Latest News
Senin, 22 Februari 2021

3 jenis decking kayu yang cocok untuk tepi kolam renang

3 jenis decking kayu

Decking kayu merupakan jenis lantai kayu yang biasa diaplikasikan pada area outdoor dalam sebuah bangunan rumah.

Kenapa jenis decking kayu ditempatkan area outdoor ?

Karena decking kayu dianggap mampu bertahan dari perubahan cuaca yang buruk, tahan dari paparan sinar matahari, dan tahan dari serangan rayap. Sehingga sangat cocok dipergunakan pada area aoutdoor terlebih lagi memeang dengan sesuai peruntukannya.

Oke lansung saja saya akan menjelaskan 3 jenis decking yang cocok dipergunakan di area tepi kolam renang, berikut penjelasannya.

1. Decking kayu ulin

decking kayu ulin

Decking kayu ulin merupakan jenis lantai kayu dengan menggunakan bahan dasarnya dari jenis kayu ulin.

Untuk kayu ulin sendiri mempunyai kualitas yang sangat baik dari segi ketahanannya dan keawetannya sebab memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas I sehingga tidak diragukan lagi bukan mengenai kualitas yang dimilikinya.

Decking ulin memiliki ukuran sekitar 1,9 x 9 x 100-400 cm

Kelebihan Yang Dimiliki Decking Kayu Ulin :

  • Memiliki tingkat keras dan awet kelas I sehingga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.
  • Memiliki Sifat tahan perubahan Cuaca
  • Tahan Terhadap Serangan rayap
  • Tahan Terhadap Air

Kekurangan Yang Dimiliki Decking Kayu Ulin :

  • Kekurangan Ulin saat ini ialah jenis kayu ini sudah termasuk kayu yang langka, maka dari itu harga decking kayu ulin terbilang cukup tinggi.

2. Decking kayu merbau

decking kayu merbau

Decking kayu merbau merupakan jenis lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya dari kayu merbau, kita bahas sedikit tentang jenis kayu merbau.

Kayu merbau merupakan jenis kayu yang memiliki tingkat ketahanan kelas I dan keawetannya kelas II, yang dapat kita jumpai di daerah Maluku dan Papua barat disamping itu juga memiliki serat yang lurus, tekstur pada permukaannya kasar dan memiliki ciri warna coklat kemerahan.

Dengan memiliki warna yang indah jenis decking marbau dapat menjadi pilihan bagi anda untuk mempergunakan pada area kolam renang.

Decking kayu merbau memiliki ukuran 1,9 x 9 x 100 cm up

Kelebihan Yang Dimiliki Decking Merbau :

  • Memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas II.
  • Tahan terhadapa perubahan cuaca yang buruk
  • Tahan dari serangga seperti rayap
  • Tahan dari paparan sinar matahari
  • Memiliki ciri khas warna yaitu merah dengan serat yang lurus sehingga dapat membuat tampilan disekitarnya tampak mewah dan elegan

Kekurangan Yang Dimiliki Decking Merbau :

  • Biaya prosuksi bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya karena memiliki pori-pori pada permukaannya yang besar sehingga dalam finishing membutuhkan lebih banyak bahan yang digunkana.

3. Decking kayu keruing

decking kayu keruing

Tidak hanya dijadikan lantai kayu untuk keperluan dalam ruangan, untuk jenis kayu keruing juga dapat dipergunakan area outdoor dengan penempatan sitepi kolam renang

Akan Tetapi untuk jenis decking keruing dari segi kualitasnya dibawah jenis decking ulin dan decking merbau untuk dilihat sisi positifnya ternyata decking keruing memiliki harga yang terjangkau atau bisa dikatakan harganya dibawah dari decking ulin dan merbau sehingga  decking keruing bisa menjadi solusi bagi anda jika dilihat dari segi harganya.

Decking kayu keruing memang tidak sepopuler Decking Merbau atau Ulin, akan tetapi bisa anda aplikasikan karena memiliki mutu terbilang menengah dengan harga terjangkau serta tampilannya juga tidak kalah indahnya dengan jenis decking lainnya sehingga tidak mengurangi nilai keindahan jika anda mempergunakannya.

Decking keruing mempunyai ukuran 1,8 x 9 x 200 - 400cm

Kelebihan Yang Dimiliki Decking Kayu Keruing :

  • Memiliki tampilan warna yang cerah
  • Mudah dalam proses pengolahan dan pemasangannya
  • Memiliki berat yang ringan dibandingkan jenis decking lainnya
  • Harga yang terjangkau

Kekurangan Yang Dimiliki Decking Keruing :

  • Karena memiliki harga yang terjangkau dibandingkan jenis deckinglainnya sehingga kualitasnya pun dibawah jenis decking ulin dan decking merbau.

Keuntungan yang didapat dari decking kayu untuk kolam renang

Keuntungan decking kayu untuk kolam renang

Membuat Tampilan Lebih Natural

Karena bahan yang digunakannya berasal dari jenis kayu keras yang berkualitas baik dan memiliki beberapa jenisnya sehingga dapat menciptakan kesan bernuansa alam pada kolam renang anda.

Disamping itu juga memiliki ragam jenis motif dan warna yang didapat dari jenis kayunya sehingga dapat menciptakan nilai keindahan dan estetika jika anda mempergunakan sesuai dengan peruntukannya.

Aman Untuk Digunakan

Dengan memiliki rata-rata tingkat keras kelas I dan awetnya kelas II dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang dan yang terpenting lagi untuk jenis-jenis decking tersebut sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Nyaman Saat Mempergunakannya

Jika anda memijakan kaki pada permukaan decking kayu akan terasa empuk dan karena ditempatkan disekitar kolam renang anda juga tidak perlu hawatir karena pada permukaannya memiliki garis-garis panjang sehingga tidak licin saat anda memijakannya kaki.

Selain itu juga jika anda berenang dimalam hari untuk jenis decking kayu dapat membuat suasana kolam akan terasa hangat itu karena didapat dari jenis-jenis kayunya dan yang terpenting akan membuat nyaman pada saat anda mempergunakannya.

Bagaimana menganai 3 jenis decking kayu diatas ?..dari masing-masing jenis decking tersebut memiliki keunggulannya tersendiri sehingga anda dapat memilih dengan selera anda tersendiri yang terpenting seusai dengan peruntukannya karena dengan menempatkan dengan tepat dapat membuat area kolam renang anda tampil lebih beda dan terlihat lebih elegan.

 

 

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 3 jenis decking kayu yang cocok untuk tepi kolam renang Rating: 5 Reviewed By: parket bagus