BLANTERORBITv102

    Mengenal Kayu Bengkrai Dan Pemanfaatan Yang Dihasilkan

    Kamis, 29 April 2021

    Dalam membangun sebuah rumah pastinya tidak terlewatkan untuk penggunaan kayu sebagai bahan baku pembangunannya, Hal ini dikarenakan kayu merupakan material yang sampai saat ini memiliki, mudah dipergunakan, daya tahan yang baik, dan juga terdapat nilai ekonomi yang tinggi.

    Indonesia dengan memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah serta terdapatnya berbagai macam tumbuhan yang tersebar di masing-masing pulua Indonesia, sehingga kayu dalam penggunaan bahan baku oleh masyarakat indonesia tidak melewatkan manfaat dari jenis material yang satu ini. 

    Kayu memang terdapat banyak manfaat karena mudah didapat serta memiliki berbagai macam jenisnya, salah satu contohnya yaitu kayu bengkirai dengan tampilan yang indah dan juga daya tahan yang baik.

    Kayu bengkirai memang salah satu jenis yang sering dilirik dan dipergunakan karena sifatnya yang mudah diolah sehingga dalam berbagai macam kebutuhan pun sering dipergunakan sebagai material bahan madasar.

    Akan tetapi dari itu semua. Apakah anda sudah mengetahui pohon bengkirai dengan manfaat yang dimilikinya ?.

    Bagi anda yang belum mengetahui jenis pohon yang satu ini, disini saya akan memberikan informasi yang mungkin penting bagi anda mengenai karakteristik pohon bengkirai dan pemanfaatan dari kayunya, berikut ulasanya.

    Karakteristik Pohon Bengkirai


    Pohon bengkirai atau istilah lainnya yaitu yellow balau merupakan tumbuhan yang dapat kita jumpai di beberapa hutan Indonesia dan juga tersebar di luar Indonesia seperti, malaysia dan Filipina.
    Pohon bengkirai salah satu jenis tumbuhan yang termasuk kategori penghasil kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, dan jenis kayu lainnya. Mengapa demikian ?. Karena pohon bengkirai mempunyai daya tahan yang stabil. Nah untuk lebih jelasnya lagi seimak penjelasan yang satu ini.

    Daya Tahan yang dimiliki pohon bengkirai

    Pohon bengkirai memiliki tingkat kekerasan kelas I-II dan tingkat keawetannya kelas II. Dengan memilkiki tingkat ketahanan dan keawetannya berkualitas tinggi sehingga tidak dipungkiri lagi pohon bengkirai sering sekali dicari oleh bagi para pengolah kayu untuk dijadikan berbagai macam olahan kayu.

    Pertumbuhan pohon bengkirai

    Pohon bengkirai yang memiliki batang pohon berdiameter hingga 120 cm dengan tinggi mencapai 40 meter. Disamping itu juga pohon bengkirai dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh pada ketinggian 600 mdpl dengan curah hujan yang baik.

    Warna dan motif pohon bengkirai

    Memiliki warna batang kayu coklat kekuningan dengan memiliki tekstur dari halus hingga kasar serta memiliki batang serat yang lurus sehingga jenis kayu bengkirai memiliki tampilan yang terkesan mewah. 

    Dengan miliki karakteristik yang cukup beragam, oleh karena itu kayu bengkirai kerap sekali dipergunakan berbagai macam olahan pemanfaatan kayu. Lalu jenis pemanfaatan apa sajakah itu ?. Yuk kita cari lebih dalam lagi mengenai kayu bengkirai. Simak penjelasan yang satu ini.

    Pemanfaatan yang dihasilkan dari kayu bengkirai


    Kayu bengkirai merupakan jenis kayu yang banyak dimanfaatkan bagi sebagian orang. Sama halnya seperti jenie kayu keras lainnya.
    Sifatnya yang mudah diolah dan juga memiliki daya tahan yang baik bahkan hasil olahannya pun dapat dipergunkaan hingga puluhan tahun lamanya. Diantara olahan tersebut yaitu :

    Dipergunakan bagi para pengrajin

    Untuk para pengrajin kayu digunakan sebagai olahan furniture dari kerajinan tangana seperti ukiran dan diolah untuk pembuatan mebel karena kayu bengkirai memiliki tampilan yang indah dengan memiliki warna yang cerah kekuningan sehingga bagi para pengrajin dianggap cocok untuk dipergunakan disamping itu juga kayu bengkirai sudah mulai banyak peminatnya.

    Sebagai bahan baku kontruksi 

    Kayu bengkirai sering sekali dipergunakan menjadi bahan baku kontruksi seperti tiang penyanggah, jembatan, bantalan rel kereta api, dan lain sebagainya.

    Karena kayu bengkirai mempunyai daya tahan yang sangat setabil dan dianggap mampu dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama selain itu juga untuk proses pengolahannya terbilang mudah untuk dioalah berbagai macam kebutuhan.

    Dijadikan Penutup Lantai ( Lantai Kayu )

    Selain dipergunakan sebagai bahan baku kontruksi dan kerajinan ternyata kayu bengkirai dapat diolah untuk lantai bangunan, ya itu karena jenis kayu bengkirai dianggap mampu untuk dijadikan olahan lantai kayu dengan apa yang dimilikinya dari segi ketahanan,keawetan dan tampilannya sudah memenuhi syarat untk diolah sebagai lantai pada bangunan rumah.

    Lantai Kayu Outdoor ( Decking Kayu )

    Lantai kayu outdoor atau disebut juga decking kayu merupakan olahan yang dihasilkan dari kayu bengkirai. Memiliki tingkat keras yang baik dan juga nyaman saat dipergunakan terlebih decking bengkirai dapat anda gunakan untuk memperindah lantai pada area luar rumah anda.

    Dengan ciri warna coklat kekuningan menjadikan decking kayu pada saat anda gunakan untuk bangunan rumah, dapat memberikan kesan yang lebih mewah. 

    Baca Juga : Fakta Mengenai Decking Kayu

    Decking kayu bengkirai mempunyai spesifikasi ukuran yaitu dengan tebal 1,9 cm, lebar 9 cm, dan panjang 100 cm, dengan ukuran yang pas, dapat membuat area luar Anda semakin tertata rapih dan indah. Decking kayu bengkirai memilii harga sekitar Rp. 390.000/m2, harga tersebut tergolong pas bagi anda yang menginginkan tampilan rumah terlihat lebih indah dan menawan.

    Adapun keunggulan yang dimiliki decking bengkirai seperti :

    • Memiliki motif dan warna yang dapat memberikan kemewahan pada suatu bangunan.
    • Daya tahan yang baik dari segi keawetan dan kekerasan sehingga untuk pemakaiannya dapat digunakan jangka panjang.
    • Nyaman saat dipergunakan sebab pada saat dipijak akan terasa empuk.
    • Tidak lici karena terdapat fitur anti slip yang terdapat pada permukaan lantainya bertujuan agar memiliki fisik yang kesat.
    Itulah penjelasan mengenai kayu bengkirai yang berkualitas baik, dari segi ketahanan maupun keawetannya. Nah, bagaimana pendapat anda mengenai jenis kayu yang satu ini cukup bermanfaat bukan dalam penggunaannya.

    Apalagi terdapat hasil olahan yang cukup menarik, yang dimana digunakan sebagai lantai kayu, dengan tampilan yang indah dan nyaman saat sedang dipergunakan. Dengan begitu akan terasa lebih sempurna jika lantai kayu bengkirai ada pada hunian anda.