Jumat, 28 Oktober 2016

Memasang Parquet Flooring

Lantai Kayu Parquet Flooring adalah salah satu jenis produk lantai kayu yang umumnya memiliki ukuran lebih besar dari ukuran parket, dimana ukuran parket kayu umumnya hanya maksimal lebar 5 hingga 6cm dan panjangnya bisa 15cm hingga 60cm, sedangkan jenis flooring umunya memiliki ukuran lebar diatas 6cm
Parquet Flooring bisa berupa produk dari kayu solid, maupun Laminate maupun jenis engineer. Sedangkan dari kayu solid bisa dari produk kayu jati, merbau, bengkirai, sonokeling, kayu oak, kayu sungkai maupun jenis kayu lainnya.

Kayu Flooring dari segi Pemasangannya hampir sama dengan cara memasang parket kayu biasa, yaitu bisa di pasang di atas plesteran halus yang rata, atau jika mau bisa juga di lapisi dengan multiplek dengan ketebalan minimal 15 mm sebelum memasang lantai kayu.

Perlu diketahui juga bahwa ada ketidak seimbangan yang cukup signifikan dari segi kualitas, jika pemasangan parquet flooring tersebut menggunakan lapisan mutiplek, hal ini dikarenakan kualitas multiplek jeuh lebih rendah jika dibandingkan dengan kualitas kayu flooring, sehingga sering terjadi di lapangan, bahwa multiplek bisa lapuk lebih cepat karena kelembaban, dan ini basanya terjadi dalam waktu 1 hingga 2 tahun, sedangkan dari kualitas flooringnya sendiri dalam pada waktu itu masihlah tetap utuh dan baik. Maka dari itu kami menyarankan kepada anda agar memasang flooring kayu ini diatas acian semen yang halus.

Perlu diperhatikan juga bahwa acian semen pada lantai yang hendak dipasang lantai kayu ini, disamping
halus juga harus benar-benar rata dan Flate, jadi sewaktu mengerjakan pengacian ini haruslah diperlakukan
sebagaimana mengerjakan acian dinding, dikarenakan flooring kayu ini harganya lebih mahal dibanding harga keramik, maka pengerjaannyapun harus benar-benar apik dan teliti sedari awal agar mendapatkan hasil yang baik dan tidak ada kekecewaan dikemudian hari.

Baiklah, tahapan pemasangan lantai kayu flooring adalah sebagai
berikut:

  • Pertama-tama siapkan lantai kayu didalam ruangan yang hendak dipasang, Pastikan juga lantai yang akan dipasang lantai kayu ini sudah diaci semen dengan halus dan rata, juga sudah benar-benar kering (minimal pengeringan acian semen selama satu minggu).
  • Siapkan juga peralatan pendukung seperti Gergaji, tang atau gegep, meteran, pencil, benang, siku, palu, serutan, dan juga peralatan lainnya yang mungkin diperlukan.
  • Selanjutnya permukaan lantai yang sudah diaci kering tersebut, di lumuri lem kayu secukupnya, setelah sebelumnya memastikan pola pemasangan yang akan digunakan, dan juga ditandai dengan benang untuk meluruskan
    susunan pemasangan, Kemudian di susunlah Parket kayu tersebut satu persatu dari salah satu sisi hingga selesai.
  • Setelah pemasangan selesai, meju ke tahap berikutnya yaitu pengampelasan dengan menggunakan mesin khusus untuk meratakan permukaan Parket.
  • Tahap selanjutnya yaitu finishing yang pengerjaannya bisa di lakukan dengan spray, atau bisa juga dengan Roll khusus.
Adapun jika menggunakan jasa kami, biaya pemasangan lantai kayu solid untuk semua jenis, yaitu Rp.175.000/m2 dengan menggunakan bahan finishing POLYURETHANE (PU).
Dan jika jenis parketnya sudah di finish di pabrik, maka biaya pemasangannya hanya Rp.60.000/m2.




0 komentar:

Posting Komentar