Latest News
Sabtu, 05 Desember 2020

Mengenal Lantai Kayu Beserta Jenis Dan Kelebihan/Kekurangan

 

Flooring Kayu Jati Ukuran Jumbo 12×30-60cm – Toko Lantai Kayu 


Sebelum anda tertarik dengan  lantai kayu, anda harus mengetahui apa itu lantai kayu?

 dan jenis-jenis apa saja lantai kayu itu?

serta apa kelebihan dan kekurangan dari lantai kayu tersebut dan berapa harga yang harus anda keluarkan untuk memasang lantai kayu pada rumah anda.

nah disini saya akan menjelaskan secara detail tentang lantai kayu,jenis-jenis nya serta kelebihan dan kekurangan.

 Jenis jenis lantai kayu

  Ada 3 jenis lantai kayu yaitu lantai kayu solid, lantai kayu engineering, lantai kayu laminasi.

Lantai Kayu Solid


Bila anda menginginkan lantai kayu yang terlihat indah dimata, maka jenis kayu inilah yang tepat untuk anda. karena jenis kayu ini semakin lama digunakan semakin terlihat indah dan nyaman untuk dipijak. jika anda sudah menggunakan cukup lama jenis lantai kayu ini, anda hanya perlu memolesnya atau meng cat ulang.  

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui ketika anda memilih lantai kayu jenis ini, karena jenis kayu ini bahan alami, jadi perubahan suhu dan kelembapan sangat mempengaruhi bahan tersebut. maka dari itu anda harus memilih dengan hati-hati ruangan mana yang akan anda pilih.

 Berikut ini jenis-jenis kayu yang sering digunakan untuk penutup lantai:

Lantai kayu jati




 
  Lantai kayu merupakan produk untuk menutup lantai yang di mana lantai kayu ini terbuat 100% dari kayu jati,merbau,ulin,bengkirai,sonokeling,agathis dan masih banyak lagi.
bahan utama dari lantai kayu terdiri dari kepingan kayu yang dipasang secara bersamaan,
maka dari itu lantai kayu memiliki keindahan dari segi geometri dan dekoratif.
Selain itu,lantai kayu juga bisa di cat atau Finishing  dengan gaya yang relatif beda.
 
 
 tidak hanya lantai kayu jati, ada beberapa jenis lantai kayu diantaranya: 
 

Lantai Kayu Bengkirai

  Jenis kayu ini hanya ditemukan di daerah kalimantan dan merupakan jenis kayu khas kalimantan, meski begitu kayu bengkirai tidak kalah populer dengan kayu jati. jenis kayu ini merupakan favorit tukang, karena cara pengolahanya yang cukup mudah seperti, diserut,dipotong,dipahat dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.
 
  Kayu bengkirai ini juga termasuk jenis kayu dengan tingkat keras kelas 1 dan 2, serta tingkat keawetan kelas 1,2 dan 3. karena itu jenis kayu bengkirai ini sering kali digunakan material kontruksi atap,decking,luar bangunan dan lain sebagainya. karakteristik dari kayu bengkirai ini terdapat pada warna dan serat pada kayu yang terlihat jelas.
 
 selain kayu bengkirai yang merupakan jenis kayu khas kalimantan ada juga jenis kayu yang berasal dari daerah yang sama yaitu:

Lantai Kayu Ulin

 

   Kayu ulin merupakan jenis kayu yang sama hal nya dengan kayu bengkirai yang memiliki ciri khas dari daerah kalimantan, kayu ini merupakan kayu yang dilindungi, oleh karena itu memerlukan izin dan syarat yang cukup rumit, apalagi jika dikirim keluar pulau kalimantan. maka dari itu jenis kayu ini sangat lah wajar jika harganya yang tergolong cukup mahal.
 
  tetapi jenis kayu ulin mempunyai perbedaan dengan kayu lainya. kayu ini mempunyai tingkat kekerasan kelas 1, tingkat kekuatan kelas 1 dan tingkat keawetan kelas 1. oleh karena itu kayu ini sering digunakan kontruksi berbagai bangunan seperti, dermaga,kontruksi jembatan,dinding rumah,decking kayu, dan lantai kayu.

ada juga jenis kayu yang tak kalah menarik lainya yaitu:

Lantai Kayu Merbau


 
  Jenis kayu yang berasal dari kepulauan Irian Jaya ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk lantai kayu. kayu ini memiliki kualitas yang sama persis dengan kayu jati, serta mampu bertahan dari perubahan cuaca dari paparan sinar matahari (UV) dan hujan. jenis kayu ini juga terbukti memiliki daya tahan terhadap serangan serangga seperti rayap dan kutu kayu.
 
  Kayu merbau mempunyai karakteristik yaitu berwarna coklat kemerahan dan terkadang disertai kilauan warna kuning. kayu jenis ini memiliki tingkat keras kelas 1 dan 2 serta tingkat keawetan kelas 1 dan 2. maka dari itu tak jarang banyak sekali yang menggunakan jenis kayu ini untuk luar ruangan serta decking untuk tepi kolam renang.

Selanjutnya, ada lagi kayu yang mimiliki ciri khas nya sendiri yaitu:

Kayu Sonokeling

 
Kayu ini merupakan jenis kayu hitam yang berasal dari tanah Jawa. kayu jenis ini juga mempunyai ciri khas sendiri yaitu dari warna hitamnya yang elegan. karena warnya yang elegan dan terlihat indah maka sangatlah cocok jenis kayu ini digunakan untuk lantai kayu di dalam ruangan. dengan warna nya yang mecolok membuat hunian anda sangat nyaman.
 
  Jenis kayu ini juga memiliki kekuatan keras kelas 1 dan 2 serta tingkat keawetan kelas 1 dan 2. maka dari itu jenis kayu ini layak di perhitungkan jika di bandingkan dengan jenis kayu jati dan bengkirai. oleh karena itu jenis kayu ini sangat lah saya rekomendasikan untuk anda yang sedang ingin membuat hunian menggunakan lantai kayu.
 

   Selain sonokeling yang mempunyai ciri khas, ada juga yang menarik nih yaitu:
 

kayu Agathis


  
Sebenarnya jenis kayu ini tidaklah cocok untuk penutup lantai. kayu ini sangat lah cocok untuk material interior rumah seperti dibuat lemari,kursi dan meja. selain itu juga jenis kayu ini cocok untuk dibuat plapon kayu,dinding kayu dan lain sebagainya. karena jenis kayu ini memiliki sifat tidak terlalu keras akan tetapi tidak juga terlalu empuk, kayu ini mempunyai daya tahan dan keawetan nya cukup baik.
 
  Kayu agathis ini memiliki serat yang bagus dan tampilan yang cerah serta berwarna coklat kekuningan. kelebihan dari kayu ini memiliki bobot yang cukup ringan dan tidak mudah pecah serta mampu bertahan dari serangan serangga seperti rayap dan kutu kayu.
 
 Selain jenis lantai kayu solid terdapat jenis lantai kayu lainnya,yaitu: 

Lantai Kayu Engineering


Lantai kayu jenis ini, walaupun tidak benar-benar terbuat dari bahan alami tetapi jenis lantai kayu ini sama kuatnya dan tahan lama, tentunya indah dimata seperti Flooring pada aslinya. pada dasarnya, lantai kayu jenis ini memiliki dua lapisan, lapisan yang pertama terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dan lapisan yang kedua yaitu kayu solid.

Bedanya, lantai kayu jenis ini memiliki perlindungan lebih baik terhadap sinar matahari (UV), suhu dan kelembapan

Lantai Kayu Laminasi


Jenis lantai kayu ini adalah pilihan yang mudah terjangkau adalah laminasi(Laminated). bila anda menginginkan ruangan atau area komersil estetik, mewah namun anda memiliki budget yang minim, maka dari itu lantai kayu inilah yang cocok untuk anda. lantai kayu laminasi adalah alternatif yang juga tahan lama. namun seperti kayu asli dan buatan. maka dari itu anda harus tetap memperhatikan suhu dan kelembapan pada suatu ruangan karena kayu laminasi masih mengandung elemen kayu asli.

 

lalu apakah ada kelebihan dan kekurangan dari lantai kayu? tentu saja

kelebihan dan kekurangan lantai kayu

Kelebihan Menggunakan Lantai Kayu

                                  

  • -Lantai Kayu dapat mengurangi pengaruh senyawa organik Volatil (VOC) di dalam ruangan
  • -Lantai Kayu baik untuk kesehatan Anda.

  Lantai Kayu adalah pilihan yang tepat untuk penderita alergi, karena lantai kayu dapat menjadi pilihan pengganti karpet yang umumnya menyimpan debu dan partikel lain yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

 

Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu

  •  -Rentan Terhadap Goresan
  apabila anda hendak memindahkan furniture rumah, sebaiknya anda mengangkat nya agar terhindar dari goresan pada lantai kayu.
  • -Tidak Tahan Cuaca
tahukah anda, ternyata lantai kayu akan cepat memuai bila terkena paparan sinar matahari secara langsung. oleh karena itu,anda perlu melakukan cat ulang minimal 3 bulan sekali.
  • -Harga Yang Tergolong Cukup Mahal

 Apakah mengunakan lantai kayu ada manfaatnya?

  • -nyaman untuk dipijak
  • -ramah lingkungan dan tentunya untuk kesehatan anda
  • -dapat mengatur sirkulasi udara dengan baik

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengenal Lantai Kayu Beserta Jenis Dan Kelebihan/Kekurangan Rating: 5 Reviewed By: parket bagus