BLANTERORBITv102

    Inspirasi Desain Rumah Kayu Terbaik 2021

    Sabtu, 19 Desember 2020

    inspirasi desain rumah kayu

    inspirasi desain rumah kayu terbaik 2021 -
    Sudah sejak dari dulu kayu memang kerap digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sebuah hunian. 

    Mulanya, rumah kayu selalu di identikan pada orang-orang dengan ekonomi kelas menengah ke bawah.

     Pasalnya, rumah kayu di anggap sebagai alternatif bagi mereka yang tidak mampu membeli bahan bangunan yang terbuat dari batu bata maupun batako. 

    Padahal, sekarang ini desain rumah kayu memiliki nilai tingkat kerumitan yang tinggi serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit lho.

    Ngomong-ngomong soal rumah kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan berbagai inspirasi desain rumah kayu terbaik 2021. 

    Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

    Berikut Adalah Beberapa Desain Rumah Kayu, Rekomendasi Untuk Anda

     Hampir setiap desain rumah kayu menyuguhkan tampilan yang realistis dan seakan - akan saat kita berada di dalam rumah kayu terasa seperti berada di alam. 

    Hal ini karena di dapat dari aroma kayu. Beberapa desain rumah kayu di bawah ini, bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Berikut ulasannya

    1. Desain Rumah Kayu Kanada

    Rumah desain kayu ala Kanada ini benar-benar menyuguhkan perpaduan nuansa unik dan elegan. Salah satu keunikan yang paling menonjol pada desain rumah kayu Kanada, yakni terdapat pada bagian log yang menjadi elemen utamanya.

    Pasalnya, log tersebut memiliki ukuran besar yang tampil dengan perpaduan warna coklat tua dan coklat muda. Hasilnya, desain rumahnya pun tampak seperti rumah lego.

     

    desain rumah kayu kanada

    Bukan hanya itu, bentuk simetris yang dimilikinya juga menjadi masih daya tarik lainnya dari rumah kayu khas Kanada. 

    Sedangkan kedua sisi samping rumahnya hanya mengusung pola warna kayu yang berbeda-beda, sehingga terkesan lebih natural.

    Baca Juga : Inspirasi Dekorasi Rumah, Tampil Lebih Mewah Dan Elegan

    Bahkan, bagian dalamnya pun tidak kalah menariknya lho. Soalnya, pola log pada bagian dalamnya dapat memberikan nuansa ramai dan kehangatan. Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memikirkan dekorasi dindingnya.

    2. Desain Rumah Kayu Sun

    Desain rumah kayu sun terdiri dari 3 studio dan 3 kamar tidur, yang berasal dari Negara Polandia. Jika rumah kayu khas Kanada menyuguhkan nuansa yang elegan dan unik, maka rumah kayu khas Polandia ini menghadirkan nuansa kemewahan. 

    Ya, hal itu dikarenakan terdapat kaca berukuran besar di bagian depan rumah, sehingga terkesan lebih modern dan stylish.

     Umumnya, bagian dalamnya didominasi oleh warna putih yang kontras. Hasilnya, warna putih yang dominan tersebut dapat memberikan sensasi nyaman dan rileks.

    desain rumah kayu sun

    Menariknya lagi, ada salah satu kamar yang menggunakan beragam furniture dengan rangka berbahan kayu. Seperti halnya meja, lemari, hingga rangka kasurnya pun terbuat dari bahan kayu.

    Mengingat akan hal itu, maka kita tidak perlu membutuhkan banyak dekorasi karena sudah terdapat warna abu yang berbaur dengan warna perabotan kayu.

    Baca Juga :  Dekorasi Taman Depan Rumah, Dapat Memberikan Banyak Manfaat Untuk Anda

    Belum lagi bagian halamannya yang berukuran luas, sehingga dapat memberikan manfaat yang multifungsi.

    3. Desain Rumah Kayu Minimalis

    desain rumah kayu minimalis

    Memang tidak bisa di pungkiri lagi, bahwa tipe rumah minimalis selalu mengedepankan unsur kesederhanaan dan simple.

    Begitu pun pada desain rumah kayu minimalis, yang terkesan simple namun masih tetap menonjolkan sisi manisnya.

    Apalagi jika diberi kaca berukuran besar di bagian depannya, yang dijamin akan membuat orang-orang kagum saat memandangi rumah kayu minimalis tersebut. Bagaimana, apakah anda juga tertarik pada desain rumah kayu yang satu ini ?.

    4. Desain Rumah Kayu Tradisional

    desain rumah kayu tradisional

    Ingin mendapatkan rumah dengan nuansa yang Indonesia banget? Jika iya, maka desain rumah kayu tradisonal ini merupakan pilihan yang paling tepat. Terdapat beragam jenis rumah kayu khas Dayak, yang memiliki ciri khas berupa rumah panggung.

     Biasanya, bagian bawahnya tersebut kerap digunakan sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga, kerabat, maupun tetangga. Pada umumnya, rumah kayu khas Dayak ini akan ditopang oleh beberapa buah batang kayu yang tinggi rata-ratanya mencapai 5 meter.

    Baca Juga : Perbedaan Kayu Jati dan Merbau yang jarang diketahui

    perlu diketahui bahwa dalam membangun sebuah rumah kayu tentunya ada kelebihan dan kekurangan nya, berikut inilah dia:

     
    Kelebihan Rumah Kayu 

    • Dapat Memberikan Nuansa Alami dan Menyejukkan

    Kayu adalah isolator alami yang memiliki fungsi dan terbukti efektif dalam mengisolasi suhu panas maupun dingin. Itu artinya, desain rumah kayu ini dapat menghemat lebih banyak energy ketimbang rumah yang menggunakan bahan batako atau batu bata. Apalagi dengan pori-pori yang terdapat pada antar kayu dan desainnya yang tipis, sehingga akan membuat sirkulasi udara didalamnya menjadi lebih baik serta terasa sejuk.

    • Tahan Terhadap Goncangan

    Siapa bilang bahwa rumah kayu itu rentan terhadap goncangan? Buktinya, desain rumah kayu ini mampu menahan goncangan saat terjadi gempa lho. Berbeda dengan jenis-jenis bangunan yang menggunakan bahan batu bata maupun batako, yang kerap terjadi keretakkan sehingga akan roboh saat gempa melanda.

    • Tampilan Rumah Terkesan Lebih Artistik

    Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material kayu dapat menyuguhkan nuansa natural sehingga terkesan artitistik. Apalagi jika menggunakan tipe kayu dengan motif corak yang bervariasi, maka akan membuat tampilan rumahnya semakin sedap untuk dipandang.

    • Dapat Meredam Suara

    Sebuah hunian yang nyaman dan tenang memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Nah, untuk anda yang ingin memiliki hunian yang bebas dari kebisingan, maka desain rumah kayu ini merupakan pilihan paling tepat.

     Baca Juga : Manfaat Lantai Kayu yang tidak dimiliki Jenis penutup Lantai lain

    Kekurangan Rumah Kayu  

    • Resiko Terhadap Kebakaran

    Kayu merupakan salah satu material yang rentan terhadap api, sehingga kekurangan rumah kayu yang paling berisiko adalah bahaya kebakaran. Untuk dapat meminimalkan ancaman kebakaran adalah dengan memilih jenis kayu yang relatif lebih tahan terhadap api pada bagian rumah yang sering berhubungan dengan api. Selain itu, dalam merancang desain rumah, area dapur lebih mendapat perhatian.

    • Harga Kayu Relatif Mahal

    Untuk membuat rumah kayu yang bagus tentu membutuhkan kayu yang berkualitas seperti kayu ulin, jati, bangkirai, dan sebagainya. Keberadaan kayu-kayu berkualitas tersebut sudah mulai berkurang dan terlindungi, sehingga harga kayu cenderung semakin mahal

    • Proses Pengerjaan Yang Lama

    Dalam membangun sebuah rumah kayu tidaklah mudah, karena membutuhkan orang yang asli di bidang desain rumah kayu agar rumah kayu tersebut terlihat lebih alami dan nyaman. Serta dalam proses pengerjaan nya pun sangat rumit.

    • Faktor Cuaca
    Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap rumah kayu, karena jika turun hujan dan panas secara terus menerus akan mengakibatkan kayu menjadi lapuk. sehingga memicu adanya serangan serangga dan rayap.

    Itulah dia pembahasan mengenai desain rumah kayu terbaik dalam tahun 2020 ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin membangun sebuah rumah yang terbuat dari bahan dasar kayu. Sekian dan terimakasih