BLANTERORBITv102

    Mengenal Kayu Kamper Yang Memiliki Manfaat Bagi Kehidupan Manusia

    Minggu, 08 Agustus 2021
    kayu kamper

    Kayu kamper — hampir setiap jenis kayu adalah bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia, salah satu contohnya hasil dari kayu yang memiliki nilai ekonomi tinggi, yaitu kayu kamper.

    Di Indonesia, kayu kamper telah lama menjadi alternatif bahan bangunan yang harganya lebih terjangkau. Meskipun tidak seawet kayu jati dan sekuat kayu ulin, akan tetapi kayu kamper memiliki serat kayu yang halus.

    Ingin tahu lebih dalam mengenai kayu kamper ?. Berikut adalah ulasan mengenai kayu kamper, dan ternyata kayu kamper pun dapat dijadikan obat lho.

    Mengenal Kayu Kamper

    Kebutuhan kayu sebagai bahan bangunan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Bertambahnya permintaan kayu tidak terpenuhi akibat pasokan kayu utuh mengalami kekurangan, sehingga kayu kamper pun menjadi salah satu pilihan lain dalam kebutuhan kayu.

    Kayu kamper merupakan salah satu jenis kayu yang dapat kita jumpai dengan mudah di Indonesia. lebih tepatnya tersebar banyak di pulau Kalimantan. 

    Hal ini karena pohon kamper menyukai iklim tropis yang ada di Indonesia ini. Jika kita mengetahaui lebih dalam dari pohon kamper, untuk karakteristik-nya cukup unik, mulai dari daya tahan hingga pemanfaatanya. Seperti penjelasan di bawah ini.

    Pertumbuhan Pohon Kamper


    pertumbuhan pohon kamper

    Pertumbuhan pohon kamper secara umum dapat tumbuh dengan ketinggian 20 - 30 meter. Serta memiliki diameter 0,6 - 1,2 meter. 

    Memiliki batang pohon yang baik, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku furniture hingga konstruksi. Disamping itu, dalam proses pengolahan kayu kamper tergolong cukup mudah, sebab memiliki serat yang lurus.

    Tingkat Ketahanan Dan Keawetan Kayu Kamper


    daya tahan kayu kamper

    Untuk kayu kamper memiliki berkualitas tinggi, diperoleh dari tingkat keawetanya kelas II dan tingkat kekerasannya kelas I dan II, sehingga kayu kamper dipercaya memiliki daya tahan yang baik, ya walaupun tidak sebaik seperti kayu jati, namun bisa menjadi solusi pilihan lain.

    Baca Juga : Perbedaan Kayu Jati dan Merbau yang jarang diketahui

    Harga yang ditawarkan oleh kayu kamper tergolong cukup terjangkau, maka tak heran kayu ini dapat menjadi rekomendasi pilihan lain.

    Kayu Kamper Memiliki Aroma Khas 

    Pohon kayu dengan nama latin Cinnamomum camphora atau akrab dengan sebutan kayu kamper di telinga masyarakat karena baunya seperti kamper atau kapur barus yang memiliki bau khas dan menyengat.

    Meskipun memiliki bau yang khas dan menyengat, furniture yang terbuat dari kayu ini setelah dilakukan pengolahan dan finishing tidak akan memiliki bau menyengat seperti kamper.

    Aroma khas kamper yang dimilikinya, membuat kamper tidak disukai oleh hama seperti rayap, maka dapat kita simpulkan bahawa kayu kamper sangat cocok sebagai bahan baku furnitre bukan ?.

    Motif Dan Warna Kayu Kamper


    motif dan warna kayu kamper

    Salah satu yang wajib kita ketahui dari kayu kamper ialah, terdapatnya serat yang lurus serta corak bergelombang sehingga tampilan yang dimilikinya pun cukup indah.

    Baca Juga : Tips Memilih Lantai Kayu Yang Berkualitas

    Bagi para pengrajin kayu kerap memanfaatkan kayu kamper sebagai bahan dasar material olahan kayu yang memiliki banyak manfaatnya.

    Kayu kamper pun sama seperti jenis kayu lainnya, yang memiliki nilai kelebihan dan kekurangannya, sperti penjelasan di bawah ini.

    Kelebihan yang dimiliki oleh kayu kamper :

    • Memiliki aroma khas yang membuat rayap tidak menyukainya.
    • Salah satu point unggul dari kayu kamper ialah, harganya yang cukup terjangkau.
    • Tekstur serat yang berbentuk lurus serta bergelombang membuat para pengrajin kayu mudah dalam mengolahnya.
    • Populasi pohon kamper di alam, masih dapat ditemukan dengan mudah.

    Kekurangan yang dimiliki oleh kayu Kamper :

    • Mudah menyusut jika sering terkena air.
    • Membutuhkan proses yang panjang untuk di jadikan olahan furniture.
    • Dibutuhkan teknik pengamplasan yang tepat supaya bisa menghasilkan tekstur yang diinginkan.
    • Aroma khas yang dihasilkan kayu kamper bisa menyebabka alergi pernapasan.
    Itulah beberapa nilai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kayu kamper. Tidak sampai disitu saja, karena dari penjelasan sebelumnya selalu membahas hasil pemanfaatan kayu kamper. Sehingga akan terasa kurang jika kita tidak mengetahui lebih dalam bukan ?. berikut adalah penjelasan pemanfaatan kayu kamper.

    Hasil Dari Kayu Kamper, Memiliki Ragam Manfaat

    Ada banyak manfaat yang di hasilkan dari kayu kamper salah satu contohnya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. 

    Bukan tanpa alasan, manfaat itu berasal dari berbagai macam kandungan kayu kamper, seperti dibawah ini.

    Bisa dijadikan bahan obat-obatan dan bahan pengusir serangga


    manfaat kayu kamper

    Mengapa kayu kamper bisa dijadikan bahan obat ? karena kayu kamper memiliki kandungan borneol seperti kristal pada kamper yang sangat tinggi. 

    Borneol potensial sebagai bahan baku obat-obatan organik. Dahulu, minyak kapur telah digunakan dalam pengobatan tradisional penyakit ringan dan minyak gosok.

    Senyawa borneol juga berpotensi menghambat aktivitas mikroba, bakteri dan mengandung antioksidan tinggi. 

    Terdapat sebuah fakta dari hasil uji bioaktivitas menunjukkan senyawa borneol mampu memperbaiki sistem saraf dan memiliki efek menenangkan. 

    Disisi lainnya tidak hanya dimanfaatkan sebagai kesehatan saja. Hasil dari pohon kamper yang diolah dan menjadi sebuah kapur barus berkhasiat untuk membasmi serangga.

    Cukup menarik ya, setelah mengetahui hal ini. Ternyata istilah nama kamper yang biasa kita beli ti toko klontong, merupakan nama sebuah kayu.

    Dipergunakan untuk bahan baku konstruksi dan furniture


    manfaat kayu kamper untuk bahan baku kontruksi

    Kayu merupakan bahan baku yang fleksibel, serbaguna, dan salah satu bahan baku konstruksi yang berkelanjutan. Hal tersebut terjadi karena kayu diperoleh dari hasil penebangan pohon, baik di hutan alam.

    Kayu telah digunakan sebagai bahan bangunan selama ribuan tahun. Bahan baku yang serbaguna ini selain digunakan untuk konstruksi bangunan, juga banyak digunakan dalam industri furnitur dan dekorasi rumah, di samping bidang usaha lainnya. 

    Baca Juga : Inspirasi Desain Rumah Kayu Terbaik 2021

    Kayu kamper pada umumnya sering dipakai sebagai bahan utama dalam pembuatan konstruksi bangunan. Karena memiliki kelebihan sebagai kayu yang anti terhadap rayap serta tidak mudah lapuk.

    Selain itu, industri perkayuan seperti mebel atau furniture juga menggunakan kamper sebagai bahan utama untuk kebutuhan dalam rumah tangga.

    Itulah penjelasan mengenai kayu kamperyang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, oleh sebab itu sampai saat ini penggunaan kayu kamper masih dipergunakan sebagai nilai ekonemi yang tinggi.