah Bali yang Simple dan Sederhana
    foto@Rumah.com

    Disamping itu, kamu juga bisa membuat fasad rumah dengan batu bata ekspos yang digabungkan dengan pilar-pilar berbahan kayu di teras rumah. Jangan lupa untuk mempercantik tampilan teras rumah dengan menempatkan berbagai jenis tanaman hias.

    Adapun seputar jenis-jenis tanaman hias yang direkomendasikan seperti lidah buaya, sanseviera (lidah mertua), janda bolong, kaktus, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Cara Bikin Ruang Tamu Minimalis Menjadi Lebih Mewah

    2. Desain Rumah Bali yang Dihiasi Patung

    Desain Rumah Bali yang Dihiasi Patung
    foto@Prasstyle.com

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa hunian-hunian khas Bali itu selalu di hiasi oleh beragam ornamen patung. Biasanya, patung-patung tersebut akan ditempatkan di area taman atau teras yang dihiasi oleh rindangnya pepohonan.

    Berkat kehadiran patung di area taman rumah, maka jangan heran jika suasana rumahmu itu akan terasa seperti sedang berada di Bali.

    3. Desain Rumah Dengan Gapura Khas Bali

    Tak hanya patung, gapura juga menjadi salah satu ornamen yang akan menentukan dalam membuat desain rumah khas Bali.

    Desain Rumah Dengan Gapura Khas Bali
    foto@Dekoruma

    Umumnya gapura tersebut selalu dipalikasikan pada area depan rumah, sehingga terkesan seperti siap menyambut para tamu yang akan datang.

    Menurut kabar yang beredar, gapura Bali ini umumnya terdiri dari tumpukan batu bata yang dihiasi oleh ukiran khas Bali.

    Artikel menarik Lainnya: Rahasia Membuat Desain Rooftoof Garden yang Kekinian

    4. Desain Rumah Dengan Ukiran Khas Bali

    Biasanya rumah tradisional khas Bali selalu terdiri dari beberapa balai dengan masing-masing fungsinya. Maka dari itu, kamu juga bisa menerapkan desain bangunan balai tersebut pada hunian rumah.

    Desain Rumah Dengan Ukiran Khas Bali
    foto@KontraktorJogja

    Dalam hal ini, maka ukiran khas Bali menjadi elemen paling penting yang jangan sampai kamu lewatkan. Pasalnya, ukiran khas Bali tersebut akan ditempatkan pada empat sudut atap rumah. Tak hanya itu, bagian depan terasnya juga harus dilengkapi dengan pilar-pilar yang bahannya terbuat dari kayu sebagai penyangga atap.

    5. Desain Rumah Bali Modern

    Desain rumah Bali modern memang tampak seperti rumah tipe minimalis pada umumnya. Untuk menghadirkan nuansa khas Bali, maka bagian depan teras rumahnya harus dibuat sedemikian rupa.

    Desain Rumah Bali Modern
    foto@ArtikelRumah123.com

    Oleh karenanya, kamu bisa memulai dengan menata berbagai jenis tanaman hias. Selain itu, pastikan juga pada pinggiran tamannya sudah dilengkapi dengan wood deck atau decking kayu untuk menonjolkan kesan mewah, elegan, dan natural.

    Selain itu, tambahkan juga sebuah pura berukuran kecil yang terbuat dari tumpukan batu untuk diletakkan di bagian pojok taman. Alhasil, area depan rumahmu akan kental dengan nuansa khas Bali 

    6. Desain Rumah Bali Modern-Tradisional

    Sebenarnya desain rumah yang menggabungkan unsur tradisional dengan modern ini tidaklah berbeda jauh dengan desain pertama tadi. Namun, pada desain ini mengusung pintu yang bermotif ukiran khas Bali.

    Desain Rumah Bali Modern-Tradisional
    foto@Rumah123.com

    Adapun soal fasad lantai satu rumah yang mengekspos batu bata. Supaya dekorasinya tampak lebih serasi, maka tulang atau tiang kanopi di area carport (garasi) harus terbuat dari bahan kayu yang berwarna cokelat gelap.

    Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Kayu Terbaik

    7. Desain Interior Rumah Khas bali

    Tak hanya area luar, nuansa khas Bali juga harus diciptakan di dalam ruangan. Mengenai caranya, kamu bisa menghadirkan nuansa khas Bali dari desain interior rumah. Seperti memperbanyak dekorasi yang bernuansa tradisional berbahan kayu.

    Desain Interior Rumah Khas bali
    foto@Bramblefurniture.com

    Untuk mempercantik tampilan desain interiornya, maka kamu harus memberi sentuhan akhir dengan menambahkan lampu gantung yang dihiasi oleh rangka bermotif. Selain itu, buatlah bukaan yang besar sehingga kondisi ruangannya tidak terasa gelap.

    Nah, itulah berbagai ide desain rumah khas Bali yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun rumah.