BLANTERORBITv102

    Berikut 6 Jenis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal Indoor

    Rabu, 04 Januari 2023
    Lantai untuk lapangan futsal

    Lantai untuk lapangan futsal – Memang tidak dibisa dipungkiri lagi bahwa futsal menjadi salah satu jenis olahraga yang disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik itu laki-laki maupun perempuan.

    Itu sebabnya, mengapa sekarang ini banyak para investor yang tertarik untuk menggeluti bisnis lapangan futsal. Pada umumnya, lapangan futsal terbagi kedalam dua tipe berbeda, yakni berbasis outdoor dan indoor.

    Namun, tipe lapangan futsal indoor tampaknya lebih diminati ketimbang lapangan outdoor. Ya, sebab lapangan futsal yang berbasis indoor pastinya akan aman dari berbagai factor cuaca seperti hujan, panas, dan lain sebagainya.

    Guna memberikan kenyamanan dan keamanan yang maksimal bagi para pemain, tentu saja jenis lantai yang digunakan untuk lapangan futsal indoor haruslah tepat. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa jenis lantai terbaik untuk lapangan futsal indoor.

    6 Opsi Alas Lantai Untuk Lapang Futsal Indoor

    1. Lantai Plester (Lantai Semen)

    Biasanya desain lantai semen ini sering ditemukan pada rumah-rumah di daerah pedesaan. Seiring dengan berjalannya waktu, kini penggunaan lantai semen pun sudah mulai banyak diaplikasikan pada lapangan futsal indoor.

    jenis Lantai Plester (Lantai Semen)

    Untuk mempercantik tampilannya, maka permukaan lantai semen tersebut akan diberi cat dengan berbagai warna menarik. Proses pengerjaan desain lantai semen ini dianggap lebih praktis dan ekonomis.

    Kendati demikian, ternyata penggunaan lantai semen dapat menghadirkan nuansa yang lebih elegan dan modern pada lapangan futsal. Terlebih jika cara pengerjaannya dilakukan dengan benar dan tepat, yang dijamin akan membuat tampilan lapangan futsal tampak lebiih berestetika.

    Oleh karena itu, maka proses finishing yang artistic harus diberi perhatian ekstra. Dalam hal ini, pekerja harus memastikan permukaan finishing tidak bergelombang dan material semen yang digunakan harus terdiri carai campuran yang sama presisi.

    Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi perbedaan warna lantai dan juga tidak timbul retak-retak di hasil akhirnya.

    Baca Juga : Parket Untuk Lapangan Basket dan Badminton

    2. Lantai Atletik Poliuretan

    Berbicara mengenai jenis lantai yang kuat dan mampu menahan beban berat, maka lantai Atletik Poliuretan ini adalah jawabannya. Disamping kuat dan kokoh, jenis lantai tersebut juga memiliki tekstur permukaan yang mulus.

    jenis Lantai Atletik Poliuretan

    Dari segi fungsi, mungkin lantai Atletik Poliuretan ini bisa dibilang multifungsi alias serba guna. Sebab Atletik Poliuretan dapat diaplikasikan pada hampir semua gelanggang olahraga, seperti basket, futsal, volley ball, hingga pusat kebugaran.

    3. Lantai Rumput Sintetis

    Pilihan material lantai terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk lapangan futsal, yaki berupa rumput sintetis. Tak hanya cocok digunakan pada lapangan futsal outdoor, bahkan lantai rumput sintetis juga sangat ideal diaplikasikan pada lapangan futsal indoor.

    jenis Lantai Rumput Sintetis

    Jenis lantai yang satu ini memiliki tekstur empuk, sehingga dapat meningkatkan rasa nyaman dan aman bagi para pemainnya. Meski bertekstur empuk, namun lutut yang terkena goresan rumput sintetis ini bisa menimbulkan luka dan sensasi panas.

    4. Lantai Interlock

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa lantai interlock kerap diaplikasikan pada lapangan futsal indoor. Ya, hal ini dikarenakan materialnya terbuat dari bahan polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.

    Selain awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral.

    jenis Lantai Interlock

    Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga anda hanya tinggal membongkar pasang saja. Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

    Akan tetapi, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

    Baca Juga : Yuk, Kita Intip Fungsi Material Conwood dan Jenis-jenisnya

    5. Lantai Parket Solid

    Sesuai dengan julukannya, yang mana lantai parket solid ini dari bahan kayu solid (kayu utuh) tanpa campuran bahan asing lainnya.

    jenis Lantai Parket Solid

    Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai parket solid ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan futsal itu sendiri.

    Terlebih untuk jenis parket jati dan merbau yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya. Bukan hanya itu, lantai kayu soid memiliki permukaan dengan tekstur kesat sehingga tidak akan licin. Tentunya hal tersebut akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemain, karena dapat meminimalisir risiko terpeleset.

    Seandainya terjatuh, kita pun tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur lantai parket yang tergolong cukup empuk. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai parket memiliki kemampuan yang dapat menghantarkan suhu hangat sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan.

    Untuk informasi pemesanan dan layanan konsultasi seputar produk lantai parket solid, silahkan hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini.

    6. Lantai Parket Sintetis

    Apabila harga lantai kayu solid dirasa kemahalan, maka produk lantai kayu sintetis ini merupakan alternatifnya. Ya, sebab harga lantai kayu sintetis jauh lebih murah dibanding lantai kayu solid. Setidaknya ada dua jenis lantai parket sintetis yang paling banyak diaplikasikan untuk lapangan futsal indoor seperti berikut:

    • Lantai Vinyl

    jenis Lantai Vinyl

    Masih banyak yang beranggapan bahwa lantai vinyl merupakan parket kayu solid. Pasalnya, lantai vinyl tampil dengan motif yang menyerupai parket kayu solid (kayu asli). Padahal, lantai vinyl ini bukanlah bagian dari jenis parket solid.

    Dari segi material, vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl tampil dengan tekstur yang lebih elastis dan fleksibel.

    Meski lentur, bukan berarti juga bahwa lantai vinyl sama sekali tidak memiliki kekuatan. Dari sisi kekuatan, lantai vinyl tergolong cukup awet, tahan kelembapan, tahan korosi dan serangan rayap.

    • Lantai Laminated

    jenis Lantai Laminated

    Material lantai laminated terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, kemudian dibentuk berupa lembaran-lembaran kayu. Biasanya lantai laminated memiliki ketebalan 8-12 mm, dan panjangnya yang mencapai 1.28 – 1.3 mm.

    Untuk tingkat kualitasnya, tentu saja lantai laminate ini masih berada jauh dibawah parket solid. Lantai laminate dibekali dengan sistem klik di bagian kanan, sedangkan bagian kirinya mengusung sistem interlocking, sehingga membuatnya cocok diaplikasikan pada lapangan indoor.

    Baca Selengkapnya : Perbedaan Lantai Kayu Solid, Laminated, dan Vinyl

    Nah, itulah beberapa opsi material lantai terbaik yang cocok diaplikasikan pada lapangan futsal indoor, sehingga bisa dijadikan referensi saat hendak membangun maupun merenovasi lapangan futsal.