BLANTERORBITv102

    Perbedaan Kayu Jati dan Merbau yang jarang diketahui

    Rabu, 27 Januari 2021

    Perbedaan kayu jati dan merbau

    Memilih produk lantai kayu yang terbaik untuk dijadikan bahan material penutup lantai di rumah tentu agak kebingungan untuk sebagian orang yang baru atau awam dengan dunia lantai kayu.

    Karena pada umumnya, produk lantai kayu memiliki jenis-jenis yang begitu beragam dan memiliki kualitas yang berbeda-beda.

    akan tetapi, terdapat 2 jenis kayu yang sangat populer di pasaran dan banyak diminati oleh para konsumen.

     

    Produk lantai kayu

    Jenis kayu tersebut yang tak lain yaitu kayu jati dan kayu merbau, Apakah Anda pernah mendengar kedua jenis kayu ini ? mungkin untuk sebagian besar orang cukup mengenali kedua jenis kayu ini apalagi yang berkecimpung di dunia furniture atau kontruksi.

    Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membahas suatu perbedaan yang terdapat pada kayu jati dan merbau.

    Sebelum ke pembahasan perbedaan kayu jati dan merbau, alangkah lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu dari kedua jenis kayu ini. Simak ulasan berikut:

    Lantai kayu jati

    Lantai kayu jati
     

    Lantai kayu jati merupakan sebuah produk bahan material penutup lantai yang cukup populer, bahkan penggunaan kayu jenis ini meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun.

    Jenis kayu ini memiliki kualitas yang cukup tinggi dari segi ketahanan dan keawetan dengan tingkat kualitas keras kelas 2 dan tingkat keawetan kelas 1.

    Maka tak heran jika kayu jenis ini menjadi primadona pilihan para pengrajin furniture dan para ahli kontruksi.

    Terdapat juga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kayu jati, simak ulasan berikut:

    Kelebihan lantai kayu jati

    • Memiliki serat yang unik
    • Memiliki nilai estetika yang tinggi
    • Memiliki senyawa alami anti rayap, serangga dan anti jamur
    • Dapat menyesuaikan dengan kondisi
    • Ramah lingkungan
    • Memiliki kualitas yang cukup tinggi

    Kayu jati memiliki kualitas yang cukup baik dan memiliki beberapa kelebihan yang terbilang cukup bagus, akan tetapi kayu jati terdapat juga kekurangannya.

    Kekurangan lantai kayu jati

    • Sensitif terhadap air
    • Memiliki gundal yang cukup besar (terdapat titik serat yang terlihat dipermukaannya)
    • Memiliki harga jual yang cukup tinggi
     

    Lantai kayu merbau

    Lantai kayu merbau

    Jenis kayu yang berasal dari Irian jaya ini memiliki kualitas yang cukup baik dan memiliki kualitas yang hampir persis dengan kayu jati.

    Kayu merbau memiliki kualitas dengan tingkat kekerasan kelas 1 dan tingkat keawetan kelas 2, Maka dari itu, jenis kayu ini selain dimanfaatkan sebagai lantai kayu tak jarang juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi berat.

    Sama halnya dengan kayu jati, kayu merbau pun memiliki kelebihan dan kekurangannya. Inilah kelebihan dan kekurangan dari kayu merbau, simak ulasan berikut ini:

    Kelebihan lantai kayu merbau

    • Memiliki stabilitas yang cukup stabil
    • Memiliki serat kayu yang elegan
    • Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi 
    • Dapat mengeluarkan ION negatif yang dimana hal itu sangat bagi bagi kesehatan
    • Tahan terhadap serangan rayap, serangga hingga jamur sekalipun

    Kekurangan lantai kayu merbau

    • Memiliki pori-pori yang cukup besar
    • Memiliki serat kayu yang agak kasar sehingga membutuhkan bahan amplas yang banyak
    • Jika terkena air secara terus menerus akan mengeluarkan getah
    • Biaya produksi yang tinggi

    Baca juga: Mengenal jenis lantai kayu

    Perbedaan karakteristik kayu jati dan kayu merbau

    Perbedaan karakteristik kayu jati dan kayu merbau
     

    Selanjutnya kita akan membahas topik utama kita yaitu perbedaan kayu merbau dan kayu jati. Kedua jenis kayu ini sering sekali dijadikan bahan furniture dan kontruksi karena memiliki kualitas yang terbilang cukup mirip.

    Apa sih perbedaan kayu Jati dan Merbau? Lebih bagus yang mana untuk dijadikan lantai kayu?

    • Kayu Merbau cenderung berwarna coklat kemerah-merahan dan terkadang disertai highlight warna kuning. Sementara kayu Jati, memiliki warna cokelat muda yang khas.
    • Kayu jati memiliki kualitas tingkat keras kelas 2 dan tingkat keawetan kelas 1. Sementara kayu merbau memiliki kualitas tingkat kekerasan kelas 1 dan tingkat keawetan kelas 2.
    • Yang menjadikan kayu jati lebih awet dari kayu merbau yaitu antara lain karena kayu jati memiliki minyak pelumas alami yang mampu bertahan dari serangan rayap atau kutu kayu.
    • Kayu merbau dapat mengeluarkan ION negatif yang dimana hal tersebut sangat baik bagi kesehatan.
    • Produk dari kayu jati terbagi menjadi beberapa bagian yang terpecah menjadi 3 bagian yaitu grade A, B dan C yang dimana setiap grade memiliki kualitas yang berbeda-beda.
    • Kayu merbau dapat diaplikasikan ke dalam ruangan maupun luar ruangan, sementara kayu jati hanya cocok dipasangkan di dalam ruangan.

    Harga yang dibandrol dari kayu jati dan kayu merbau tidak berbeda jauh hanya berselisih sedikit.

    Memilih kayu sebagai interior rumah memang sangat rekomendasi serta dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih mewah dengan sentuhan yang alami.

    Perlu diketahui, bawah tidak sembarangan jenis kayu bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi seperti dijadikan lantai kayu.

    Hanya jenis kayu yang tergolong ke dalam kayu keras dan memiliki kualitas yang sudah memenuhi standar atau syarat baik untuk dijadikan bahan material penutup lantai.

    Baik itu kayu jati maupun kayu merbau, kedua jenis kayu tersebut memiliki keunggulan dan kualitas yang tidak begitu jauh. Tinggal keputusan dan selera Anda yang menentukan kira-kira lebih bagus yang mana ? lantai kayu merbau atau lantai kayu jati.

    Jika Anda ingin memasang lantai kayu, pastikan terlebih dahulu kualitas yang dimiliki kayu tersebut dan pastikan kayu yang Anda pilih dapat menyesuaikan dengan ruangan yang ada di rumah agar tampilan rumah lebih indah dan mewah.

    Dan yang terpenting, pastikan bahwa budget yang Anda miliki cukup untuk memasang lantai kayu di rumah.

    Itulah pembahasan kali ini yang dapat Anda ketahui, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. Sekian dan Terimakasih