BLANTERORBITv102

    Bingung mau pilih lantai keramik atau lantai vinyl ?. Kenali perbandingannya

    Minggu, 11 April 2021

     Lantai adalah bagian yang terpenting di dalam suatu bangunan, yang berfungsi untuk membuat karakter di suatu ruangan. Contohnya seperti ketika orang berjalan di atas lantai, maka karakter yang muncul adalah tahan lama, tidak licin dan berwarna netral.

    Disisi lain lantai meurapakan bagian dasar disuatu bangunan rumah dengan dibekali penambah interior penutup yang gunanya untuk disaat memijakan kaki dapat melindungi dari benda-benda material yang dapat membahayakan kaki anda.

    Dengan seiringnya waktu penutup lantai dapat di bentuk dan dibuat agar tampilan di suatu bangunan terkesan lebih indah bahkan nyaman saat dipergunakan.

    Disampin itu juga penutup lantai memiliki ragam jenisnya dengan dibedakan dari bahan dasar dan dibedakan dari cara peroses pembuatannya.

    Oleh sebab itu khususnya bagi anda yang sedang membangun rumah atau sedang berencana ingin membangun rumah akan mempergunakan lantai mana yang akan dipilih, perlu anda ketahui mengenai perbedaan dari masing-masing jenis penutup lantai.

    Akan tetapi ada beberapa jenis penutup lantai yang hampir memiliki kesamaan seperti mempunyai harga yang cukup terjangkau. Kita sebut saja contoh penutup lantai rumah seperti lantai keramik dan lantai vinyl.

    Dari kedua jenis penutup lantai tersebut terdapat hal lainnya yang bisa kita bedakan, nah untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita simak penjelasan berikut ini mengenai perbedaan lantai keramik dan lantai vinyl.

    Perbedaan lantai keramik dan lantai vinyl

    Bingung mau pilih lantai keramik atau lantai vinyl ?. Kenali perbedaanya

     Lantai keramik dan lantai vinyl merupakan salah satu produk yang memiliki harga yang cukup terjangkau dari sekian banyak jenis-jenis penutup lantai lainnya. 

    Akan tetapi antara jenis lantai tersebut terdapat perbedaannya. Bagi anda yang belum mengetahui perbedaan apa saja kah itu antara lantai keramik dan lantai vinyl, simak ulasan yang dibawah ini.

    Mengenal lantai keramik

    Bingung mau pilih lantai keramik atau lantai vinyl ?. Kenali perbedaanya

    Lantai keramik merupakan jenis penutup lantai yang sudah di kenal luas bagi setiap kalangan orang sebab dapat kita jumpai hampir setiap sudut bangunan rumah pastinya terdapat penggunaan lantai keramik seperti bagian teras rumah, ruang tamu, dan lain sebagainya.

    Bingung mau pilih lantai keramik atau lantai vinyl ?. Kenali perbedaanya
    Mengapa hal itu terjadi ?. mungkin dapat dikatakan dalam penggunaannya mudah untuk di didapat dan juga memiliki harga yang cukup terjangkau, namun disisi lain lantai keramik mempunyai beragam jenis dan motif sehingga dalam penggunaannya dapat di sesuaikan dengan seleranya masing-masing.

    Sedikit bercerita mengenai apa itu lantai keramik yaitu penutup lantai yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari tanah liat dengan melalui proses pembakaran dalam pembuatannya untuk mengurangi kada air. Gunannya agar lantai keramik memiliki daya tahan yang keras sehingga lantai keramik dapat digunakan jangka panjang.

    Dari sifatnya yang keras namun sayangnya lantai keramik tergolong mudah pecah jika terkena benturan atau terjatuh dari ketinggian tertentu, oleh karena itu dalam penggunaan lantai keramik khususnya pada saat proses pemasangannya di perlukan ketelitian agar tidak merusak lantai tersebut.

    Keunggulan yang dimiliki lantai keramik :

    • Memiliki harga yang terjangkau dengan disesuaikan jenisnya.

    • Motif dan warna cukup beragam.

    • Tahan air dan tidak mudah terbakar.

    • Perawatan yang mudah, anda hanya perlu menyapu dan mengepel saja.

    Kekurangan yang dimiliki lantai keramik :

    • Walaupun keras ternyata lantai keramik mudah pecah jika terkena benturan atau terjatuh dari ketinggian tertentu.

    • Dalama proses pemasangannya di butuhkan tenaga profesional.

    • Pernukaannya cenderung dingin pada saat di pijak.

    • Dalam penggunannya jika terkena air akan licin yang dapat membahayakan anda.

    Mengenal lantai vinyl

    Bingung mau pilih lantai keramik atau lantai vinyl ?. Kenali perbedaanya

    Dalam membangun sebuah rumah pastinya menginginkan tampilan yang indah dan memiliki ciri khas tersendiri khususnya pada bagian lantai rumah. Lantai vinyl mungkin saat ini sudah banyak diminati bagi sebagian orang karena lantai yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri dimana pada permukaan lantainya mempunyai warna dan motif kayu yang hampir sama seperti lantai kayu pada umumnya.

    Bingung mau pilih lantai keramik atau lantai vinyl ?. Kenali perbedaanya
    Disamping itu juga lantai vinyl mudah dalam peroses pemasangannya bahkan dapat dikerjakan oleh anda sendiri karena mempunyai fisik yang elastis.

    Mengapa lantai vinyl elastis ?. Sebab lantai vinyl merupakan jenis lantai sintetis yang memiliki elasitisitas cukup stabil, dimana jenis lantai ini menggunakan bahan dasarnya pvc ( poly vinyl chloride ) yaitu bahan kimia yang berjenis plastik.

    Bagi anda yang ingin akan mempergunakan lantai vinyl perlu memperhatikan dalam penggunaan jenisnya sebab terdapat beberapa jenis seperti tipe tile dan tipe roll, yang dimana jenis tersebut memiliki perbedaan dari bentuk dan ukurannya.

    Keunggulan yang dimiliki lantai vinyl :

    • Memiliki beberapa jenis warna dan motif kayu.

    • Sifatnya yang elastis dapat mempermudah dalam peroses pemasangannya.

    • Tahan akan air sebab tidak memiliki pori-pori.

    • Pada saat memijakan kaki pada permukaannya akan terasa empuk.

    • Harganya cukup terjangkau.

    Kekurangan yang dimiliki lantai vinyl :

    • Mudah terbakar karena termasuk jenis lantai sintetis.

    • Tidak baik bagi kesehatan sebab mengandung bahan kimia.

    • Mudah tergores pada bagian permukaannya yang disebabkan benda-benda tajam.

    • Jika mengalami kerusakan yang cukup parah, perlu menggantinya dengan yang baru.

    Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa antara lantai keramik dan lantai vinyl sama-sama memiliki harga yang terjangkau dan berkualitas baik.

    Lalu jenis manakah yang berkualitas baik ?...

    Dalam hal ini, kedua jenis lantai tersebut sama-sama berkualitas baik faktanya dapat ditemukan pada penggunaannya yang dapat dipergunakan jangka panjang. Dalam hal memilih jenis lantai manakah yang paling baik, itu dapat di tentukan dari selera yang andamiliki

    Akan tetapi disini saya akan memberikan rekomendasi lantai manakah yang dapat disesuaikan dengan selera yang anda miliki, jika anda tidak ingin penggunaan lantai yang simple dalam arti mudah didapat bisa menggunakan lantai keramik, dan jika anda menginginkan lantai yang mudah dalam pemasangannya dapat mempergunakan lantai vinyl.

    Dengan mengetahui hal tersebut dapat mempermudah dalam memlih lantai manakah yang akan dipergunakan pada bangunan rumah anda bahkan dapat menambah wawasan bagi anda dalam penggunaan penutup lantai.

    Kolom 1
    Kolom 2