BLANTERORBITv102

    Lantai Kayu Sonokeling Dengan Tampilan Yang Artistik

    Kamis, 20 Mei 2021

    pohon sonokeling

    Berbagai macam tumbuhan yang bisa kita jumpai di Negara tercinta ini, dengan keaneka ragaman jenis-jenis tumbuhan yang dimilikinya. Habita dan populasi yang masih terjaga akan kelastarian alam. dan masih banyak jenis tumbuahan yang bisa kita dapati. Salah satu jenis yang sudah cukup dikenal luas bagi masyarkat Indonesia yaitu pohon sonokeling dengan berbagai macam pemanfaatan seperti lantai kayu.

    Lantai kayu yang menggunakan bahan dari kayu sonokeling memang dipercaya memiliki nilai lebih seperti keindahan dan kenyamanan saat mempergunakannya. 

    Akan tetapi apakah anda sudah mengetahui jenis pohon yang satu ini dengan tampilan indah yang dijadikan lantai kayu. Bagi anda yang belum mengetahui lebih dalam dengan jenis kayu yang satu ini, simak penjelasan berikut ini.

    Mengenal Pohon Sonokeling

    Pohon sonokeling yaitu jenis tumbuhan dari suku Fabaceae atau istilah lainnya adalah Rosewood dengan memiliki ukuran tinggi pohon sekitar 20 - 40 meter. Pohon sonokeling ini menhasilkan buah berwarna coklat, didalam buah tersebut umumnya terdapat 1-4 biji yang lunak berwaran kecoklatan dan tidak pecah ketika sudah masak.

    Pohon Sonokeling Dapat tumbuh dengan baik apabila tumbuh terletak di ketinggian 600 mdpl dan curah hujannya 750-5000 mm/tahun dengan drainase yang baik.

    Baca Juga : Lantai Kayu Jati Dengan Harga Terjangkau

    Pohon yang menghasilkan kayu berwarna coklat kehitaman ini hanya dapat kita jumpai secara alami di hutan  jawa tengah dan jawa timur. Selain di Indonesia pohon sonokeling juga dapat ditemukan di negara India tepatnya di kaki gunung himalaya.

    Selain itu juga pohon sonokeling menghasilkan kayu yang berkualitas tinggi dengan memiliki beberapa keunggulannya seperti dibawah ini.

    Keunggulan yang dimiliki kayu sonokeling

    • Kayu sonokeling memiliki isifat yang mudah diolah sehingga dapat dipergunakan berbagai macam pemanfaatan kayu.
    • Daya tahan yang stabil sehingga hasil olahan dari kayu sonokeling dapat bertahan cukup lama.
    • Tahan dari serangga seperti rayap.
    • Terdapat motif dan warna yang cukup indah dengan memiliki nilai artistik.
    Kayu sonokeling memang tidak diragunakan lagi akan kualitas yang dimilikinya, oleh sebab itulah jensi ini dapat dimanfaatkan berbagai macam olahan, seperti penjelasan dibawah ini.

    Pemanfaatan Kayu Sonokeling

    pemanfaatan lantai kayu sonokeling

    Kayu sonokeling termasuk jenis tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, sebab terdapat serat motif yang indah, sehingga kayu sonokeling cukup potensial untuk dibudidayakan karena sifatnya yang menjadi primadona di pangsa pasar perdagangan kayu.
    Sifatnya yang memiliki kekuatan dan keawetan berkualitas tinggi serta terdapat motif bergelombang  dengan dilengkapi warna coklat kehitaman. Maka tidak heran kayu sonokeling kerap dimanfaatkan hasil kayunya seperti :

    Dipergunakan sebagai bahan baku furniture, bagi para pengrajin kayu. Kayu sonokeling kerap diolah untuk dijadikan meja, lemari, kursi, dan lain sebagainya karena tidak hanya dilihat dari segi daya tahannya malainkan hasil olahan dari kayu sonokeling memiliki daya pikat tersendiri.

    Sebagai bahan baku pembuatan alat musik, seperti yang sudah kita ketahui dari penjelasan sebelumnya mengenai kayu sonokeling yang memiliki tampilan menarik. Maka dari itu bagi para pabrikan pembuatan alat musik tidak melewatkan jenis kayu yang satu ini untuk dipergunukan sebagai alat musik seperti gitar, piaono, dan lain sebagainya. Hasil olahannya pun menghasilkan kualitas yang tinggi dapat dilihatnya dari suara yang jernih ketika menggunakan alat musik yang menggunakan kayu sonokeling.

    Sebagai bahan baku pembuatan lantai kayu, selain dimanfaatkan kebutuhan furniture dan dijadikan lalat musik dengan hasil yang indah. Kayu sonokeling pun dapat dipergunakan sebagai penutup lantai rumah yang diolah dan dijadikan lantai kayu.

    Lantai kayu sonokeling terbilang elegan pada tampilannya, dengan adanya beberapa produk yang dihasilkan seperti penjelasan dibawah ini.

    Produk Lantai Kayu Sonokeling

    Dalam penggunaan lantai kayu sonokeling sangat cocok abgi anda yang ingin tampilan rumahnya terkesan elegan apalagi bagi anda yang menyukai warna gelap, sehingga sangat cocok menjadi pilihan lain dalam menggunakan lantai kayu.

    Lantai kayu sonokeling disebut-sebut memiliki kualitas yang hampir menyerupai lantai kayu jati, maka dari itu dalam penggunaannya mulai saat ini banyak yang mempergunakannya sebagai penutup lantai bangunan.
    Bagi anda yang ingin menggunakan produk lantai kayu sonokeling dapat mempergunakan produk parquet dan flooring. Kedua produk tersebut dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin tampilan rumahnya terlihat lebih sempurna. Berikut penjelasan produk lantai kayu sonokeling.

    Produk Parquet Kayu Sonokeling

    lantai kayu sonokeling

    Parquet kayu sonokeling memiliki ukuran dengan tebal 1,2 cm, lebar 4,5 cm, dan panjang 19-30 cm. Dibandrol dengan harga yaitu Rp. 220.000, harga tersebut bisa dikatakan terjangkau yang disesuaikan peruntukannya.

    Parquet ini sangat cocok diterapkan pada area kamar tidur dengan memiliki ukuran yang dapat meneysuaikan tempat ruang kamar tidur anda. Tampilan yang dihasilkan dapat membawa anda terasa bernuansa alam sehingga bagi anda yang menggunakannya akan terasa nyaman.

    Flooring Kayu Sonokeling

    lantai kayu sonokeling

    Flooring kayu sonokeling memiliki ukuran dengan tebal 1,5 cm , lebar 9 cm, dan panjang 30-90 cm. Jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan parquet. Dalam penerpannya flooring sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu atau ruang keluarga yang memiliki ukuran ruangan yang luas.

    Anda dapat menggunakan flooring sonokeling dengan harga yang sesuai apa yang dihasilkannya yaitu Rp. 430.000.

    Lantai kayu sonokeling memang dipercaya dapat memberikan tampilan hunian terkesan lebih mewah, terlebih dalam penggunaannya pun dapat membuat nyaman yang dihasilkan dari permukaan lantai terasa empuk.

    Bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu sonokeling ataupun jenis lantai kayu lainnya, jawabnya dapat anda temukan di Bali Parket, murupakan prusahaan yang menyediakan berbagai macam kebutuhan lantai kayu mulai dari papan tangga, plafon kayu, dan lain sebaginya.

    Nah, bagi anda yang ingin menggunakan olahan tersebut, caranya sangat mudah yakni hanya tinggal klik pada gambar dibawah ini. Anda akan langsung diarahkan ke team marketing kami. Terimakasih

    lantai kayu