Selasa, 26 April 2016

Kayu Ulin untuk Deking Bali

Kayu Ulin


Kayu Ulin atau sering juga disebut kayu bulian adalah salah satu pohon yang sebagian besar tumbuh di Kalimantan dan Juga sulawesi,
Meski memang terdapat juga di Sumatera, namun dari segi kualitas kayu ulin yang tumbuh di Kalimantan dan Sulawesi lebih baik dari sisi kepadatannya dan juga kekerasannya.
Kayu ulin sering sekali digunakan untuk bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, dan perkapalan, bahkan juga diproduksi menjadi Dek Kayu untuk dekorasi exterior rumah yang biasanya diaplikasikan pada teras rumah, dekorasi taman, juga dekorasi kolam renang.

Ulin merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera bagian selatan, Kalimantan dan Juga Sulawesi.

Kayu Ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya bisa mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm. Pohon ini tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m.

Ulin umumnya tumbuh pada ketinggian 5 – 400 m di atas permukaan laut dengan medan datar sampai miring, tumbuh terpencar atau mengelompok dalam hutan campuran namun sangat jarang dijumpai di habitat rawa-rawa.






Kayu Ulin juga tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut, sifat kayunya sangat berat dan keras sehingga banyak orang menggunakannya untuk dibuat kontsruksi Dermaga pada rumah-rumah yang berada dipinggir pantai.
 

0 komentar:

Posting Komentar