BLANTERORBITv102

    Cara Memasang Parket Laminate

    Minggu, 06 Juni 2021
    cara memasang lantai kayu laminate

    Cara memasang parket laminate — Parket laminate atau biasa disebut juga lantai kayu laminate. Tipe lantai kayu yang satu ini selain memiliki harga yang cukup terjangkau, terlebih dalam proses pemasangannya pun terbilang cukup mudah.

    Dikatakan cukup mudah, karena parket laminate dalam produksi pembuatannya di desain secara  inovatif, dengan dilengkapi fitur double click system, yang memberikan kemudahan dan kekuatan dalam proses pemasangannya.

    Cara pemasangan lantai kayu laminate ini bisa kerjakan oleh tenaga profesional dan bahkan anda sendiri pun dapat mempraktekannya, asalkan dalam proses pemasangan perlu diperhatikan dari sisi peralatan yang memadai serta sesuai dengan prosedurnya dengan begitu barulah anda dapat mengaplikasikan dengan mudah.

    Disamping itu mungkin di dalam benak pikiran anda, mangapa parket laminate terbilang mudah dalam proses pemasangannya bukan ?. Nah untuk lebih jelasnya lagi, anda dapat mengikuti ulasan yang kami berikan satu ini. Perhatikan setiap penjelasannya, agar memudahkan anda dalam memahami tipe lantai kayu yang satu ini.

    Lantai Kayu Laminate

    lantai kayu laminate

    Bagi anda yang belum mengetahui apa itu parket laminate. Sedikit menjelasankan apa itu tipe parket laminate ini, yaitu jenis lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari serbuk kayu jenis HDF ( hight density fiberboard ) dengan daya tahan yang paling stabil dari segi kekuatan maupun keawetannya.


    Selain itu juga parket laminate memiliki tampilan yang menarik dengan keindahan corak dan motif kayu yang dimilikinya, akan tetapi tidak dipungkiri juga parket laminate terdapat kelebihan dan kekurangan dalam proses pemasangannya seperti,

    Keuntungan pemasangan dari parket laminate :

    • Proses Pemasangannya lebih cepat.
    • Bisa di pasang di atas keramik granite, marmer maupun dipasang diatas acian halus.
    • Tidak perlu di lem secara permanen ke dasar lantai, sehingga jika terjadi kerusakan cukup parah dapat menggantinya dengan mudah.
    • Memiliki fitur double click sehingga pada proses pemasangannya tidak mudah bergeser.

    Kekurangan pemasangan dari parket laminate :

    Dari sisi kekurangannya parket laminate tidak tahan akan air, oleh karena itu perlu diperhatikan dalam proses pemasangan parket ini hindari dari cipratan air dan jika terkena air segeralah dikeringkan menggunakan kain kering karena jika tidak, dapat merusak parket tersebut terlebih jika dibiarkan lambat laun akan tumbuh jamur.


    Sehingga nantinya selain tampilan yang kurang sempurna, dalam pemakainnya pun tidak dapat bertahan lama.

    Oke, untuk lebih jelasnya lagi bagaimana cara memasang parket laminate, yuk kita simak penjelasan yang satu ini berikut ulasannya.

    Cara pemasangan parket laminate sesuia dengan prosedurnya

    lantai kayu laminate

    Seperti yang sudah dibahas selain mudah dalam proses pemasangannya, ternyata parket laminate dapat juga di pasang diatas acian yang halus dan bisa juga dipasang diatas keramik, hanya saja sebisa mungkin jangan sampai dipasang diatas plesteran kasar tanpa diaci, karena plesteran itu kelembabannya sangat tinggi dan tidak bisa menahan uap air dari bawah plesteran sehingga dapat merusak parket tersebut.


    Sebelum melakukan pemasangan parket laminate ini perlu anda diperhatikan beberapa hal seperti mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dan juga ketelitian dalam memasangannya agar dapat memper mudah bagi anda.

    Peralatan yang dibutuhkan, seperti :

    1. Gergaji, 
    2. Palu karet 
    3. Meteran
    4. Pensil
    5. Benang
    6. Potongan kayu kecil sekitar seukuran 5-10cm
    7. lakban plastik

    Setelah peralatan tersebut sudah anda siapkan barulah menuju tahap proses pemasangannya dengan cara :

    lantai kayu laminate

    • Pertama-tama, anda perlu mempersiapkan parket laminate yang akan di pasang sesuai dengan kebutuhan anda. 
    • Kedua siapkan Polyfoam gulungan dengan ukuran yang disesuaikan luas ruangan yang akan dipasang parketnya.
    • Bersihkan ruangan atau area yang akan dipasang parket laminate hingga bersih dari debu-debu, air, dan benda material lainya.
    • Selanjutnya hamparkan polyfoam diatas permukaan lantai bangunan atau acian hingga menutupi semua area lantai yang akan di pasang lalu di satukan satu sama lainnya dengan menggunakan lakban plastik bening.
    • Selanjutnya mulailah memasang satu baris memanjang dengan cara menyatukan potongan-potongan parket laminate dengan menyatukan T&G system doubel klik, agar memiliki kerapatan yang sempurna perlu dipukul pada bagian sisinya menggunakan palu karet.
    • Setelah selesai memasang satu baris lantai kayu laminate, selanjutnya memasang baris kedua dengan cara tyang sama seperti baris pertama, akan tetapi untuk baris kedua ini potongan lantai kayu laminate jangan di pasang secara utuh, akan tetapi dipotong seperempat atau setengah dari panjang laminate tersebut, hal ini agar hasil pemasangan menjadi zig-zag dan tidak sejajar.
    • Dan untuk melengkapi lantai kayu laminate, jangan lupa untuk memasang skirting/plin di bagian tepi lantai di sudut dinding untuk merapihkan pinggiran yang masih bolong-bolong hingga tertutup semua tanpa ada celah tersisa.
    Setelah pemasangan semuanya sudah selesai barulah dapat anda pergunakan dengan nyaman dan tampilan ruangan tersebut dapat tampil jauh lebih indah dari yang sebelumnya.

    Cukup menarik bukan ?. Ya tentunya karena parket laminate memiliki cara pemasangan yang mudah dan juga dalam tampilannya memiliki keindahan tersendiri bahkan harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, nah bagi anda yang tertarik akan mempergunakan parket laminate dapat berkonsultasi terlebih dahulu atau ingin memesannya langsung dapat menghbungin dengan nomer 0812-2042-004

    Atau juga bagi anda yang ingin berkunjung langsung ke showroom kami dengan beragam olahan lantai kayu yang dimiliki Bali Parquet. Dengan alamat yang tertera dibawah ini :