BLANTERORBITv102

    Plus Minus Penggunaan Lantai Kayu

    Kamis, 27 April 2017

    Plus minus penggunaan lantai kayu — Bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia dalam penggunaan lantai kayu yang ditempatkan pada bangunan rumahnya masih terbilang jarang. Entah karena mempertimbangkan iklim Indonesia yang cenderung panas sehingga memilih menggunakan lantai marmer dan ubin yang terasa lebih sejuk, atau mungkin karena harga lantai kayu yang bisa dibilang tidak murah.

    Namun masih banyak pula yang tidak menyadari bahwa lantai kayu tidak hanya memperindah rumah dan menambah unsur estetika, menggunakan lantai kayu di rumah juga bisa menjaga kesehatan kita.

    Menggunakan lantai kayu di rumah memang masih belum seterkenal menggunakan lantai marmer atau ubin, belum lagi banyaknya perawatan serta biaya yang mungkin bisa dikeluarkan untuk lantai kayu tersebut. Tapi dari segi kesehatan dan keindahan, lantai kayu masih belum bisa ditandingi oleh lantai marmer atau ubin. Buktinya di negara lain seperti Amerika dan Jepang, lantai kayu sudah jadi prioritas utama dalam membangun rumah tinggal.

    Mengenal Lantai Kayu


    Lantai kayu terdapat beberapa jenisnya dengan dibedakan dari segi bahan dasar pembuatanya seperti :

    Lantai kayu solid menggunakan potongan langsung dari kayu tanpa ada bahan campuran lain sehingga jenis yang satu ini memiliki daya tahan yang paling baik.

    Lantai kayu laminate dalam pembuatannya menggunakan bahan dasarnya dari serbuk kayu berjenis HDF yang dimana serbuk tersebut mempunyai kualitas yang paling stabil.

    Sebenarnya terdapat jenis lainnya seperti lantai vinyl, hanya saja untuk jenis yang satu ini sama sekali tidak menggunakan bahan dasarnya dari kayu melainkan terbuat dari bahan sintetis berjenis PVC.

    Oke untuk lebih jelasnya lagi apa sajakah yang terdapat dari plus minus dari olahan lantai kayu tersebut, simak penjelasan dibawah ini.

    Kelebihan lantai kayu pada bangunan rumah


    Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lantai kayu dalam penerapannya yang mungkin tanpa kita sadari telah mengetahui akan hal tersebut, berikut penjelasannya.

    Daya tahan yang baik

    Terutama bagi setiap kalangan orang menginginkan penggunaan bahan bangunan rumah yang memiliki ketahanan dan keawetan berkualitas baik maka dari itu untuk proses pembuatan bahan lantai kayu diambil dari jenis bahan kayu yang berkualitas baik dengan memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetan kelas II, oleh sebab itu lantai kayu mampu dipergunakan dalam waktu jangka panjang terlebih sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

    Kenyamanan saat digunakan

    Dengan memiliki beragam motif dan warna yang didapat dari jenis-jenis kayu keras sehingga memiliki nuansa natural terlebih dapat menciptakan ruangan tampil lebih elagan. Selain itu juga lantai kayu dapat menciptakan aura positif yang di dapat dari aroma khas dari kayunya sehingga nyaman untuk digunakan seperti saat sedang bersantai untuk menikmati suasana bangunan rumah.

    Mudah dalam penerapannya

    Memiliki beragam jenis-jenis olahan lantai kayu sehingga dapat menyesuaikan tempat untuk menambah interior dari setiap sudut bangunan rumah anda dan lantai kayu telah dirancang sedemikan rupa untuk memudahkan anda dalam proses pemasangannya.

    Tidak dipungkiri juga lantai kayu terdapat nilai kekurangannya, sebab semua jenis material produk apapun tidak lepas yang namannya kelebihan dan kekurangan. untuk mengetahui lebih jelasnya lagi apa saja yang terdapat pada lantai kayu, yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

    Kekurangan lantai kayu pada bangunan rumah :


    Lantai kayu memang terdapat nilai kekurangan yang sebagain besar disebabkan oleh human error atau perawatannya kurang diperhatikan, seperti penjelasan dibawah ini.

    Rentan terkena goresan

    Mudah terkena goresan pada permukaan lantai kayu yang disebabkan oleh benda-benda tajam sehingga harus berhati-hati dalam memilih benda untuk ditempatkan di  area ruangan yang menggunakan lantai kayu. Selain itu juga jika menempatkan lantai kayu pada ruangan yang sering terkena paparan sinar matahari dapat menyebapkan pelapukan terlebih dapat mengurangi kualitas warna pada permukaan lantai kayu atau menjadi kusam.

    Untuk penggunaan lantai kayu jika mengalami kerusakan yang berat seperti terjadi keretakan pada permukaan lantai kayu dan untuk memperbaikinya harus mengganti dengan yang baru terlebih pada saat proses pergantian lantai kayu harus menyusun ulang, disini membutuhkan proses waktu yang lumayan panjang. 

    Dibutuhkan perawatan yang khusus

    Membutuhkan perawatan yang khusus untuk menjaga kualitas lantai kayu pada bangunan rumah seperti menjaga dari paparan sinar matahari dan untuk menjaga kualitas warna lantai kayu, anda perlu menempatkan lantai kayu yang tidak terjangkau dari sinar matahari atau bisa juga menggunakan tirai untuk menutupi jendela bangunan rumah anda. 

    Karena jika tidak merawat lantai kayu dengan baik pada bangunan rumah anda untuk pemakaian waktu jangka panjang akan merepotkan bagi anda terlebih jika mengalami kerusakan pada lantai kayu tersebut butuh proses pengerjaan yang memakan waktu dalam perbaikannya.

    Mengapa anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai kayu ?..... agar anda dapat memilih jenis lantai kayu dengan mudah untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda, selepas dari itu juga dengan menggunakan jenis-jenis lantai kayu pada bangunan rumah anda dapat menciptakan kesan yang bernuansa natural, estetika dan yang terpenting adalah nyaman dipergunakan untuk anda