BLANTERORBITv102

    Bingung Ingin Menggunakan Lantai Kayu Atau Lantai vinyl ?. Kenali Perbandingannya

    Kamis, 13 Mei 2021
     
    Dalam hal memilih jenis lantai yang nantinya akan dipergunakan sebagai penutup lantai pada bangunan rumah anda, merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan bukan ?. sebab terdapat beragam jenis-jenisnya.

    Terlebih dari beberapa jenis lantai memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dapat kita lihat dari bahan baku yang dipergunakan, tampilan, daya tahan, dan lain sebagainya.

    Salah satu yang dapat membuat bingung bagi anda dalam memilih penutup lantai yaitu seperti jenis lantai kayu dan lantai vinyl. Dari kedua jenis tersebut terdapat kesamaannya seperti warna dan motif kayu pada permukaan lantainya.

    Iniliah salah satu contoh yang membuat kesulitan bagi anda dalam memilih lantai tersebut, oleh karena itu dalam hal memilih jenis lantai mana yang nantinya akan dipergunakan. Disini lah anda perlu mengetahui mengenai perbandingan dari kedua jensi lantai tersebut. Seperti penjelasan dibawah ini, yang menerangkan mengenai perbandingan lantai kayu dan lantai vinyl. 

    Karakteristik Lantai Kayu

    Lantai kayu atau parket merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari potongan kayu keras. Sseperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, dan kayu bengkirai, dan lain sebagainya.

    Dari jenis kayu keras tersebut dibedakan dari motif dan warna yang dimilikinya serta daya tahan dari masing-masing kayu keras tersebut.

    Terdapat 3 jenis olahan lantai kayu yang di desain sesuai peruntukannya dan juga kebutuhan yang nantinya akan diaplikasikan, seperti parket solid, parket laminate, dan parket engeered

    Untuk jenis parket solid memiliki daya tahan yang paling stabil dan berkualitas baik diantara jenis parket lainnya, hal ini dikarenakan parket solid menggunakan potongan langsung dari kayu keras serta tanpa adanya bahan campuran lain, atau dapat dikatakan 100% kayu murni.

    Lantai kayu dalam penggunaaan sebagai penutup lantai bangunan memiliki daya tahan yang baik karena dapat dipergunakan hingga belasan tahun lamanya. Akan tetapi bila anda ingin menggunakan lantai kayu agar bertahan lama perlu memperhatikan dari segi perawatannya sebab warna lantai kayu dapat kusam dan juga dapat mengalami pelapukan.

    Lantai kayu memiliki keindahan tersendiri terhadap tampilan bangunan bila menggunakannya, Warna dan motif yang terkesan natural menjadikan bangunan yang menggunakan lantai kayu mempunyai nilai estetikannya.

    Hanya saja dengan memiliki keuntungan yang dapat memberikan keindahan terhadap tampilan bangunan, pastinya mengenai soal harga yang dimilikinya pun relatif tinggi. Itu sebabnya lantai kayu mempunyai 3 varian jenisnya yang disesuaikan kebutuhan karena dari ke 3 jenis lantai kayu tersebut mempunyai harga yang berbeda-beda mulai dari harga menengah sampai yang tertinggi.

    Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh lantai kayu, seperti penjelasan dibawah ini.

     Kelebihan yang dimiliki oleh lantai kayu : 

    • Dapat dipergunakan jangka panjang karena menggunakan jensi kayu keras berkualitas tinggi.
    • Terdapat varian motif dan warna yang dimiliki lantai kayu sehingga memudahkan anda dalam hal memilihnya sesuai dengan selera anda.
    • Mempunyai aroma khas kayu dan juga terasa empuk saat di pijak, yang menajdikan nyaman untuk dipergunakan. 
    • Tahan terhadap rayap.

    Kekurangan yang dimiliki oleh lantai kayu :

    • Memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu agar mempersiapkan budget yang dimiliki oleh anda.
    • Tidak tahan dari air.
    • Mudah tergores pada permukaan lantainya.
    • Warna lantai dapat kusam sehingga anda perlu mengecat ulang kembali.
    Lantai kayu memang material jenis lantai yang dapat memberikan keindahan terhadap rumah, Akan tetapi tidak sampai disini saja sebab jenis lantai vinyl pun memiliki hal tersebut. Berikut penjelasannya.

     Karakteristik Lantai Vinyl


    Lantai vinyl merupakan jenis lantai sintetis yang berbahan dasar PVC ( polyvinyl cholaride ) dimana bahan tersebut berjenis plastik sehingga lantai vinyl mempunyai sifat yang elastisitas yang cukup stabil. 

    Dalam pembuatan lantai vinyl mempunyai beragam jenis motif dan warna kayu yang di dapat dari proses pencetakan, seperti pada contoh gambar dibawah ini. 

    dan teradapat anti gores pada permukaannya sehingga dapat melindungi dari benda-benda yang dapat merusak pada lantai vinyl.

    Terdapat 2 jenis yang dimiliki oleh lantai vinyl yakni, tipe roll dan tipe tile. Yang dimana dari kedua jenis tersebut memiliki brand ternama yang menyediakan berbagai jenis lantai vinyl yang bermotifkan kayu salah satunya yaitu Golden crown, Kendo, Hachiko, dan Home Deco. 

    Dari jenis-jenis brand vinyl tersebut mempunyai kualitas yang sama bagusnya dan sudah diakui di dunia karena dalam proses pembuatannya menggunakan alat yang modern dan dikerjakannya juga oleh tenaga profesional sehingga memiliki kualitas yang baik. Adapun contoh gambar motif-motif yang dimiliki lantai vinyl 

    Kelebihan yang dimiliki oleh lantai vinyl : 

    • Memiliki varian warna dan motif kayu yang hampir sama dengan lantai kayu. 

    • Memiliki elastisitas yang baik sehingga tidak mudah patah. 

    • Tahan terhadap air karena lantai vinyl tidak memiliki resapan pada permukaannya. 

    • Memiliki harga yang terjangkau dibandingkan lantai kayu karena menggunakan bahan PVC yang memiliki harga dibawah jenis-jenis kayu keras. 

    Kekurangan yang dimiliki oleh lantai vinyl :

    • Mudah terkelupas pada bagian bawah lantainya, sebab dalam pemasangannya hanya menggunakan lem perekat.

    • Jika terjadi kerusakan yang cukup parah, perlu menggantinya dengan yang baru.

    • Mempunyai aroma yang tidak sedap saat anda baru membelinya.

    • Terdapat bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan.

    Itulah penjelasan mengenai karakteristik dari kedua jenis lantai tersebut. Lalu perbandingan apakah yang terlihat ?. Sesuai dengan penjelasan yang tadi sudah kita bahas. 

    Hal yang menyangkut perbandingan antara lantai kayu dan lantai vinyl terdapat dari bahan dasar pembuatannya, namun terdapat juga perbandingan lainnya yaitu seperti penjelasan dibawah ini.

    Perbandingan Antara Lantai Kayu Dan Lantai Vinyl


    Untuk kedua jenis antara lantai kayu dan lantai vinyl memepunyai kesamaan pada saat dipergunakan sebagai penutup lantai pada bangunan rumah dan juga sebagai penambah hiasan interior yang dapat menciptakan nilai artistik dan natural bagi bangunan rumah. 

    Selain mempunyai kesamaan dalam penggunaannya lantai kayu dan lantai vinyl juga mempunyai kesamaan lain seperti mempunyai beberapa jenis, beberapa motif dan warna pada permukaannya hanya saja memiliki perbedaan dari penggunaan bahan dasarnya.

    Dilihat Dari Daya Tahannya

    Lantai kayu Karena menggunakan jenis kayu keras yang memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II sehingga tidak diragukan lagi dari segi kualitasnnya untuk dipergunakan dalam waktu jangka panjang.

     Lantai vinyl Dengan menggunakan bahan pvc dan mempunyai elastisitas yang baik sehingga dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang seperti lantai kayu.

    Segi Tanpilan Yang Dimiliki Lantai Kayu Dan Lantai Vinyl

    Lantai kayu Mempunyai kesan yang natural dan artistik untuk penggunaannya sehingga membuat tampilan bangunan menjadi lebih elegan dan menciptakan keindahan yang didapat dari lantai kayu. 

    Lantai vinyl Karena memiliki warna dan motif yang menyerupai lantai kayu sehingga dapat menciptakan tampilan elegan dan memiliki keindahannya.

    Segi Perawatan Dan Harga Yang Dimilikinya

    Perawatan dan pemasangan Lantai kayu Membutuhkan perawatan yang khusus dan pemasangan dengan teliti dengan memiliki tingkat kesulitan dalam proses pemasangannya sisi positifnya karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan lantai vinyl. 
     
    Lantai vinyl Tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan dalam proses pemasangannya juga dapat dilakukan dengan sendiri. 

    Harga Lantai kayu Jika dibandingkan dengan lantai vinyl, lantai kayu memiliki harga yang lebih tinggi karena untuk penggunaan bahan dasarnya menggunakan jenis-jenis kayu yang berkualitas baik. 
     
    Lantai vinyl Memiliki harga yang terjangkau karena menggunakan bahan pvc yang sudah banyak ditemukan dipangsa pasar dunia. 
     
    Dari perbedaan diatas masing-masing memiliki kriteria tersendiri sehingga dari lantai kayu dan lantai vinyl memiliki kualitas yang sama baiknya untuk dipergunakan pada bangunan rumah. 

    Teruntuk bagi anda mana yang paling baik untuk dipergunakan, itu tergantung dari selera maisng-masing hanya saja jika dilihat dari harga anda dapat memilih lantai vinyl atau jika anda melihatnya dari sisi kesehatan anda dapat memilih lantai kayu agar aman bagi kesahatan anda pada saat mempergunakannya.