BLANTERORBITv102

    Mau Menggunakan Lantai SPC ?. Perhatikan Kualitasnya

    Kamis, 27 Mei 2021
    Lantai SPC

    Dalam perkembangan jaman yang cukup pesat ini lantai merupakan material yang dipergunakan sebagai pelindung dari benda-benda material secara langsung pada kaki anda, juga sebagai menambah tampilan hunian terlihat lebih indah.

    Penutup lantai pada umumnya memiliki tekstur yang halus dan daya tahan yang baik, seperti halnya lantai vinyl dengan fisik yang elastis dan juga pada bagian permukaan lantai terdapat motif dan warna seperti kayu.

    Namun, apakah anda sudah mengetahui, ternyata terdapat penutup lantai yang hampir sama seperti lantai vinyl, hanya saja jenis ini memiliki fisik yang lebih kokoh dan bahan yang sedikit berbeda dari lantai vinyl.

    Lalu apakah itu ?. yaitu Lantai SPC, yang dimana tipe ini hampir sama dengan lantai vinyl dengan adanya beberapa varian tipe juga terdapatnya motif dan warna seperti kayu.

    Dari segi pemakaian Lantai SPC ataupun Lantai Vinyl biasanya cukup digemari dalam pemasang pada bangunan hotel dan villa sebab hal ini sangat menguntungkan bagi para pemilikinya, sebab disaat proses pemasangan tidak mengeluarkan bising dan juga sisa-sisa hasil potongan pun sedikit.

    Itu sebabnya lantai ini dirancang menjadi alternatif lain dari lantai kayu. Pastinya terdapat pertanyaan mengapa lantai SPC cenderung memiliki kesamaan dengan lantai vinyl bukan ?. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan dibawah ini.

    Mengenal Lantai SPC

    Lantai SPC

    Lantai SPC ( Stone Plastic Composite ) adalah lantai tangguh generasi baru dari pelapis lantai yang merupakan pengembangan dari Luxury Vinyl Tiles (LVT) Sebab meningkatnya permintaan pasar aka kebutuhan lantai vinyl dan juga penyesuaian yang disempurnakan agar dapat diaplikasikan segala hal.  Biasanya lantai SPC cocok digunakan area kamar mandi dan dapur karena memiliki sifat 100 persen kedap air.
    Keuntungan menggunakan lantai ini juga sangat banyak. Yang paling utama, yaitu ramah lingkungan. Penelitian menunjukkan bahwa lantai SPC tidak melepaskan formaldehida atau zat radioaktif. Seperti bagian-bagian lapisan dari lantai spc seperti dibawah ini.

    Lapisan-Lapisan lantai SPC

    Lantai SPC
    Untuk menghasilkan pelapis lantai yang kuat, lantai spc dibuat dengan menyusun beberapa layer atau lapisan sekaligus. 

    Berikut ini layer yang yang umumnya digunakan pada SPC Flooring:

    • Lapisan terluar atau wear layer : lapisan terluar dari SPC. Berwarna bening transparan, terbuat dari bahan anti gores dan anti noda.
    • Lapisan vinil atau vinyl top coat : setiap lantai spc memiliki lapisan vinyl tepat di bawah lapisan terluarnya. Lapisan inilah yang memiliki warna, tekstur, atau pola untuk menambah estetika. 
    • Inti SPC : lapisan inilah yang merupakan inti dari SPC Flooring. Lapisan inti ini terbuat dari campuran kalsium karbonat (batu kapur), bubuk PVC, dan stabilizer untuk menghasilkan pelapis lantai yang stabil dan tahan air.
    • Lapisan tambahan: fungsinya untuk meredam suara atau meningkatkan kelembutan pada lantai.
    Selain dari beberapa karakteristik yang terdapat dari bagian-bagian lantai spc, tidak dilewatkan juga lantai spc terdapat nilai plus minusnya. Apa sajakah Itu ?. simak penjelasan berikut ini.

    Plus Minus Yang Dimiliki Oleh Lantai SPC

    Lantai SPC

    Seperti yang sudah kita ketahui beberapa jenis lantai pastinya terdapat kelebihan dan kekurangannya. Nah sama halnya juga dengan lantai spc yang memiliki hal tersebut, seperti ulasan dibawah ini.

    Kelebihan Dari Lantai SPC :

    • Lantai SPC memiliki daya tahan terhadap air. Namun perlu anda ketahui sifatnya tahan akan air, bukan berarti lantai ini dapat diaplikasikan pada area outdoor ya, sebab jika ditempatkan pada area outdoor lambat-laun akan mengalami kerusakan yang menyebabkan mengelupasnya permukaan lantai.
    • Tampilan yang memberikan keindahan dan nilai estetik, dengan adanya beberapa varian motif dan warna kayu atau pun batu pada permukaan lantai SPC
    • Satu kekhawatiran besar untuk lantai kayu tradisional adalah pemuaian dan kontraksi yang menyebabkan lantai bergeser atau melengkung. Inti yang kaku tidak mengembang atau berkontraksi, bahkan ketika terdapat uap air.
    • Dalam pemasangan lantai SPC tergolong cukup mudah, ya itu tidak diherankan lagi bukan karena didesain hasil dari pengembangan lantai vinyl.

    Kekurangan Dari Lantai SPC :

    • Sedikit kurang nyaman pada saar memijkaan kaki karena pada bagian permukaan lantai yang kaku, itu sebabnya lantai spc direkomendasikan penempatan pada area kamar mandi dan juga dapur
    • Walaupun terdapat warna dan motif seperti kayu, jika dilihat dari segi tampilannya kurang natural.

    Lalu apa bedanya Vinyl dan SPC ?

    Jika kita uraikan dari penjelasan sebelumnya terdapat pembahasan mengenai lantai vinyl bukan. Untuk perbedaannya dilihat dari fisiknya lantai vinyl memiliki elastisitas yang stabil, sedangkan lantai SPC agak sedikit kaku. Itu Sebabnya Lantai SPC tergolong cukup kokoh dalam penerapannya.

    Bagaimana Perawatan Lantai SPC ?

    Merawat dan memelihara lantai SPC cukup sederhana dan mudah. Pastikan Anda memiliki rutinitas rutin pada pembersihan dasar seperti menyapu dan mengepel. 

    Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan lantai SPC seperti penempatan barang-barang yang tidak menyebabkan kerusakan, contohnya terkena goresan dan juga permukaan mengalami kerusakan parah dari benda yang memiliki beban lebih. 


    Berapakah Harga Yang Dimiliki Oleh Lantai SPC ?

    Lantai SPC memliki harga yang cukup bervariasi dengan adanya beberapa bran ternama dan cukup populer dikalangan masyarakat, seperti penjelasan dibawah ini.

    Harga yang dimiliki oleh lantai spc

    Lantai SPC

    Dengan adanya beberapa brand yang cukup populer dari lantai SPC sehingga dalam penggunaannya pun tidak diragukan lagi dari segi kulaitas yang dimilikinya.

    Itulah penjelasan mengenai lantai SPC yang menjadi solusi alternatif dari penggunaan lantai kayu. Dengan demikian bagi anda yang telah mengikuti ulasan kali ini sampai selesai hal yang didapat adalah wawasan semakin berkembang.